Header Ads

Beberapa Suku Cadang Yang Perlu diganti Agar Aman Berkendara


Melakukan perawatan pada kendaraan kesayangan kalian adalah hal wajib yang harus dilakukan agar kendaraan tidak mudah rusak dan menjaganya tetap dalam kondisi prima saat digunakan. Di antara lain seperti mengganti suku cadang pada kendaraan yang wajib kalian lakukan sebagai pemilik kendaraan, karena suku cadang sendiri memiliki masa pakai yang sudah ditentukan oleh pabrik. Jangan sampai kalian terlambat mengganti suku cadang, bisa-bisa terjadi masalah atau hal tidak diinginkan dan hal tersebut pasti sudah dijadwalkan oleh pabrik.
Sumber : motor1.com

Setiap berapa jarak tempuh kilometer pasti ada beberapa bagian yang harus diganti agar menjaga keselamatan dalam berkendara, maka bisa kalian cek di buku panduan. Jika pemilik kendaraan lalai untuk mengganti suku cadang, masalah siap datang kapan saja. Untuk itu kami memberikan sedikit informasi tentang suku cadang mobil yang harus diganti. Berikut beberapa ulasannya.


1. Oli Mesin
Oli mesin merupakan pelumas mesin kendaraan. Oli mesin ini akan menjaga bagian dalam mesin supaya dapat bekerja dengan baik tanpa adanya benturan yang menyebabkan goresan serta korosi. Selain jadi pelumas Oli mesin       juga memiliki fungsi lain seperti pendingin mesin. Dengan peran  pentingnya yang cukup berat ini menjadikan Oli mesin perlu diganti setiap jarak tempuh kendaraan menunjukkan angka 1.000 km pertama. Karena penggantian Oli berkala sangat mempengaruhi laju mobil serta kenyamanan pengendara.   
2. Busi          
Busi ini menimbulkan petikkan api yang membuat pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika busi yang ada di kendaraan kalian sudah kotor sebaiknya segera diganti dengan yang baru dan jangan sampai membersihkannya. Biasanya setiap jarak tempuh pada mobil menunjukkan pada angka 20.000 km dan 50.000 km busi harus diganti dengan yang baru, supaya mobil tidak macet.

3. Aki

Aki memiliki peran penting pada kendaraan. Karena aliran listrik pada aki akan mengaktifkan semua fungsi bagian yang ada pada kendaraan. Di usia 2 atau 3 tahun aki akan memasuki usia pakai dan seharusnya diganti. Aki juga akan berkurang aliran daya listriknya jika kalian menambahkan aksesoris mobil dan itu akan memperpendek usia pakai Aki.

4. Lampu

Lampu kendaraan merupakan bagian suku cadang yang paling sering diganti. Lampu mobil sering mati disebabkan karena masalah pada kelistrikan, masalah pemasangan yang tidak pas, ataupun sudah memasuki usia pakai. Usia pakai maksimal lampu kendaraan biasanya mencapai 1,5 tahun penggunaan.

5. Shockbreaker

Shockbreaker berperan sebagai suspensi yang akan membuat mobil terasa nyaman dan tidak menimbulkan suara di saat melalui jalan yang kurang rata maupun bebatuan. Jika kalian merasakan hal aneh pada Shockbreaker entah itu guncangan yang keras, oli merembes keluar, maupun kondisi Shockbreaker yang cacat. Tentunya kalian akan merasakan guncangan yang sangat keras, coba kalian periksa shockbreaker, jika keluar oli kemungkinan shockbreaker kalian bocor tetapi jika tidak oli shockbreaker kalian habis. Kalian juga harus hati-hati saat berkendara di jalan yang berlubang maupun berbatu karena akan mengakibatkan tabung shockbreaker bengkok.

6. Kanvas Kopling

Suku cadang yang satu ini dapat membantu menyalurkan tenaga pada mesin ke roda. Kanvas kopling akan memasuki masa pakai di saat jarak tempuh menunjukkan angka 10.000 km maupun 50.000 tapi sebaiknya kalian lakukan pemeriksaan rutin kendaraan.

Demikian beberapa suku cadang yang perlu diganti agar kalian nyaman berkendara dan tentunya merasa aman juga saat berkendara jauh.

Diberdayakan oleh Blogger.