35 Manfaat Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungan Gizinya Lengkap

Manfaat Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungan Gizinya Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memberikan informasi tentang manfaat alpukat bagi kesehatan, khasiat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan, kandungan gizi buah alpukat. Alpukat adalah buah yang memiliki manfaat dan khasiat dalam mengobati penyakit dan mempercantik diri anda. Buah Alpukat merupakan buah yang populer di Indonesia dan biasanya dijadikan jus alpukat, namun masih banyak yang belum mengetahui manfaat buah alpukat atau khasiat buah alpukat yang tidak sebanding dengan kepopulerannya.Lalu apa saja manfaat khasiat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan ?

manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan
manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan

Alpukat, alpokat atau avokad yang dari bahasa inggris adalah avocado yang berasal dari bahasa Aztek, ahuacati (dibaca kira-kira awakati). Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Buah yang awalnya dikenal di daerah tersebut. Alpukat di Indonesia banyak di hasilkan didaerah-daerah tertentu. Buah yang pertama kali ditemukan di negara bagian amerika tengah oleh suku asli pedalaman itu. Kemudian bangsa Spanyol datang ke Amerika tengah dan mulai di memperkenalkan ke eropa dan menyebar ke berbagai wilayah di penjuru dunia misalnya Asia dan Australia.

Awalnya, pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut pada awal abad ke-16, berbagai tumbuhan dari daerah ini, termasuk apokat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Yang memperkenalkan apokat ke penduduk Eropa adalah Martin Fernandes de Enciso tahun 1519 seorang pemimpin pasukan Spanyol. Sejak saat itu Alpukat menyebar ke seluruh penduduk dunia.

Tanaman alpukat merupakan tanaman buah yang berupa pohon yang penamaan disetiap daerah khususnya di Indonesia berbeda-beda, seperti jawa barat: alpuket, jawa timur/jawa tengah: alpokat, buah pokat, batak: jamboo pokat, advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat (lambung) dan lain-lain. Tanaman alpukat berasal dari dataran rendah/tinggi amerika Tengah dan dipekerikan buah apukat yang kaya manfaat dan khasiat buah alpukat masuk ke Indonesia abad ke-18. Secara resmi di antara 1920-1930 Indonesia yang mengintroduksi 20 varietas alpukat dari amerika tengah dan amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul untuk meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, khususnya daerah dataran tinggi.

Alpukat merupakan bagian dari buah-buahan, bukan sayuran. Alpukat masih tergolong dalam berry family. Menurut nenek moyang, alpukat bermanfaat dan berkhasiat dalam merangsang kemampuan seksual seseorang. Sehingga saat itu, alpukat jarang dibeli, reputasi atau manfaat dan khasiat yang dianggap masyarakat dulu adalah citra jelek yang berusaha di perbaiki oleh petani agar alpukat dapat dikenal masyarakat luas.

Pohon Alpukat memiliki tinggi sekitar 3-10 m, berakar tunggang, batang berkayu, bulat warnanya coklat dan banyak bercabang. Daun tunggal terletak di ujung ranting, bentuk memanjang, ujung dan pangkal runcing. Tepi rata kadang-kadang agak menggulung ke atas. Bunga alpukat yang majemuk, buahnya buah buni, bentuk bola atau bulat telur, warnanya hijau atau hijau kekuningan. Daging buah yang telah masak lunak, warnanya hijau dan kekuningan (Yuniarti, 2008).

Buah alpukat memiliki biji yang berkepng dua, sehingga termasuk dalam kelas Dicotyledoneae. Biji bulat misalnya bola, kepiting biji putih kemerahan. Kepingan yang mudah terlihat jika kulit bijinya dilepas atau dikuliti. Kulit biji pada umumnya mudah lepas dari bijinya. Di saat buah tersebut masih muda, kulit biji tersebut menempel, pada daging buahnya.

Bila buah telah tua, bijinya akan terlepas dengan sendirinya. Biasanya sifat ini dijadikan sebagai penanda kematangan buah. Buah alpukat yang berbentuk memanjang memiliki biji yang lebih panjang dibandingkan dengan biji yang terdapat di dalam buah yang bentuknya bulat. Sehingga, semua biji alpukat memiliki kesamaan, yaitu bagian bawahnya agak rata dan kemudian membulat atau melonjong (Indriani dan Suminarsih, 1997).

