Header Ads

Cara Alami Merawat Kuku Agar Kelihatan Cantik dan Tidak Mudah Patah Terbukti Ampuh

Cara Alami Merawat Kuku Agar Kelihatan Cantik dan Tidak Mudah Patah Terbukti Ampuh - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memberikan informasi seputar tips kesehatan yaitu tips bagaimana cara merawat kuku agar tidak mudah patah, cara merawat kuku agar kelihatan cantik, cara alami merawat kuku dengan benar, cara merawat kuku tangan dan kaki dengan benar. Kuku adalah tulang yang tumbuh di ujung jari tangan dan ujung jari kaki yang berukuran tipis dan sedikit melebar sesuai dengan ukuran jari. Fungsi kuku adalah untuk melindungi ujung jari karena di ujung jari terdapat kumpulan syaraf penting bagi tubuh.

cara alami merawat kuku tangan dan kuku kaki dengan benar

Pada umumnya kuku terlihat merah karena terdapat pembuluh kapiler di bagian bawahnya sebagai menerima suplai darah. Kuku berasal dari sel yang mirip dengan gel lembut yang mati, mengeras, dan terbentuklah di kuku di ujung jari. Kulit ari di pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Kuku mengalami pertumbuhan yang cukup cepat yakni 1/2-1.5 mm/minggu.

Kuku cantik, kuat, dan indah merupakan dambaan setiap orang namun, untuk menjadi kuku cantik, kuat dan indah butuh proses dalam usaha dan treatmen khusus atau cara-cara merawat kuku yang benar. Adapun salah satu kemudahan dalam merawat kuku yakni salon, dimana dalam perawatan salon ini tentu gampang dan instan karena kita hanya diam saja dan menunggu selesai, dimana kita ketahui bahwa untuk ke salon tidak mengeluarkan anggaran sedikit dan tentu saja membuat anda boros. Lalu bagaimana solusinya ?. Alangkah lebih baiknya anda mempelajari cara merawat kuku alami, dan tentu saja cara merawat kuku anda sendiri juga terlihat cantik, indah dan kuat jika anda ingin betul-betul mengetahui dan ingin merawat kuku anda terlihat cantik. Simak tips selengkapnya berikut ini:

Cara Merawat Kuku Kaki dan Kuku Tangan Dengan Benar


    - Membersihkan dan merapikan kuku dengan gunting kuku
    - Hindari memotong kutikula karena kutikula berfungsi penahan alami kuku agar terhindar dari infeksi
    - Mendorong dengan lembut kutikula dengan stik khusus untuk kutikula
    - Rendam jari selama 10 menit sambil dipijat dan disikat dalam air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis, olive oil, garam dan baskom
    - Keringkan dengan handuk dan gunakan pelembab kuku
    - Untuk kuku kaki, rendam dalam air garam dan kelopak mawar lalu sikat untuk menghilangkan sel kulit mati
    - Membersihkan dengan scrub dan mengoleskan pelembab
    - Bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk

Selain cara merawat kuku  tangan dan kuku kaki seperti diatas anda juga bisa merawat kuku tangan dan kuku kaki anda dengan bahan alami. Apa saja caranya ?, simak tips selengkapnya berikut ini.


Cara Merawat Kuku Tangan dan Kuku Kaki Dengan Bahan Alami


1. Blimbing Wuluh. 
Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya sukup dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah bilas dengan air bersih.

2. Perbanyak minum air putih. 
Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar Kuku tidak kering.

3. Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium. 
Manfaatnya untuk memperkuat kuku. Seperti Makanan yang terbuat dari susu dan keju, Ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian, Sayuran seperti Brokoli, kangkung, bayam dsb, Buah seperti apel merah, strawbery, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dsb.

4. Lidah buaya. 
Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat rambut, ternyata juga bisa untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.

5. Getah Pepaya. 
Bagus sekali untuk membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas.

6. Lemon (jeruk nipis). 
Untuk mengembalikan kuku yang kuning. Caranya, siapkan perasan lemon, dan campurkan satu sendok perasan lemon dengan pasta gigi (disarankan pasta gigi untuk memutihkan gigi). Aduk rata, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu hingga kering. Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal sepekan sekali, maka kita akan mendapatkan kuku dengan warna yang normal.

7. Bawang putih. 
Mengandung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku . Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku . Bisa juga dengan langsung menggosokkan bawang putih pada kuku Anda. Lakukanlah secara rutin, maka kuku Anda akan semakin kuat dan tidak rapuh.

8. Campuran madu, telur, dan minyak zaitun. 
Manfaatnya adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Kita yang memiliki kuku yang kering dan kurang nutrisi, gunakan tip ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku secara merata dan tunggu 10 – 15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda.

Demikianlah tips kesehatan kali ini tentang bagaimana cara merawat kuku tangan dan kuku kaki secara alami yang bisa anda coba sendiri dirumah. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Tags:
cara merawat kuku agar tidak mudah patah, cara merawat kuku agar kelihatan cantik, cara alami merawat kuku dengan benar, cara merawat kuku tangan dan kaki dengan benar
Diberdayakan oleh Blogger.