32 Manfaat Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Lengkap Dengan Kandungannya

32 Manfaat Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Lengkap Dengan Kandungannya - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan mengulas tentang kandungan daun sirih, manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan, khasiat daun sirih untuk pengobatan. Daun Sirih (Piper betle Linn.) adalah salah satu jenis tumbuhan yang memanjat dan termasuk dalam famili Piperaceae. Asal usul tumbuhan yang tidak diketahui secara pasti. Namun tanaman sirih ini tumbuh di daerah yang subur di sepanjang Asia Tropis sampai ke Afrika Timur, menyebar ke seluruh wilayah Indonesia, India, Thailand Malaysia, Sri Langka sampai ke Madagaskar.


Asal-usul Tanaman Sirih

Di Asia Tenggara, terdapat suatu tradisi akan tanaman sirih yakni tradisi makan daun sirih yang ada sejak 3.000 tahun lalu atau sejak zaman neolitikum. Zaman fase atau tingkat kebudayaan zaman prasejarah. Semua kalangan mengkonsumsi daun sirih baik itu dari laki-laki, perempuan, tua dan muda bahkan raja dan permaisuri.

Manfaat tanaman sirih yang Tradisi makan sirih pun tidak diketahui asalnya dari mana yang mengatakan dari India yang bersumber dari cerita sastra dan sejarah lisan. Namun bukti makan daun sirih yang paling kuat ada di Indonesia mulai dari perjalanan marcopolo abad ke-13 dan dipertegas perjalanan sebelumnya Ibn Batuta dan Vasco Da Gama tentang pernyataannya bahwa terdapat masyarakat sebelah timur (Indonesia) yang gemar mengkonsumsi daun sirih.

Dari dulu sampai sekarang sirih sudah diolah atau diramu terlebih dahulu dengan menggunakan tembakau, kapur, gambir, cengkih, dan buah pinang. Bagi penikmatnya, daun sirih tak boleh tergantikan dan kenikmatannya sulit dilukiskan dengan kata-kata. Sehingga begitu istimewanya daun sirih bagi penikmatnya terdapat istilah-istilah populer untuk makan sirih yaitu nyusur, bersugi, nginang, berisisik, dan menyepah.

Sirih merupakan tanaman yang tumbuh merambat atau menjalar yang menyerupai tanaman lada dengan tinggi  yang dapat mencapai 15 m, tergantung kesuburan media tanaman dan rendahnya media untuk merambat. Tanaman sirih memiliki batang berwarna cokelat kehijauan, berbentuk bulat, berkerut, dan beruas sebagai tempat keluarnya akar.

Sedangkan daunnya berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, dengan teksur agak kasar jika diraba akan mengeluarkan bau yang sedap (aromatis) jika diremas. Panjang daun sirih sekitar 6-17,5 cm dengan lebar 3,5-10 cm. Warna daun sirih tersebut bervariasi mulai dari berwarna kuning, hijau sampai dengan hijau tua.

Sirih berbunga majemuk berbentuk bulir dan merunduk. Bunga sirih dilindungi oleh daun pelindung yang berbentuk bulat panjang dengan diameter 1 mm. Bulit jantan panjangnya sekitar 1,5-3 cm dan memiliki dua benang sari pendek. Sementara itu, bulir betina panjangnya sekitar 1,5-6 cm dengan kepala putik 3-5 lima buah yang berwarna putih dan hijau kekuningan.

Buah terletak tersembunyi atau buni, berbentuk bulat, berdaging, dan berwarna kuning kehijauan sampai keabu-abuan. Sedangkan untuk akar tanaman sirih adalah akar tunggang yang berbentuk bulat dan berwarna cokelat kekuningan. Sirih bisa tumbuh subur didaerah tropis dengan ketinggian 300-1.000 m di atas permukaan laut (dpl), khususnya tanah yang mengandung banyak bahan organik dan cukup air.

Jenis-Jenis Tanaman Sirih

Berdasarkan bentuk daun, rasa dan aromanya sirih terbagi atas beberapa jenis. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis sirih, mulai dari sirih jawa, sirih banda, sirih cengkih dan sirih hitam atau keling. Namun yang paling umum sirih dibedakan menjadi dua berdasarkan warna daunnya yaitu Daun sirih hijau dan daun sirih merah yang banyak dijadikan sebagai obat tradisional.

Daun sirih memiliki aroma dan rasa khas, sedap, tajam, pedas dan sengak dan merangsang karena kandungan kavikol dan betlephenol terkandung dalam minyak atsiri dan sebagai kandungan terbesar dalam daun sirih. Ada banyak faktor yang menyebabkan daun sirih memiliki aroma dan rasa yang khas mulai dari sinar matahari yang sampai ke daun hingga kesuburan tumbuhan tersebut. Daun sirih yang dapat langsung dimakan adalah daun yang melintang dibagian atas dahan. 

Penamaan Tanaman Sirih

Dari manfaat daun sirih yang besar bagi kesehatan dan kecantikan, seluruh dunia sudah mengenal daun sirih, dari asia, eropa, afrika dan amerika. Hal ini membawa tanaman dengan manfaat yang banyak memiliki macam-macam nama misalnya  diarab disebut tamul atau tanbut. Cina: tu bi ba, wei zi, ju jiang, da feng teng, wei yei, tu wei teng; Inggris: betel, betel pepper, betel vine, betelvine; Prancis: poivrier betel, betel; Jerman betelpfeffer, betel-pfeffer; Gujarat: tanbola, paan; India: pan; Kanada: panu, eleballi, vileyadele; Malaysia bakik serasa; Marathi: pan, vidyache pan: Nepal: naagavallii.

Di Indonesia sendiri dengan beragam suku, tradisi, budaya dan bahasa juga memiliki penamaan terhadap daun sirih karena manfaatnya yang dinilai masyarakat Indonesia sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Sebelumnya, kepulauan nusantara memiliki bahasa yang sama yaitu Sanskerta dimana sirih disebut tambula. Namun seiring banyaknya negara asing yang masuk ke Indonesia mempengaruhi penamaan  Tanaman yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan yakni sirih misalnya daerah sumatera yang biasa disebut dengan sereh, cambai, ifan, suruh, belo, ranub, blo, purokawo, sireh, serasa, taufao; Jawa sere, sedah, seureuh; Nusa Tengara: sedah, mota, taa, malu, base, mokeh, kuta; Kalimantan: buyu, sirih, uruisepa, uwit, uduh sifat; Sulawesi: buya, komba, bolu, sangi, dondili, ganjang, gapura, lalama; Maluku: mota, ani-ani, rambika, kamu, nien, raunge, papek, kakina, garmo, bido, amu; Papua: freedor, mera, manaw, afo, nai wadok, reman, dedami, dan mirtan.

Kandungan Tanaman Sirih

Manfaat daun sirih bagi tubuh anda dan dipercaya banyak orang dapat terjawab dan dapat menambah keyakinan anda pada kandungan daun sirih itu sendiri. Sebelumnya diatas telah dijelaskan mengenai jenis-jenis daun sirih ada yang merah dan ada daun sirih hijau yang beberapa diantara kedua daun sirih tersebut memiliki sedikit perbedaan kandungan dan tentu saja manfaatnya.

Kandungan Daun Sirih Hijau

Daun sirih hijau banyak digunakan dalam pengobatan karena manfaatnya yang luas. Kandungan daun sirih hijau adalah sebagai berikut..

    Minyak atsiri
    Kavicol
    Kavibetol
    Estragol
    Phenyl propane
    Hidroksikavicol
    Pati
    Gula
    Caryophyllene
    Cyneole
    Tanin
    Cadinene
    Diastase
    Terpennena
    Sesquiterpena

Kandungan Daun Sirih Merah

Banyak obat-obatan sekarang ini menggunakan campuran daun sirih dan begitu pun para ahli pengobatan tradisional banyak menggunakan tanaman sirih karena dinilai manfaat daun sirih tersebut berdasarkan pula dari tinjaun kandungan daun sirih merah yaitu sebagai berikut...

    Minyak atsiri
    Alkaloid
    Saponin,
    tanin
    flavonoid
    fitokimia
    Kavicol
    Hidroksikavicol
    Eugenol
    Kavibetol
    Allylprokatekol
    Carvacrol
    P-cymene
    Cineole
    Phenyl propada
    Caryofelen
    Kadimen estragol
    Ter-penena

Jadi kedua daun sirih baik daun sirih hijau dan daun sirih merah yang membuatnya kaya akan manfaat bagi tubuh anda dan sering dijadikan sebagai obat herbal penyembuhan berbagai penyakit. Jadi maka tidak salahlah dan tidaklah untuk tidak menyakini dan telah ditinjau secara ilmiah manfaat daun sirih atau khasiat daun sirih tersebut.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan dan Kecantikan 

Dari berbagai pemaparan diatas akan sejumlah cerita-cerita tentang manfaat daun sirih baik yang sifatnya hanya diyakini saja dan bukti-bukti ilmiah tentang manfaat daun sirih sudah jelas bahwa daun sirih dapat anda manfaatkan sebagai pengobatan utama anda dalam berbagai penyakit. Adapun penyakit yang dapat diatasi oleh daun sirih dan sekaligus manfaat daun sirih sebagai obat tradisional adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Daun Sirih: Menyembuhkan Pendarahan Gusi.
Cara memanfaatkan daun sirih sebagai pengobatan pendarahan gusi hanya dengan menggunakan  4 lembar daun sirih yang direbus ke dalam 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, air rebusan tersebut dipakai untuk berkumur dan lakukan berulang-berulang sampai pendarahan dalam gusi anda sembuh.

2. Manfaat Daun Sirih: Hidung berdarah atau mimisan. 
Manfaat daun sirih dalam penyembuhan hidung berdarah atau mimisan itu sangat mudah cukup dengan meremuk atau melumatkan daun sirih lalu digulung untuk disumbat ke hidung yang berdarah atau mimisan, namun sebelum itu hendaknya membersihkan daun sirih.

3. Manfaat Daun Sirih: Mengatasi keputihan. 
Daun sirih dapat bermanfaat dalam mengatasi keputihan hanya dengan menggunakan 5-7 lembar daun sirih berserta tangkainya yang ditambah dengan irisan 2 jari temulawak dan kunyit yang direbus ke dalam 6 gelas air sampai mendidih. Selagi hangat, air rebusan daun sirih digunakan untuk membersihkan kemaluan anda secara berulang-ulang untuk mengatasi keputihan lakukanlah setiap hari.

4. Manfaat Daun Sirih: Obat Batuk. 
Daun sirih dapat bermanfaat sebagai obat penyembuhan batuk dengan cara merebus 15 lembar daun sirih, 10 lembar pegagan, dan 10 lembar daun ciplukan ke dalam lima gelas air sampai tersisa dua gelas. Disaat hangat saring dan campur dengan madu lalu diminum dua kali sehari bila batuk.

5. Manfaat Daun Sirih: Obat Bisul. 
Daun sirih dapat bermanfaat untuk anda hanya dengan mengiling atau menumbuk daun segar 10 lembar hingga halus lalu ditapalkan atau ditempelkan ke bisul dan sekelilingnya.

6. Manfaat Daun Sirih: Membersihkan Mata. 
Daun sirih bermanfaat dalam mempercantik mata anda, membuatnya bersih hanya dengan mencuci daun sirih sampai bersih lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan, setelah itu cuci mata dengan air rebusan menggunakan gelas cuci mata. Lakukanlah sehari tiga kali agar mata anda dapat sembuh dan bersih dari kotoran.

7. Manfaat Daun Sirih: Penyakit Jantung. 
Daun sirih bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit jantung yang dilakukan dengan cara mengambil daun sirih yang ukurannya sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar yang kemudian dicuci bersih, diiris kecil-kecil dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, yang kemudian disaring dan diminum saat hangat dua kali sehari sebelum makan dengan meminum satu gelas masing-masing.

8. Manfaat Daun Sirih: Penyakit Diabetes. 
Gunakan tiga lembar daun sirih merah yang setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk lalu mencuci semua daun tersebut dan mengiris kecil-kecil. Rebus hasil irisan tersebut ke dalam 3 gelas air (600 ml) sampai mendidih hingga tersisa 1,5 gelas. Minum sehari 3 kali disaat sebelum makan.

9. Manfaat Daun Sirih: Sakit Gigi dan Gusi Bengkak. 
Daun sirih bermanfaat dalam pengobatan sakit gigi dan gusi bengkak dengan cara mendapatkan manfaat daun sirih ini adalah mengunyah daun sirih hijau secukupnya dan terus menerus sampai sakitnya hilang.