Alpukat (Persea americana Mill) dapat tumbuh di kebun dan pekarangan pada lapisan tanah yang gembur dan subu serta tidak digenangi air. Tumbuh daerah tropik dan subtropik dengan curah hujan dari 1.800 -4.500 mm tiap tahun. Umumnya tumbuhan yang cocok dengan iklim sejuk dan basah. Tumbuhan yang tidak tahan dengan suhu rendah maupun tinggi. Di Indonesia tumbuh di ketinggian tempat antara 1-1000 m di permukaan laut (Depkes RI, 1978).

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Alpukat dengan penyebaran yang telah di informasikan diatas dan morfologi tumbuhan alpukat yang menjadikan buah alpukat ini bermanfaat dan berkhasiat, yang kami mengira mungkin belum membuktikan kuat mengenai khasiat dan manfaat buah alpukat itu sendiri. Sehingga pembuktian khasiat dan manfaat alpukat dapat ditinjau pada kandungan gizi alpukat atau nutrisi gizi alpukat dalam membuktikan manfaat dan khasiat alpukat yang bermanfaat dalam pengobatan penyakit, dan bermanfaat pada kecantikan kulit dan rambut. Alpukat berkhasiat dan bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan mempercantik kulit dan rambut dapat terjadi karena salah satunya dari kandungan gizi alpukat dalam takaran 100 gram adalah sebagai berikut.

Tabel Kandungan Gizi Alpukat

Manfaat Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menjaga dan Menambah Daya Tahan Tubuh. 
Kandungan Kalium, Quersetin, Polifenol dan masih banyak lagi senyawa-senyawa yang terdapat dalam buah alpukat yang bermanfaat dalam menjaga dan menambah daya tahan tubuh.

2. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menormalkan Kadar Kolesterol (Kolesterol Jahat, LDL). 
Alpukat dapat bermanfaat dan berkhasiat dalam menurunkan kolesterol dengan menormalkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dari kandungan senyawa dari buah alpukat yaitu Beta-sitosterol merupakan senyawa fitokimia dan tidak hanya bermanfaat menurunkan kolesterol, juga bermanfaat dalam menormalkan trigliserida, dan total lemak darah.

3. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menjaga Kesehatan Tulang. 
Buah alpukat juga bermanfaat dan berkhasiat dalam menjaga kesehatan tulang dari kandungan senyawa magnesium yang terdapat dalam buah apukat.

 4. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah dan Mengatasi Serangan Jantung.
Kandungan Glutation dan Omega-9 dari buah alpukat berkhasiat dan bermanfaat yang mana kandungan ini adalah senyawa antioksidan yang dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

5. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Meredakan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). 
Kandungan Omega-9, Kalium. Kandungan tersebut berkhasiat dan bermanfaat dalam meredakan tekakan darah tinggi.

6. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Obat Diabetes.
Buah alpukat memiliki khasiat dan manfaat yang dapat menjadi obat alami anda dalam mengobati diabetes dan juga mengenakan dalam mengkonsumsinya, karena kandungan Quersetin yang sifatnya antioksidan.

7. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Obat Kanker Mulut dan Tenggorokan.
Kandungan Glutation, Quersetin, yang bermanfaat dalam mengatasi kanker mulut dan tenggorokan serta kandungan kalium yang melindungi sel-sel tubuh dari sernagan radikal bebas

8. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Alergi. 
Kandungan Quersetin yang bermanfaat dalam mengobati alergi yang peran dari senyawa tersebut adalah antioksidan dan antivitus.

9. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Meningkatkan Gairah Seksual.
Dengan mengkonsumsi setiap hari buah alpukat baik itu dikonsumsi secara mentah atau dengan dibuat jus, dapat bermanfaat meningkatkan gairah seksual.

10. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Sariawan. 
Buah alpukat bermanfaat dalam mengatasi sariawan dengan cara membuat rambuan obat sariawan dengan buah alpukat untuk mendapatkan khasiat dan manfaat alpukat yaitu masak daging buah alpukat yang telah diberi 2 sendok makan madu murni. Aduk rata lalu makan. Lakukan setiap dua hari sampai sembuh.

11. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Stroke.
Alpukat bermanfaat dan berkhasiat dalam mengatasi penyakit stroke karena kandungan lemak tak jenuh tunggal Oleat (Omega-9), kalium, dan Quersetin.

12. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Kanker Payudara. 
Kandungan asam oleat yang bermanfaat dalam mengatasi kanker payudara yang seperti halnya pada minyak olive.

13. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menyehatkan Mata. 
Kandungan vitamin A yang tinggi pada alpukat bermanfaat dan berkhasiat dalam menyehatkan mata.

14. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menangkal Radikal Bebas. 
Kandungan kalium dan polifenol yang berfungsi dalam menangkal radikal bebas dan tentu saja membuat tubuh kita tidak mudah terserang penyakit dan kita selalu sehat.

15. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menyembuhkan Batu Ginjal. 
Alpukat dapat bermanfaat dan berkhasait dalam mengatasi batu ginjal dengan memanfaatkan 7 lembar daun alpukat dan 110 ml air hingga tersisa 100 ml dengan merebusnya dan hasil rebusan tersebut diminum dua kali sehari.

16. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Kanker Prostat.
Buah alpukat dengan mengkonsumsinya setiap hari bermanfat dan berkhasiat dalam mengobati kanker prostat dan menjaga terjadinya berbagai macam kanker.

 17. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Cacat Lahir. 
Kandungan folat, vitamin yang dikenal dengan folic acid yang sangat penting dalam pencegahan cacat lahir misalnya kerusakan saraf dan spina bifida. Secangkir alpukat dapat menyediakan 23% nilai harian untuk folat.

18. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Bau Mulut. 
Sifatnya antivirus, antibakteri dan polifenol dan antioksidan bermanfat dalam mencegah dan mengobati bau mulut.

19. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Sakit Maag.

20. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Diet/Menurunkan Berat Badan. 
Alpukat berkhasiat dan bermanfaat dalam menurunkan berat badan dan biasanya dijadikan sebagai media diet dalam menjaga postur tubuh yang ideal. Manfaat alpukat untuk diet membuat kaget masyarakat indonesia karena tingginya lemak dan kalori bermanfaat dalam menurunkan berat badan, hal ini dapat terjadi karena kandungan gizi alpukat bahwa asam lemak tak jenuh tunggal baik dalam pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Dari energi pembakaran yang lambat membuat anda merasakan kenyang dan cocok mengurangi rasa lapar dan nafsu makan anda.

21. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Penyakit Radang Sendi dan Encok.
Sifatnya anti-inflamasi (anti peradangan), kandungan lemak tak jenuh tunggal, pitosterol, antioksidan misalnya vitamin E, dan C dan zat karotenoid bermanfaat dan berkhasiat dalam mengurangi peradangan yang mengarah pada penyakit arthritis.

22. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Depresi dan Stress. 
Kandungan potasium/kalium dan lemak nabati tak jenuh dalam buah alpukat bermanfaat dan berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

23. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Asam Urat. 
Ternyata buah alpukat dapat dijadikan sebagai ramuan dalam mengobati asam urat yang caranya sangat mudah, cukup dengan menyediakan 1 gading buah alpukat ukuran sedang dan susu tawar secukupnya. Buah alpukat dicuci bersih, dipotong menjadi bagian-bagian kecil dan kemudian blender, sambil menambahkan susu, hingga tercampur secara rata. Setelah itu, konsumsi jus alpukat ini minimal sehari sekali.

24. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah dan Mengobati Anemia. 
Kandungan zat besi dan tembaga dalam buah alpukat ternyata berkhasiat dan bermanfaat dalam membantu proses regenerasi darah merah dalam mencegah kekurangan darah atau anemia.

25. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mengobati Sakit Gigi Berlubang. 
Cara membuat ramuan herbal dengan alpukat, cukup dengan menggunakan potongan kecil biji alpukat yang dimasukkan ke dalam gigi berlubang yang sakit.

26. Khasiat dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Radang Gusi. 
Alpukat berkhasiat dan bermanfaat dalam mengatasi radang gusi dengan memanfaatkan daun alpukat dengan mengunyah beberapa lembar daun alpukat yang telah dicuci bersih.

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Kecantikan Kulit

Khasiat dan manfaat alpukat tidak hanya pada bagian dalam tubuh dan mengatasi penyakit dalam, namun khasiat dan manfaat alpukat juga mengatasi penyakit luar atau masalah-masalah kulit anda. Manfaat alpukat bagi kesehatan kecantikan kulit adalah sebagai berikut.

27. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Mencegah Penuaan Dini/Awet Muda. 
Kandungan antioksidan yang kaya dan berbagai vitamin-vitamin yang bermanfaat dalam mencegah gejala penuaan dini. Begitupun dengan adanya kandungan Glutathione yang terdapat dalam buah alpuka bermanfaatdalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dan mendorong saraf yang sehat.

28. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Menghilangkan Jerawat. 
Kandungan vitamin buah alpukat dan campuran madu bermanfaat dan berkhasiat dalam menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan alpukat adalah gunakanlah 1 buah alpukat dengan menggunakan daging buah dan haluskan dengan blender atau lumatkan. Tambahkan madu ke dalamnya aduk hingga rata dan berbentuk krim atau pasta. Sebelum dijadikan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun khusus muka. Lalu oleskanlah masker buah alpukat secara rata ke wajah, dan tunggu hingga 30 menit atau terasa kaku. Bilaslah dengan air hangat.

29. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Pelembab Kulit. 
Cara membuat ramuan alpukat yang berkhasiat dan bermanfaat dalam melembabkan kulit adalah gunakan kulit alpukat dan gosokkan secara lembut ke seluruh wajah. Biarkan selama 15 menit dan kemudian basuh dengan menggunakan air dngin. Kulit alpukat sebelumnya harus dicuci bersih.

30. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Membersihkan Kulit. 
Cara membuatnya dengan melumatkan  1/2 buah alpukat matang hingga halus. Campurkan dengan 1 butir telur dan 1/2 cangkir susu lalu aduk hingga merata. Campuran tersebut kemudian digunakan sebagai susu pembersih kemudian digunakan sebagai penyegar sesuai dengan jenis kulit.

31. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Melembutkan Tangan. 
Cara membuat ramuan alpukat yang berkhasiat dan bermanfaat dalam melembutkan tangan adalah dengan mencampur 1/4 buah alpukat, 1 butir telur putih, 1 sendpk makan perasan lemon dan 2 sendok makan oatmeal, kemudian diaduk secara merata dan benar-benar halus. Hasil adukan dioleskan pada telapak tangan hingga pergelangan tangan. kemudian diamkan hingga 20 menit. Telapak tangan hingga pergelangan tangan dibilas dengan air hangat.

32. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Masker Wajah Alpukat Bagi Kulit Kering. 
Cara membuat masker wajah untuk kulit kering menggunakan alpukat adalah tambahkan 1 sendok teh madu ke dalam buah alpukat yang dihaluskan. Campur rata. Oleskan ke wajah dan leher. Pijat secara perlahan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

 33. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Masker Wajah Bagi Kulit Normal dan Berminyak. 
Cara membuat masker wajah tersebut adalah dengan menambahkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam buah alpukat yang dihaluskan. Campur rata. Oleskan ke wajah dan leher. Pijat secara perlahan. Diamkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Tidak hanya bagian dalam dan bagian luar yaitu kecantikan kulit, khasiat atau manfaat alpukat juga terdapat pada rambut. Manfaat alpukat untuk kesehatan kecantikan rambut adalah sebagai berikut"

34. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Conditioner Rambut dan Pertumbuhan Rambut. 
Alpukat dapat dimanfaatkan dalam pembuatan conditioner rambut dan pertumbuhan rambut dengan cara menyediakan 1 buah alpukat, 1/2 sendok teh minyak zaitun dan 1 butir kuning telur. Haluskan di dalam mangkuk. Oleskan adonan tersebut pada rambut basah. Diamkan selama 20-30 menit. Pijatkan ke dalam kulit kepala. Bilas dengan air hangat dan cuci rambut dengan shampo biasa.

 35. Khasiat dan Manfaat Alpukat Untuk Creambath. 
Cara memanfaatkan alpukat dalam pembuatan ramuan creambath yang membantu untuk menghitamkan rambut, sehat dan berkilau adalah dengan menyediakan 1 buah alpukat matang, haluskan dengan blender dan bilas pada rambut langsung, biarkan hingga 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Buah alpukat yang kaya manfaat dan khasiat ini baik bagi dalam tubuh, luar tubuh kulit, dan rambut, juga bermanfaat dan berkhasiat bagi ibu hamil karena kulit bagi ibu hamil yang sensitif karena perubahan hormon yang membuatnya kering dan keribut, sehingga perlunya dilembabkan oleh khasiat dan manfaat  alpukat dengan membuat krim/masker seperti yang nampak diatas.

Kandungan gizi alpukat tidak diragukan lagi. Tidak hanya berkhasiat dan bermanfaat pada kulit juga bermanfaat dalam mencegah penyakit Spina Bifida pada janin yang dikandung. Spinia Bifida adalah keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Hal ini akan dihambat oleh kandungan alpukat yaitu Asam folat dalam buah alpukat.

Tentu saja kandungan gizi alpukat bermanfaat dan berkhasiat bagi calon buah hati agar terhindar dari cacat otak dan kerusakan sumsum tulang belakang dari kandungan asam folat tersebut.

Demikianlah ulasan lengkap tentang manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan lengkap dengan kandungan gizinya. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
manfaat alpukat bagi kesehatan, khasiat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan, kandungan gizi buah alpukat
35 Manfaat Khasiat Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan Serta Kandungan Gizinya Lengkap Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri