Header Ads

Penyakit Asam Urat: Jenis-jenis, Penyebab, Gejala/Tanda-tanda dan Cara Mengobatinya Lengkap

Penyakit Asam Urat: Jenis-jenis, Penyebab, Gejala/Tanda-tanda dan Cara Mengobatinya Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memberikan informasi tentang penyakit asam urat yang meliputi apa itu asam urat, jenis-jenis asam urat, penyebab asam urat, gejala/tanda-tanda asam urat dan cara mengobati asam urat (baik secara modern ataupun secara tradisional). Untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya berikut ini.

cara mengobati asam urat
cara mengobati asam urat

Apa itu Asam Urat ?

Asam urat atau rematik pirai (gout artritis). Selain osteoartritis, asam urat jenis rematik artikuler terbanyak yang menyerang warga Indonesia. Asam urat dari gangguan metabolik karena asam urat (urit acid) menumpuk dalam jaringan tubuh, kemudian dibuang melalui urin. Kondisi gout terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat dalam persendian (Wijayakusuma, 2006). Selain itu asam urat merupakan hasil metabolisme norma dari pencernaan protein khususnya daging, hati, ginjal dan jenis-jenis sayuran misalnya kacang dan buncis atau penguraian senyawa purin yang sebenarnya dibuang ke ginjal, feses atau keringan (Sustrani, 2004).

Lalu, apasih itu asam urat ?.. Secara umum asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Purin adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Sehingga dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin, maka disaat kita mengkonsumsi makhluk hidup, purin tersebut bertambah dalam tubuh kita. Selain itu purin, dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh secara norma atau penyakit tertentu (Hidayat, 2007). 

Jenis-jenis Asam Urat

 Jenis asam urat menurut Ahmad, 2011 adalah sebagai berikut:

1. Grout Primer

Jenis ini terdapat 99% penyebabnya belum diketahui (idiopatik). Dugaan bahwa terjadi karena faktor genetik dan faktor hormonal sehingga gangguan metabolisme mengakibatkan produksi asam urat atau berkurangnnya pengeluaran asam urat dari tubuh.

2. Gout Sekunder

Disebabkan dengan meningkatnya produksi asam urat karena nutrisi yaitu mengonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi. Purin adalah salah satu senyawa organik basa penyusun asam nukleat (asam inti dari sel) dan termasuk asam amino, unsur pembentuk protein. Produksi asam urat dapat meningkat jika adanya penyakit darah (penyakit sumsum tulang polisetemia), mengonsumsi alkohol, dan faktor obesitas, penyakit kulit (psoriasis), kadar trigiserin yang tinggi. 

Penyebab Asam Urat

 Penyebab asam urat menurut pendapat Ahmad, (2011) yaitu:

1. Faktor eksternal

Paling utama penyebab asam urat adalah faktor ini karena nutrisi dan konsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi.

2. Faktor Internal

Adanya proses penyimpangan metabolisme berkaitan dengan usia, yang mana usia diatas 40 tahun bersiko lebih besar terkena asma urat. Asam urat juga dapat muncul karena penyakit sumsum tulang dan polisitemia, konsumsi obat-obatan, alkohol, obesitas, diabetes militus. 

Gejala/tanda-tanda Asam Urat

Pada gout biasanya serangan terjadi secara mendadak (kebanyakan menyerang pada malam hari). Jika gout menyerang sendi-sendi yang terserang tampak merah, mengkilat, bengkak, kulit diatasnya terasa panas disertai rasanyeri yang hebat, dan persendian sulit digerakan ( Wijayakusuma, 2006).

Gejala lain adalah suhu badan menjadi demam, kepala terasa sakit, nafsu makan berkurang, dan jantung berdebar. Serangan pertama gout pada umumnya berupa serangan akut yang terjadi pada pangkal ibu jari
14 kaki. Namun, gejala-gejala tersebut dapat juga terjadi pada sendi lain seperti tumit, lutut dan siku. Dalam kasus encok kronis, dapat timbul tofus (tophus), yaitu endapan seperti kapur pada kulit yang membentuk tonjolan yang menandai pengendapan kristal asam urat ( Wijayakusuma, 2006). 

Kadar Normal Asam Urat

Menurut tes enzimatik maksimum 7 mg/dl dan teknik biasa, normalnya 8 mg/dl. jika lebih maka terjadi hiperurisemia. Pembagian kadar normal untuk pria berkisar 3-7 mg/dl dan perempuan 2,5-6 mg/dl. (Suherman,2010).
Salah Satu Penyebab Paling Utama Asam Urat Adalah Kolesterol
Kolesterol merupakan penyebab utama timbulnya penyakit asam urat dan penyakit-penyakit lainnya, sehingga sangat berkaitan untuk dikaitkan dalam informasi kali ini. Kolesterol yang paling tinggi (hiperkolesterolemia) biasanya tidak terlihat dan seringkali tidak bergejala, kecuali dengan Check Up (periksa darah) setiap 6 bulan sekali dan konsultasi dengan dokter.

Perlu anda ketahui, didalam makanan terdapat tiga macam lemak yaitu:

    Saturated (lemak jenuh), lemak yang terdapat di makanan misalnya jerohan, otak sapi, kuning telur yang wajib dihindari
    Monounsaturated (lemak tidak jenuh dengan rantai tunggal), terdapat di udang dan kepiting. Konsumsi terbatas
    Poliunsaturated (lemak tak jenuh ganda), seperti ikan dari latu (tenggiri dan tuna) serta omega-3. Hendaknya banyak dikonsumsi karena membantu menurunkan LDL kolesterol jahat, dan menaikkan kolesterol baik HDL.

Ideanya konsums makanan yang mengandung lemak dibawah 30%, 50%, 60%, dan rotein 20%. dan usahakan jangan mencapai 300 mg/hari.

Contoh Tips Program Diet :

    Membaca label makanan dan minuman jika hendak membeli
    Cukup 2 gelas minuman alkohol sehari
    Batasi porsi makanan
    Pilih produk non-fat
    Kurang penggunaan garam pada makanan kalau perlu jangan. Karena jika banyak dapat meningkatkan tekanan darah.

Cara Mengobati Asam Urat Secara Modern dan Tradisional

Cara mengobati asam urat secara modern
Pengobatan modern dapat diperoleh dengan resep dokter yaitu dengan obat-obatan sebagai berikut:

a. Obat Anti Inflamasi Non-Steroid (OAINS), berfungsi mengatasi nyeri sendi dari proses peradangan
b. Kortikosteroid, berfungsi sebagai obat anti radang dan menekan reaksi imun yang diberikan dalam bentuk tablet atau suntikan pada sendi yang sakit.
c. Imunosupresif, berfungsi menekan reaksi imun, obat ini jarang digunakan karena berefek penyakit kanker dan bersifat racun pada ginjal dan hati.
d. Suplemen Antioksidan, diperoleh dari vitamin dan mineral.

Selain obat-obatan diatas, program rehabilitasi juga dapat anda lakukan untuk pola hidup yang baik.

Cara mengobati asam urat secara tradisional

Obat tradisional yang berbahan ramuan tumbuhan, hewan, mineral, sediaan galenik atau campuran bahan.Pengobatan tradisional asam urat berupa akar-akaran ataupun tanaman adalah sebagai berikut:

a. Sidaguri (Sida rhombifolia L)

 
Kandungan kimiawi didalamnya yaitu alkoloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, minyak terbang dan zat philegmatic. Batangnya mengandung tanin dan kalsium oksalat. akarnya terdapat kaloid, steroid, dan efedrine. Biasanya digunakan untuk pengobatan asam urat dan rematik. tidak hanya itu mengobati flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah dan eksim. Sidaguri adalah tumbuhan perdu liar yang tumbuh tegak dan berabang. Tumbuhan yang tingginya sekitar 1-2 meter, tumbuh didaerah tropis dengan ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut.

Cara menggunakan tumbuhan Sidaguri adalah segar dan dihaluskan untuk dioleskan pada sendi yang sakit. Untuk diminum dengan direbus baik segar atau kering dan dicampur bahan lainnya dengan 60 gram sidaguri air 600 cc hingga tersisa 300 cc.

b. Daun Salam (Syzygium plyanthum) 


Daun salam berkhasiat sebagai peluru kencing (diuretik) dan penghilang rasa nyeri (analgetik). Daun ini digunakan untuk pengobatan kolesterol tinggi, sakit maag, diare, kencing manis, tekanan darah tinggi dan asam urat, serta rematik. Kandungannya minyak asiri( sitral, eugenol), tanin dan flavonoid. 

Cara menggunakan daun salam adalah dengan menggunakan 7 lembar daun segar dan bersih. 2 gelas air putih rebus sampi mendidih hingga tersisa 1 gelas dan diminum pagi dan sore.

c.  Sambiloto 


Pohon   sambiloto   berbentuk   terna   dengan tinggi mencapai 35-95 cm. daunnya memenjang dan berwarna  hijau  tua.  Bunganya  berukuran  kecil  dan  24 berwarna putih keunguan. Buahnya berukuran kecil, berbentuk  silindris  dan  berwarna  hijau  kekuningan. Sambiloto   memiliki   rasa   pahit.   Seluruh   bagian tanaman   yang   telah   kering   dapat   dimanfaatkan sebagai  bahan  ramuan  obat. Tanaman  ini  berkhasiat sebagai  antiradang,  penghilang  nyeri  atau  analgetik dan penawar racun.Tanaman  sambiloto  ini  mengandung  laktone seperti    deoksiandrografolid,    andrografolid    yang merupakan zat pahit, 14-deoksi-11, 12-didehidroandrografolid, neoandrografolid dan homoandrografolid.    Selain    itu,    sambiloto    juga mengandung  flavonoid,  alkane,  keton,  aldehid  dan beberapa    mineral   seperti   kalium,    natrium   dan kalsium. Kandungan lainnya berupa asam kersik dan damar.

d. Temulawak 


Temulawak merupakan     tanaman terna menahun,   berbatang   semu   dan   tingginya   dapat mencapai  2-2,5  meter.  Temulawak  banyak  tumbuh di  hutan.  Tanaman  ini  tumbuh  merumpun  dengan berbagaianakan.  Setiap  tanaman  biasanya  memiliki 2-9  helai  daun  yang  berbentuk  panjang  dan  lebar. Umbi  temulawak  berupa  rimpang.  Rimpang  inilah 25 yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, baik rimpang segar  maupun  kering.  Tanaman  ini  memiliki  rasa sedikit    pahit.    Tanaman    ini    berkhasiat   sebagai antiradang,    antisembelit,    tonikum    dan    diuretic.Rimpang tamanan ini mengandung pati,
kurkuminoid  dan  minyak  asiri  seperti  felandren  dan turmerol.

Demikianlah ulasan lengkap tentang penyakit asam urat yang meliputi penyebab asam urat, gejala asam urat dan cara mengobati asam urat secara modern dan tradisional. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk terutama para penderita asam urat.

Tags:
apa itu asam urat, jenis-jenis asam urat, penyebab asam urat, gejala/tanda-tanda asam urat, cara mengobati asam urat dengan bahan alami, cara mengobati asam urat secara modern, obat asam urat tradisional
Diberdayakan oleh Blogger.