Header Ads

13 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami Tradisional Terbukti Ampuh

13 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami Tradisional Terbukti Ampuh - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memberikan informasi tentang cara alami mengatasi batuk berdahak, cara mengobati batuk berdahak secara alami, obat batuk berdahak tradisional terbukti ampuh. Batuk bisa terjadi kepada siapa saja. Batuk dibedakan dalam dua jenis yaitu batuk produktif atau mengeluarkan dahak dan batuk tidak produktif atau batuk kering. Dari kedua jenis batuk tersebut bersifat akut atau kronis. Batuk akut adalah batuk yang berlangsung kurang dari 3 minggu, dan terjadi dalam 1 episode. Batuk tersebut umumnya terjadi secara tiba-tiba disebabkan oleh flu, pilek, sinusitis atau alergi. Sedangkan untuk batuk kronis adalah batuk yang terjadi lebih dari 3 minggu dan umumnya disebabkan penyakit seperti asma, batuk rejan, bronkhitis, dan TBC paru-paru.

cara mengobati batuk berdahak dengan bahan alami

Pengobatan batuk banyak yang minum obat antibioktik tanpa resep dokter. Padahal jika batuk tersebut disebabkan oleh virus misalnya batuk influenza, pemberian antibiotik sia-sia karena antibiotik tidak membunuh virus. Perlu anda ketahui bahwa antibiotik bermanfaat dan berkhasiat membunuh kuman atau bakteri jika batuk disebabkan oleh infeksi bakteri. Menggunakan antibiotik pun tidak sembarangan karena dapat menyebabkan tubuh lama kelamaan menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotik dan sistem imun menjadi menurun.

Batuk dianggap orang sebagai gangguan yang ringan dan dapat berhenti sendiri, namun bukan tidak mungkin batuk tersebut muncul karena adanya gejala-gejala penyakit serius. Sehingga anda harus waspada jika batuk anda berkepanjangan, disertai suhu tubuh tinggi atau mengeluarkan dahak yang berwarna kuning kehijauan yang menandakan adanya infeksi sekunder, yang disertai dengan keringat dingin di malam hari (gejala TBC paru-paru, dan batuk berdarah yang menandakan bahwa terdapat luka atau infeksi dalam tubuh anda. Dari percikan batuk, mikrobia patogen penyebab infeksi tersebar dan menularkan penyakitnya pada orang lain. Oleh karena itu, saat terserang batuk sebaiknya menggunakan masker untuk menghindari adanya penularan terhadap orang lain apalagi orang terdekat anda.

Cara Mencegah Batuk Berdahak

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya batuk berdahak diantaranya:

- Menghentikan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok orang lain.
- Jika sudah terkena alergi, hal-hal yang dapat memicu debu, bulu binatang, asap dan jangan menggunakan kipas dan semua itu harus dihindari
- Hindari makanan yang digoreng atau berminyak, manis, pedas, minuman dingin atau es, kafein, dan alkohol
- Konsumsikan makanan bergizi dan seimbang guna membantu meningkatkan kondisi tubuh anda.
- Minum minuman panas misalnya jahe atau jeruk panas dalam membantu melegakan tenggorokan. Hirup uap panas dari wadah yang berisi air panas atau mendidih
- Istirahat dan tidur yang cukup

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Bahan Alami, Obat Batuk Tradisional Terbukti Ampuh

 Berikut beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak anda:

    1. Daun Sirih (Piper betle L), yang berkhasiat dalam menghentikan batuk (anti-tussive), mengurangi peradangan, antiseptik, antijamur, dan menghilangkan gatal
    2. Jahe (Zingiber offcinale Rosc.), yang bermanfaat dalam meredakan batuk berdahak anda dengan menghangatkan pernafasan, peluruh dahak, antiradang. Untuk batuk karena flu, pilek dan masuk angin.
    3. Kulit Jeruk Mandarin (Citrus nobilis lour.), yang bermanfaat dalam peluruh dahak, antiasma
    4. Kencur (Kaempferia galanga L.), yang berkhasiat dalam peluruh dahak, dan meredakan batuk.
    5. Pegagan (Centella asiatica Urb.), yang berkhasiat untuk anti-infeksi, menurunkan panas, untuk batuk flu, flek paru, batuk rejan, menetralkan material toksik, dan bronkhitis
    6. Daun Mentha (Mentha sp), Daun yang bermanfaat dalam meredakan batuk, dan peluruh dahak
    7. Daun Naga (Abrus precatorius L.), yang bermanfaat dalam antiradang, menurunkan panas
    8. Umbi bunga lili/lalap (Lilium sp.), yang berkhasiat dalam meredakan asma, meredakan batuk, antihistaman.
    9. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle.), yang berkhasiat dan meredakan batuk, antioksidan, dan peluruh dahak.
    10. Sambiloto (Andrograhis Paniculata Nees), Yang bermanfaat dalam antiradang, anti-infeksi, meneralkan material toksik/racun, merangsang imunitas tubuh, radang paru, batuk rejan, TBC paru, dan analgetik.
    11. Kunyit, yang bermanfaat dalam menghilangkan batu dengan efektif.
    12. Daun Kemangi, daun yang bermanfaat sebagai obat batuk berdahak dengan cukup merebus 2-3 daun kemangi dan 1-2 gelas airputih. dan konsumsi ramuan tersebut selagi hangat.
    13. Belimbing Wuluh, Bermanfaat dalam meredakan batuk berdahak anda

Contoh Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk Berdahak

    - 10 gram jahe + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 10 gram daun mentha + 20 gram kencur, dicuci bersih dan diiris-iris, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah hangat disaring, tambahkan air perasan jeruk nipis dan madu, diminum. (untuk batuk berdahak, batuk pilek, flu, masuk angin, melegakan tenggorokan)
    - 30 gram pegagan segar + 15 gram daun saga segar, dicuci bersih, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan gula batu secukupnya, diminum 2 kali sehari, masing-masing 150 cc. (untuk batuk kering, batuk darah, bronkhitis akut, demam, sakit tenggorokan)
    - 7-10 lembar daun sirih dan 2 siung bawang putih, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu atau gula batu, diminum 2 kali sehari. (untuk batuk disertai gatal tenggorokan, bronkhitis akut)
    - 10-15 gam sambiloto kering + 30 gram umbi bunga lili/pahap + 15 gram pegagan kering, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu secukupnya, diminum 2-3 kali sehari.

Catatan Penting Dalam Menggunakan Obat Tradisional Batuk Berdahak:

    - Pilih salah satu resep diatas
    - Jika berkepanjangan tetap konsultasi ke dokter

Sebenarnya Obat Tradisional atau Ramuan-Ramuan Herbal Diperbolehkan Untuk Di Konsumsi Anak-Anak Namun Terdapat Beberapa Takaran Lihat Dibawah ini:

Anak-anak cenderung menyukai rasa ramuan alami seperti stroberi, melon, apel dan sebagainya, dan anda pun dapat menggunakan ramuan tradisional dengan jeruk nipis, belimbing wuluh dan air putih hangat karena tidak terlalu ekstrim dan tergolong enak. Bagi anak yang  berusia 7-11 bulan berikan obat tradisional itu 4x1 sendok teh setiap hari, untuk usia 1-2 tahun berikan obat 4x1 sendok makan, untuk usia 3-5 tahun berikan 4x1 setengah sendok setiap hari. Lakukan secara rutin sampai batuk anak reda.

Demikianlah informasi tentang cara mengobati batuk berdahak dengan bahan alami tradisional. Bagi anda yang sedang mengalami batuk berdahak bisa anda coba mengatasinya dengan bahan alami seperti diatas. Semoga bermanfat.

Tags:
cara alami mengatasi batuk berdahak, cara mengobati batuk berdahak secara alami, obat batuk berdahak tradisional terbukti ampuh
Diberdayakan oleh Blogger.