Header Ads

Penyebab Kanker Serviks, Stadium dan Ciri-cirinya, Gejala dan Pencegahannya Lengkap

Penyebab Kanker Serviks, Stadium dan Ciri-cirinya, Gejala dan Pencegahannya Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memberikan informasi tentang apa itu kanker serviks, pengertian kanker serviks, kanker serviks adalah, macam stadium kanker serviks, faktor penyebab kanker serviks, gejala kanker serviks, tanda-tanda/ciri-ciri terkena kanker serviks, cara pencegahan kanker serviks, cara pemeriksaan kanker serviks. Untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya berikut ini.

penyebab kanker serviks

Apa itu Kanker Serviks ?

Kanker Serviks merupakan pembunuh yang berada di peringkat 1 perenggut nyawa kaum perempuan. Kanker Serviks terjadi bukan tanpa sebab, melainkan kanker serviks diiringi dengan beberapa penyebab-penyebab yang biasa dilakukan dan tanpa disadari kanker serviks telah mengerogoti anda. Tentu kita semua tidak menginginkan itu terjadi, yang mana kanker serviks telah menggerogoti anda sehingga perlunya kita mengenal penyebab-penyebab kanker serviks atau apa yang membuat kanker serviks dapat menyerang perempuan yang pada kali ini kami akan mengupas jauh penyebab kanker serviks dibawah ini..

Kanker Serviks adalah kanker yang tumbuh sel-sel servik yang sebelumnya sel normal menjadi ke sel-sel abnormal. Kanker serviks dibedakan atas tiga tipe yaitu karsinoma sel skuamosa, adenokarsinoma, dan karsinoma adenoskuamosa.

Karsinoma sel skuamosa berasal dari sel yang melapisi eksoserviks yang mana terdapat sebagian besar kanker serviks itu ditemukan sebanyak 80-90% kasus dengan jenis ini. Sementara itu, adenokarsinoma serviks berasal dari sel kelenjar mukosa pada endoserviks. Di rentang waktu 20-30 tahun belakangan, jumlah kasus adenokarsinoma serviks mengalami peningkatan.

Kasus kanker serviks atau kanker mulut rahim tertinggi di indonesia dengan peringkat pertama wanita dan setiap tahun bertambah 15.000 kasus kanker serviks.

Penyebab kematian banyak perempuan yah kanker serviks, yang menjadi permasalahan utama adalah karena kurangnya informasi atau sosialisasi yang diketahui masyarakat bahwa apa itu sebenarnya kanker serviks, dalam dunia serba teknologi sekarang ini sudah banyak tersedia informasi untuk mengatasi dan mencari informasi kanker serviks dan tentu bukan lagi barang sulit bagi anda dalam memahami kanker serviks dengan dampak no. 1 bagi anda dan bukan hanya anda lingkungan anda juga akan berpengaruh.

Macam Stadium Kanker Serviks

Penilitian stadium pada pasien kanker serviks sangatlah penting. Hal ini berkaitan dengna pengobatan dan bagaimana cara pemulihan yang akan nantinya dilakukan. Stadium kanker servik adalah sebagai berikut:



Faktor Penyebab Kanker Serviks

1. Penyebab Kanker Serviks: Infeksi HPV (Human Papilloma Virus)
Faktor risiko utama kanker serviks adalah infeksi HPV (Human Papilloma Virus), virus yang masuk ke dalam tubuh dari permukaan kulit, alat kelamin, tenggorokan dan mulut.  Tipe HPV terdapat sekitar 100 dengan infeksi yang biasanya itu ditandai dengan bentuk kutil (papilloma). Tipe disetiap bagian pada tubuh anda berbeda-beda misalnya di tangan, dikaki, mulut, lidah, alat kelamin ataupun anus itu memiliki tipe HPV.
 Tipe HPV (Condyloma acuminata) adalah HPV 6 dan HPV 11. Walaupun tipe ini hanya mengakibatkan penyakit infeksi kelamin, namun kedua tipe HPV dapat juga berisiko penyebab kanker. Sedangkan untuk Tipe HPV sebagia risiko penyebab tinggi terjadi kanker adalah HPV 16, HPV 18, HPV 31, HPV 33 dan HPV 45. Dua pertiga penyebab kanker serviks adalah infeksi HPV 16 dan 18. Selain menyebabkan kanker serviks, juga dapat menyebabkan kanker penis, kanker mulut pada wanita dan pria, kanker vulva (bibir kemaluan) dan vagina dari virus HPV.

2. Penyebab Kanker Serviks: Riwayat Kanker Serviks Dalam Keluarga

Wanita dengan kebiasaan merokok berisiko 2 kali penyebab terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok. Setiap batang rokok yang kita isap, maka akan bertambah besar meningkatnya risiko anda dan dapat menjadi penyebab utama kanker serviks.
Perlu anda ketahui, rokok mengandung bahan karsinogen yaitu bahan kimia yang memicu kanker dan diserap ke dalam paru-paru dan masuk ke dalam darah dan akhirnya dibawah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Para peneliti bahwa bahan kimia menjadi penyebab kerusakan DNA sel serviks dan berkembang menjadi kanker serviks. Selain itu, merokok dapat menurunkan daya tahan tubuh dalam memerangi infeksi HPV.

3. Penyebab Kanker Serviks: Imunosupresi

Faktor risiko lainnya adalah kondisi imunosupresi atau menurunnya daya tahan tubuh, yang mana daya tahantubuh ini sebagai penghancur sel-sel kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebarannya. Contoh penderita imunosupresi yakni penderita AIDS. Virus yang merusak fungsi kekebalan tubuh seorang, sehingga wanita penderita AIDS memiliki risiko tinggi terinfeksi HPV dan berkembang menjadi kanker serviks. Umumnya penderita AIDS memiliki waktu yang relatif cepat dari pra kanker ke kanker karena imunosupresi.
Selain itu, kondisi imunosupresi juga terdapat pada wanita pengonsumsi obat-obatan penurun daya tahan tubuh, misalnya wanita penderita penyakit autoimun (daya tahan tubuh yang menyerang organ tubuh karena dianggap sebagai musuh) atau wanita yang sedang melakukan transplantasi organ tubuh.

4. Penyebab Kanker Serviks: Infeksi Chlamida

Chlamida adalah salah satu kuman penyebab infeksi organ reproduksi yang menyebar karena kontrak seksual. Ciri wanita terinfeksi chlamidia adalah sering mengeluhkan nyeri daerah panggul. Namun tidak sedikit juga chlamidia ini mengalami keluhan (asimtomatik). Dari beberapa penelitian, infeksi chlamidia terdapat dalam darah wanita yang berisiko kanker serviks.

5. Penyebab Kanker Serviks: Diet

Pola makan atau diet seseorang berpengaruh besar terhadap risiko kanker serviks. Wanita yang jarang mengonsumsi buah dan sayur berisiko tinggi menderita kanker serviks. Sehingga begitu dengan wanita yang mengalami obesitas atau kegemukan cenderung terkena adenokarsinoma serviks.

6. Penyebab Kanker Serviks: Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Penggunaan konsepsi hormonal di waktu lama meningkatkan risiko menderita kanker serviks. Penggunaan selama 10 tahun meningkatkan risiko hingga dua kali. Wanita dengan rencana menggunakan alat kontrasepsi hendaknya berdiskusi dengan tenaga kesehatan sebelum memutuskan suatu metode kontrasepsi, khususnya bagi wanita dengan risiko tinggi penderita kanker serviks. Berbeda dengan kontrasepsi hormonal, penggunaan kontrasepsi IUD menurunkan risiko kanker serviks dan risiko kanker endometrium rahim.

7. Penyebab Kanker Serviks: Kehamilan Multipel atau Lebih Dari Tiga Kali

Wanita yang pernah hamil selama 9 bulan sebanyak 3 kali memiliki risiko terkena kanker serviks yang lebih tinggi. Belum secara pasti diketahui penyebab mengapa kanker serviks berisiko tinggi bagi hamil dari tiga kali dimana beberapa penelitian menyebutkan bahwa karena mereka akan lebih rentan infeksi HPV diakibatkan menurunnya daya tahan tubuh selama kehamilan sehingga kanker dapat tumbuh.

8. Penyebab Kanker Serviks: Usia Saat Pertama Hamil atau Melakukan Hubungan Seksual
Usia seseorang ketika hamil pertama atau pertama kali berhubungan seksual itu berpengaruh terhadap kejadian kanker serviks. Semakin muda usia disaat hamil pertama atau melakukan hubungan seksual, risiko terkena kanker serviks akan semakin meningkat. Wanita dengan usia 17 tahun atau kurang dari saat pertama hamil memiliki risiko menderita kanker serviks dua kali lipat yang dibandingkan dengan wanita hamil pertama kali di usia 25 tahun atau lebih.

9. Penyebab Kanker Serviks: Kemiskinan

Kemiskinan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker serviks. Kemiskinan bukanlah merupakan faktor langsung, akan tetapi nyatanya seseorang wanita dengan pendapatan rendah akan cenderung memiliki keterbatasan akses pengetahuan tentang kanker serviks.
Begitu juga dengan biaya kesehatan atau tes pap smear membutuhkan biaya tidak murah. Tidak hanya itu, kondisi lingkungan yang kurang baik dan menyebabkan mudahnya terinfeksi berbagai penyakit yang dapat melemahkan daya tahan tubuh mereka.

10. Penyebab Kanker Serviks: DES (Diethylstilbestrol)

Penggunaan hormon DES untuk wanita hamil tahun 1940-1971 meningkatkan risiko anak perempuan yang dikandungnya dengan menderita skuamos sel karsinoma serviks atau adenokarsinoma serviks atau vagina.

11. Penyebab Kanker Serviks: Penyakit Menular Seksual

Seringnya berganti-ganti pasangan seksual dan jenis kegiatan seksual (anal atua oral seks) dapat meningkatkan risiko menderita kanker serviks.

Gejala/Tanda/Ciri-ciri Kanker Serviks

Kanker serviks biasanya hanya dideteksi atau diketahui jika kondisi sudah parah. Wanita yang memiliki lesi pra-kanker atau kanker serviks stadium awal, umumnya tidak merasakan keluhan. Keluhan biasanya mulai tumbul saat kanker mulai bersifat invasif dan menyerang organ atau jaringan tubuh di sekitarnya. Gejala-gejala yang biasa dikeluhkan bagi penderita kanker serviks adalah sebagai berikut:

    - Perdarahan pada vagina yang sifatnya abnormal, contohnya perdarahan di luar siklus menstruasi, setelah berhubungan intim, setelah douching atau pemeriksaan panggul, dan perdarahan setelah menopause.
    - Rasa sakit saat bersenggama
    - Periode menstruasi lebih lama atau lebih berat dari biasanya
    - Keputihan tidak normal dengan ciri berlendir kental, berwarna kuning atau kecokelatan, berbau busuk dan gatal.
    - Keluarnya air kemih dan tinja dari vagina pada stadium akhir.

Ciri-ciri Kanker Serviks Sesuai Stadium

1. Ciri-Ciri Gejala Kanker Serviks: Stadium Awal
 
Ciri-ciri kanker serviks pada stadium awal memang sulit dirasakan dan umumnya mustahil ditemukan. Hal tersebut dapat terjadi karena di tahap awal belum ada tanda. Namun jika anda telah mengetahui mengenai kanker serviks dan telah membaca artikel ini, mengapa tidak anda dapat memeriksakannya dengan test pap smear.

2. Ciri-Ciri Gejala Kanker Serviks: Stadium Sedang
 
Ciri-ciri atau gejala kanker serviks terdiri pada stadium sedang adalah sebagai berikut:
a. Pendarahan Pada Vagina. Ciri kanker serviks pendarahan pada vagina merupakan ciri paling umum dan pendarahan pada vagina tersebut bukanlah haid. Ciri ini dapat terjadi kapanpun mulai dari antara periode menstruasi atau setelah berhubungan badan. dll. Biasanya pendarahan pada vagina juga menunjukkan keputihan yang bercampur dengan darah, selain itu pendarahan saat haid berlangsung lebih lama dari biasanya dan ciri ini juga terjadi pada wanita monopause (tidak mens). Sedangkan untuk mengetahui ciri-ciri pendarahan pada vagina yang disebabkan oleh kanker serviks adalah sebagai berikut:

    Hadir bukan diperiode haid
    Terjadi saat berhubungan badan
    Dapat terjadi setelah masa monopause
    Keputihan bercampur dengan darah
    Pendarahan haid berlangsung lebih lama

b. Rasa Sakit Selama Berhubungan Suami Istri. Jika saat anda berhubungan intim tidak seperti biasanya dengan tanpa sebab yang berarti, maka segeralah konsultasi langsung ke dokter, karena ciri ini merupakan ciri yang kedua yang paling tinggi gejala kanker serviks.
c. Terasa Nyeri di Sekitar Pinggul. Dapat menjadi faktor penting jika terdapat nyeri di pinggul dan bisa saja hal tersebut merupakan kanker serviks.
d. Pendarahan Saat Masa Monopause. Pendarahan masa monopause harus diperiksa oleh dokter kandungan (Spog) dalam mengetahui penyebab karena ciri ini merupakan ciri serius yang berdampak serius dan meupakan kanker serviks.
e. Keputihan Yang Abnormal (Diluar Biasanya)
Keputihan kebanyakan dianggap hal yang tidak masalah bukan gejala penyakit tertentu. Namun dalam jumlah yang sangat besar dapat terjadi kanker serviks
f. Pendarahan Menstruasi Lebih Panjang dan Berbeda Dari Biasanya
Hal ini merupakan ciri yang menjadi curiga utama bahwa anda berada pada kanker serviks. Sehingga ada baiknya dan segera mungkin untuk berkonsultasi ke dokter agar tidak sampai pada stadium lanjut yang mana telah terinfeksi kanker serviks.

3. Ciri-Ciri Kanker Serviks: Stadium Lanjut 
 
Ciri-ciri atau gejala kanker serviks stadium lanjut umumnya dapat dengan mudah dilihat dan ditandai dari fisik  dan perasaan anda. Ciri-ciri kanker serviks pada stadium lanjut adalah

    Kelelahan
    Nyeri pada kaki
    Sakit punggung
    Nyeri tulang atau patah tulang
    Kaki bengkak
    Menurunnya berat badan
    Kehilangan nafsu makan
    Keluarnya urin atau feses dari vagina

Cara Pencegahan Kanker Serviks:

    Menghindari hubungan seksual di usia muda
    Setiap pada pasangan, jangan berganti-ganti pasangan seksual
    Jagalah kebersihat alat kelamin anda dan pasangan
    Tidak merokok
    Konsumsi makanan bergizi dan seimbang
    Bagi wanita setelah berhubungan seksual dan melahirkan anak, lakukan segera papsmear setahun sekali.
    Lakukan vaksinasi HPV bagi anda yang belum berhubungan intim

Cara Pemeriksaan Kanker Serviks

Kanker serviks dapat ditemukan dengan diagnosis ke dokter dengan saran pemeriksaan berikut ini..

    - Pap Smear, dilakukan pengambilan cairan vagina untuk diperiksa
    - Colposcopy atau teropong leher rahim (serviks).
    - Biopsi, untuk pengambilan sampel jaringan serviks dengan dilakukan pemeriksaan oleh ahli patologi.
    - Tes Penanda Tumor SCC.
    - Pemeriksaan Panggul

Demikianlah informasi tentang penyebab kanker serviks, macam stadium kanker serviks dan gejala kanker serviks yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
apa itu kanker serviks, pengertian kanker serviks, kanker serviks adalah, macam stadium kanker serviks, faktor penyebab kanker serviks, gejala kanker serviks, tanda-tanda/ciri-ciri terkena kanker serviks, cara pemeriksaan kanker serviks
Diberdayakan oleh Blogger.