10. Manfaat Daun Sirih: Meningkatkan kesuburan (membasuh vagina). 
Daun sirih hijau dapat bermanfaat dalam mengobati keputihan dan meningkatkan kesuburan vagina anda dengan porsi secukupnnya. Untuk manfaat kesuburan cukup dengan air hasil rebusan tersebut digunakan untuk membasuh vagina.

11. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Sariawan. 
Bagi anda yang sedang sariawan, cukup dengan menggunakan daun sirih dengan mengunyah daunnya atau berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih.

12. Manfaat Daun Sirih: Bau Mulut. 
Daun sirih hijau dapat anda gunakan dalam menghilangkan bau tidak sedap cukupnya dengan berkumur-kumur.

13. Mengobati Demam Berdarah. 
Daun hijau banyak diyakini dapat bermanfaat dalam mengatasi nyamuk demam berdarah dan menyembuhkan demam berdarah cukup dengan meminum air rebusan daun sirih, dan anda juga dapat mengoleskan gilingan daun sirih hijau ke tubuh dengan dibalurkan.

14. Manfaat Daun Sirih: Memperlancar Haid. 
Daun sirih hijau jika anda meminumnya dapat memperlancar haid yang tidak teratur.

15. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Asma. 
Dengan meminum hasil rebusan daun sirih hijau disaat hangat.

16. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Radang Tenggorokan. 
Daun sirih bermanfaat dalam mengobati radang tenggorokan.

17. Manfaat Daun Sirih: Menghilangkan bau ketiak

18. Manfaat Daun Sirih: Mengusir Semut. 
Tanaman daun sirih hijau dapat mengusir semut, nyamuk, lalat dan serangga lainnya.

19. Manfaat Daun Sirih: Obat Gatal-Gatal. 
Daun sirih dapat menghilangkan gatal-gatal anda dengan cara membalurkan hasil tumbukan daun sirih hijau ke bagian tubuh yang gatal-gatal dan bahkan akan hilang sama sekali.

20. Manfaat Daun Sirih: Hepatitis atau Radang Pada lever (Dharma, 1997). 
Daun sirih merah dapat digunakan sebagai obat hepatitis.

21. Manfaat Daun Sirih: Kanker Payudara. 
Daun sirih yang memiliki warna merah dapat digunakan sebaga pengobatan tradisional dalam mengobati kanker payudara

22.  Manfaat Daun Sirih : Wasir. 
Lagi-lagi daun sirih merah dapat bermanfaat dalam mengatasi ambeien atau wasir dengan mengkonsumsi hasil rebusan daun sirih merah

23. Manfaat Daun Sirih Penyakit Ginjal

24. Manfaat Daun Sirih: Mengurangi ASI Secara Berlebihan. 
Daun sirih yang telah dihangatkan diatas api dan ditempel ke payudara dapat mengurangi produksi air susu secara berlebihan.

Manfaat Daun Sirih Dalam Kecantikan Kulit

Daun sirih bermanfaat dalam mengatasi masalah-masalah tubuh anda pada daerah luar termasuk masalah-masalah kulit misalnya kulit keriput, jerawat, penuaan diri dan wajah halus, dan cerah dapat diatasi oleh daun sirih. Manfaat daun sirih dalam kecantikan adalah sebagai berikut:

25. Manfaat Daun Sirih: Masker dan Lulur. 
Daun sirih berkhasiat dalam membuat muka terlihat kencang, lembut, segar dan mengangkat pori-pori kotoran atau debu dengan menggunakan daun sirih merah yang dilakukan dengan menggunakan 7 lembar daun sirih merah, perasan jeruk nipis, perasan apel, madu, susu murni, putih telur secukupnya. Cara membuat masker dan lulur tersebut hanya dengan memblender seluruh bahan dengan benar dan lakukan masker dan lulur tersebut 3 kali dalam seminggu, maka akan tanpak wajah b ersih, kencang dan memberi nutrisi bagi kulit wajah anda.

26. Manfaat Daun Sirih: Penghalus Kulit. 
Daun sirih bermanfaat dalam menghaluskan kulit anda tanpa harus repot-repot mengeluarkan biaya yang mahal dan pergi keluar negeri, cukup dengan menggunakan daun sirih anda mendapatkan manfaat yakni kulit menjadi halus hanya dengan menggunakan daun sirih sebanyak 5 lembar, daun murbei sebanyak 7 lembar, temo giring 3 jari, ginseng talinum 30 g, mengkudu 1 buah, wortel 2 jari dengan mencuci semua bahan hingga bersih, rebuslah kecil-kecil, rebuslah dengan air 4 gelas sampai mendidih dan tersisa 1 gelas, dinginkan air rebusan itu, tambahkan lagi bahan-bahan seperti tepung ketan putih 200 g, minyak esensial 3 tetes, perasan jeruk nipis, 2 sendok teh minyak zaitun, madu 2 sendok, lalu blender seluruh bahan tersebut selama 2 menit, dan masukkan ke wadah dan lulur siap anda gunakan.

27. Manfaat Daun Sirih: Mencegah Penuaan Dini. 
Ternyata daun sirih merah bermanfaat dalam mencegah penuaan diri agar anda tetap awet muda dengan cara menggunakan daun sirih sebanyak 6 lembar, 10 biji kurma, kacang hijau 100 g, ginseng talimum 40 g, madu 2 sendok makan dan perasaan jeruk nipis 2 sendok makan. Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan ke dalam 4 air gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas air, masukkan madu dan perasaan jeruk nipis, aduk hingga merata serta minumlah 2 kali sehari selama 1 bulan atau minumlah 1 gelas sehari untuk setiap hari sampai kapanpun.

28. Manfaat Daun Sirih: Menghilangkan Jerawat. 
Daun sirih bermanfaat dalam menghilangkan jerawat dan manfaat inilah yang kalian cari-cari dari daun sirih karena jerawat dapat mengganggu penampilan dan tentu saja berimbas pada kepercayaan diri. Cara menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan cara tradisional atau modern, namun banyak yang kurang memilih cara modern karena dinilai hanya menambah parah dan banyak yang beralih ke obat tradisional. Cara dalam meramu daun sirih merah yang bermanfaat mengobati jerawat sebagai pengobatan kecantikan anda adalah dengan menggunakan daun sirih yang sudah tua, segar dan tebal sebanyak 2 lembar. Kemudian cuci bersih daun sirih merah berkali-kali. kemudian rendamlah ke dalam alkohol 70% dan diamkan selama 30 menit agar bakteri yang menmpel pada daun sirih merah tersebut dapat mati. Selanjutnya tumbuk dan lumatkan daun sirih merah hingga lembut dan balurkan ke wajah yang terkena jerawat, lakukanlah 2 kali sehari secara rutin hingga jerawat tersebut hilang.

29. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Luka Bakar. 
Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan daun sirih hanya dengan mengambil daun sirih hijau, panaskan supaya layu, dan tempelkan pada luka bakar.

30. Manfaat Daun Sirih: Mengobati Penyakit Kulit. 
Daun sirih dapat mengobati eksim atau penyakit kulit lainnya dengan cara memanfaatkan hasil rebusan daun sirih yang dioleskan ke kulit.

Manfaat Daun Sirih Dalam Kecantikan Rambut

Tidak hanya kulit, daun sirih juga memiliki manfaat dan khasiat terhadap rambut yaitu sebagai berikut...

31. Manfaat Daun Sirih: Meluruskan Rambut. 
Cara meluruskan rambut dengan menggunakan daun sirih adalah rebus 10 lembar daun sirih ke dalam 3 gelas air, tunggu sampai dingin, lalu masukkan air rebusan tersebut ke dalam semprotan yang biasa ada disalon atau anda dapat langsung menggunakannya dengan menggunakan tangan anda, gunakan setiap anda ingin tidur, lalu di pagi hari anda langsung membilasnya. Hasilnya akan kelihatan setelah 1 bulan pemakaian daun sirih sebagai cara meluruskan rambut.

32. Manfaat Daun Sirih: Menghitamkan Rambut. 
Daun sirih dapat menghitamkan rambut anda dengan merebus 5 lembar daun ke dalam air secukupnya dan tunggulah sampai airnya menguning dan ada baiknya tambahkan kemiri. Setelah dingin, gunakanlah keramas dan tunggu hingga 1 minggu. maka akan terlihat hasilnya.  

Demikianlah ulasan lengkap tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan lengkap dengan kandungan daun sirih. Begitu banyaknya manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan tentu harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
kandungan daun sirih, manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan, khasiat daun sirih untuk pengobatan
32 Manfaat Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Lengkap Dengan Kandungannya Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri