Inilah Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh yang Sangat Luar Biasa!

Inilah Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh yang Sangat Luar Biasa! - Update info loker terbaru kali ini Caratip.com akan mengulas tentang apa saja kandungan air kelapa, manfaat air kelapa bagi kesehatan dan kecantikan, khasiat air kelapa untuk wanita hamil. Air kelapa merupakan minuman yang populer bagi rakyat Indonesia, dengan dicampur sedikit kupasan kelapa, menambah rasa minuman tersebut dan telah lama dipercayai memiliki manfaat dan khasiat saat kita meminum air kelapa bagi tubuh manusia. Manfaat  air kelapa bagi tubuh manusia sangat banyak yaitu manfaat untuk mengobati penyakit, untuk meningkatkan kesehatan, untuk kecantikan kulit, dan kecantikan rambut. Namun, tanpa bukti ilmiah atau uji klinis akan manfaat air kelapa tersebut.

manfaat air kelapa bagi kesehatan

Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini, semua yang diyakini orang dahulu dapat dibuktikan secara ilmiah atau uji klinis dengan mengkaji kandungan-kandungan manfaat air kelapa. Salah satu bukti bahwa air kelapa memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh adalah banyaknya produk-produk hasil olahan dari air kelapa atau dari bagian-bagian kelapa sendiri.

Kandungan Air Kelapa Muda, Hijau dan Tua

1. Air kelapa hijau yang masih dalam tempurung keras dan sabot kelapa tebal, menyebabkan air kelapa merupakan minuman sterl, bebas dari bentuk kontaminasi (fisik, kimia dan mikrobiologi). Buah kelapa yang tua mengandung kalori tinggi sebesar 359 kal per 100 gram; daging kelapa setengah tua kalori 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram.

2. Air kelapa umumnya kaya gizi, air kelapa mengnadung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Unsur makro dan mikro yang ada dalam air kelapa seperti unsur makro adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana misalnya fruktosa, inositol, sukrosa, dan lain-lain. Unsur nitrogen yang berupa proten, tersusun dari asam amino misalnya alin, alanin, serin, arginin dan sistin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

3. Air kelapa mengandung mineral yang sebagai unsur mikro bagi tubuh. Mineral yang terdapat dalam air kelapa adalah magnesium (Mg), fosfor (P), Kahum (K),  kalsium (Ca), Sulfur (S), natirum (Na), cuprum (Cu).

4. Jika lebih diteliti, ternyata air kelapa juga mengandung vitamin C, asam nikotinat, asam folat, riboflavin, asam nikotinat, dan pantotenat.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan & Kecantikan Tubuh

Sesuai dengan kandungan diatas sebagai pembuktian bahwa air kelapa memiliki manfaat dan khasiat bagi tubuh anda yang sebagian dari kita hanya tahu bahwa air kelapa yah memiliki manfaat, namun apa sajakah manfaat air kelapa bagi tubuh kita ?...Manfaat air kelapa itu mulai dari pengobatan penyakit, menjaga kesehatan, untuk rambut, untuk kulit dan untuk ibu hamil yang semua manfaat air kelapa tersebut dapat anda lihat dibawah ini:

1. Manfaat Air Kelapa Sebagai Penetral Racun. 
Air kelapa muda memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat terhadap berbagai penyakit. Manfaat air kelapa yang dapat menjaga kesehatan anda yang paling utama adalah menetralkan racun dalam tubuh. Cara mendapatkan manfaat air kelapa dalam menetralkan racun adalah menyediakan 1 butir kelapa hijau yang kepalanya dilubangi ujungnya, lalu gunakan sedotan untuk meminum air kelapa tersebut.

2. Manfaat Air Kelapa Sebagai Makanan Bergizi Bagi Anak. 
Air kelapa juga bermanfaat dan berkhasiat bagi ana-anak jika air kelapa muda dicampurkan dengan susu. Cara membuat ramuan tersebut sangatlah mudah, dengan membuat susu yang diseduh terlebih dahulu, lalu gunakan air panas sedikit kemudian campurkan dengan air kelapa hijau sebagai air pengencer susu tersebut.

3. Manfaat Air Kelapa Menyembuhkan Demam Berdarah. 
Ternyata air kelapa dapat menyembuhkan demam berdarah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis yang dilakukan secara teratur untuk manfaat air kelapa penyembuhan demam berdarah maksimal, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh anda dalam melawan virus dengeu dalam darah. Cara membuatnya adalah dengan menyediakan 1 butir buah kelapa dan 1 butir jeruk nipis, yang buah kelapa dilubangi ujungnya, jeruk nipis diperas untuk dimasukkan ke dalam buah kelapa dan diaduk hingga merata, lalu minum sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore.

4. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengobati Disentri. 
Penderita disentri umumnya merasa penat di kaki, demam tinggi, tinja berlendir dan bercampur darah, urine berwarna gelap dan sering buang air. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan manfaat air kelapa hijau dengan meminum seperti biasa, hingga urine sudah normal.

5. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengobati Kencing Batu. 
Cara mengobati kencing batu dengan manfaat air kelapa adalah menyediakan 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telur ayam kampung mentah, dengan melubangi ujung kelapa lalu pecahkan telur ayam mentah yang kulit ayam tersebut dibuang, lalu isi ayam mentah dimasukkan ke dalam buah kelapa, kemudian diaduk hingga merata dengan sendok dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

6. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengatasi Influenza. 
Bahan 1/4  butir buah kelapa dan 1 rimpang kencur yang sebesar ibu jari, kemudian buah kelapa dan kencur diparut, lalu dicampurkan secara merata dengan sedikit tambahan segelas  air masak dan air perasan kedua bahan tersebut diminum 1 kali sehari

7. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengobati Sakit Panas Dalam. 
Bahan yang disediakan adalah 1 butir buah kelapa hijau dan 1 butir telor ayam kampung mentah yang ujung buah kelapa dilubangi ujungnya dan isi dari telur tersebut dimasukkan ke dalam buah kelapa yang dilubangi, lalu diminum setiap siang hari.

8. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengatasi Sakit Gigi Berlubang. 
Bahan yang disediakan dalam mendapatkan manfaat air kelapa untuk mengobati sakit gigi berlubang adalah tempurung (batok) yang dibakar hingga keluar minyak dipinggir api yang diambil dengan kapas dengan cara digulung sebesar lubang gigi yang kemudian dimasukkan ke dalam lubang gigi yang sakit.

9. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengobati Rasa Panas Dari Luka Bakar. 
Bahan yang ada sediakan adalah sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih yang dicampur dengan air kelapa, lalu oleskan pada bagian tubuh anda yang terkena luka bakar. Rasa panas dari luka bakar anda dapat teratasi dengan cepat.

10. Manfaat Air Kelapa Untuk Membuat Suara Merdu. 
Air kelapa hijau (ijo) dapat membuat suara anda menjadi merdu dengan menuangkan kedalam gelas yang diembunkan semalam. Minum air tersebut selama satu malam. Dalam mengembunkan air kepala pilihlah tempat yang jauh dari serangka, semut atau binatang lainnya.

11. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengatasi Demam Cikungunya. 
Pengobatan demam cikungunya menggunakan air kelapa sebenarnya ditemukan dua dokter dari India. Indonesia dikategorikan sebagai kejadian luar biasa yang sering terjadi. Pembuatan obat demam cikungunya sama halnya mengatasi demam berdarah yang air kelapa hijau atau air kelapa ijo dicampur dengan air perasan jeruk nipis secara teratur.

12. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengusir Cacing Kremi. 
Dalam pembuatan obat cacing kremi sangatlah mudah yakni dengan menyediakan 1/4 butir buah kelapa dan 1 buah wortel yang masing-masing diparut dan kedua bahan dicampur, dan ditambahkan 1 gelas air, diperas dan disaring, kemudian diminum malam hari saat menjelang tidur.

13. Manfaat Air Kelapa Untuk Meningkatkan Gairah Seksual atau Vitalitas Pria. 
Cara membuat ramuan tersebut adalah air kelapa dicampurkan dengan sedikit madu, lalu diminum. Ramuan ini dapat merangsang pusat-pusat seksual tubuh.

14. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengobati Sakit Panas. 
Cara pembuatan obat sakit panas dengan menggunakan manfaat air kelapa sangatlah mudah, cukup dengan menyediakan 1 gelas air kelapa muda dan 1 sendok madu, yang dicampur dan diaduk hingga rata. Cara menggunakan untuk orang dewasa adalah 2 kali sehari, pagi dan sore sedangkan untuk balita 2 kali sehari dengan 1/2 cangkir teh.

15. Manfaat Air Kelapa Untuk Membersihkan Darah. 
Sifat air kelapa muda yang steril, efek isotonik sertai nilai pH yang mirip dengan plasma darah manusia, dalam kondisi darurat air kelapa digunakan sebagai cairan infus yang ditranfusikan langsung ke dalam tubuh. Darah manusia terdiri 55% plasma, karena minum air kelapa dikatakan sebagai transfusi darah instan. Faktanya, selama Perang Dunia II, air kelapa sering digunakan dalam terapi Intravena untuk mengobati tentara terluka dengan kondisi plasma darah rendah. Sehingga air kelapa berkhasiat dan bermanfaat dalam membersihkan darah.

16. Manfaat Air Kelapa Untuk Menurunkan Berat Badan. 
Air kelapa dapat menurunkan berat badan anda dan juga membuat perut anda ideal, tidak buncit lagi dengan meminum air kelapa disaat perut kosong, maka perut dan perasaan akan kenyang, yang tentu saja menunda rasa lapar anda.

17. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengontrol Diabetes. 
Dengan mengonsumsi air kelapa secara teratur dapat menngkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga dalam proses ini dapat melebarkan pembuluh darah yang mengecil akibat pembentukan plak dan mempercepat aliran darah yang tentu saja berimplkasi untuk mengurangi diabetes.

18. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengatasi Hipertensi ( Tekanan Darah Tinggi). 
Air kelapa dapat menyiembangkan elektrolit dalam tubuh, yang sebagaimana diketahu ketidakseimbangan elektrolit dapat mengakitbatkan tekanan darah tinggi.

19. Manfaat Air Kelapa Sebagai Antioksidan. 
Kandungan riboflavin dari air kelapa yang salah satu senyawa antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun dari penggunaan antibiotik dan obat sulfa dapat diatasi dengan mengonsumsi buah kelapa.

20. Manfaat Air Kelapa SebagaiObat Mencret. 
Air kelapa memiliki manfaat menambah cairan dan mineral yang tentu saja berkhasiat sebagai oralit atau obat mencret.

21. Manfaat Air Kelapa Untuk Menjaga Kesehatan Kardiovaskular. 
Dari hasil penelitian, membuktikan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi memiliki kadar kalium rendah, lalu hubungannya dengan air kelapa ?..Manfaat minum air kelapa secara teratur dapat mengatur tekanan darah karena kandungan yang tinggi air kelapa akan kalium dan asam laurat serta dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik yang baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit jantung.

22. Manfaat Air Kelapa UntukMenambah Nafsu Makan. 
Kandungan daging buah kelapa yang tinggi dapat dimanfaatkan sebagai obat kurang gizi dengan cara menambah nafsu makan anda.

23. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengatasi Sakit Kepala. 
Umumnya sakit kepala dipicu oleh dehidrasi, anda dapat memanfaatkan air kelapa muda yang selalu dterangkan diatas menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Tidak hanya dehidrasi juga disebabkan kekurangan magnesium, kandungan magnesium air kelapa dapat membantu mengurangi frekuensi serangan migrain.

24. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengatasi Brokhitis Kronis. 
Dengan mengonsumsi setiap hari, manfaat air kelapa dapat menyembuhkan bronkhitis kronis dan tidak hanya itu, air kelapa juga berkhasiat mengatasi sembelit, dan wasir.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan & Kecantikan Kulit

1. Manfaat Air Kelapa Untuk Mencegah Kerutan Wajah. 
Kerutan wajah membuat kita terlihat tampak tua, namun anda tak usah khawatir dengan biaya yang mahal dalam menghilangkan atau perawatan wajah anda, karena air kelapa dapat anda gunakan dalam menghilangkan kerutan wajah dengan membasuh wajah menggunakan air kelapa yang dilakukan secara rutin, agar manfaat air kelapa dalam mencegah dan menghilangkan kerutan wajah dapat anda dapatkan secara maksimal.

2. Manfaat Air Kelapa Untuk Mengobati Gatal dan Eksim. 
Untuk mengatasinya, bahan yang perlu anda sediakan adalah satu genggam beras kemudian rendam dalam air kelapa muda yang masih berada dalam tempurung selama 5-7 jam sampai beras terasa asam. Cara membuatnya adalah menggiling hingga bubur halus (tepung). Cara menggunakannya adalah oleskan pada bagian tubuh anda yang gatal, eksim, luka atau telapak kaki pecah. Lakukan secara rutin, setiap hari selama 3-4 hari.

3. Manfaat Air Kelapa Untuk Mencegah Penuaan. 
Menurut Dr. Bruce Fife, ahli gizi dan naturopati yang juga Direktur Coconut Research Center, Amerika, bahwa air kelapa mengandung cytokinin, hormon pertumbuhan yang meremajakan kembal sel dan mencegah proses penuaan. Maka dari itu dengan mencuci muka dengan air kelapa secara teratur setiap hari dapat membuat anda tetap awet muda dah mencegah penuaan dini.

4. Manfaat Air Kelapa Untuk Mencegah dan Menghilangkan Jerawat. 
Air kelapa dapat menghilangkan mencegah dan menghilangkan masalah jerawat anda, dengan menuangkan segelas air kelapa dalam wadah yang berisi parutan tiga ruas kunyit. Biarkan semalam dalam lemari es. Bubuhkan 3 sendok bubuk cendana ke dalam kelapa. Simpan selama 3 hari, kemudian saring ramuan dengan kan kasa. Oleskan sari larutan tersebut pada wajah yang berjerawat dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan & Kecantikan Rambut

Kesehatan dan kecantikan rambut juga tidak ketinggalan dalam rangkuman manfaat air kelapa. Air kelapa juga memiliki khasiat untuk rambut dengan cara-cara tertentu dan ramuan tertentu dalam mengatasi masalah-masalah rambut. Manfaat air kelapa untuk kesehatan & kecantikan rambut adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut: Mencegah Uban. 
Dengan menyediakan 1/2 butir buah kelapa tua, air buah kelapa itu sendiri dengan buah kelapa diparut dan diperas dengan air kelapa itu sendiri, kemudian santan dari hasil perasan tersebut diberi garam secukupnya dan diaduk hingga rata, hingga selanjutnya diembunkan semalam diluar rumah. Cara menggunakannya adalah sebagian dari santan dipergunakan untuk mengurut bagian yang beruban dan dibiarkan 10-15 menit, sebagian santan lagi dipergunakan untuk keramas secara teratur 3 hari sekali.

2. Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut: Mencegah dan Mengatasi Ketombe. 
Anda tidak perlu lagi menggunakan biaya mahal dalam mengatasi masalah rambut anda, salah satunya adalah ketombe. Dengan 1/2 butir buah kelapa tua dan 1/4 buah nanas, 1 butir jeruk nipis, 1 1/2 ge;as air kelapa itu sendiri. Cara membuatnya adalah buah kelapa dan nenas diparut untuk diambil airnya, kemudian semua bahan dicampur hingga merata dan disaring. Ramuan tersebut dipakai keramas 5 hari sekali.

3. Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut: Rambut Lebih Bercahaya. 
Kandungan Vitamin B yang kaya membantu memperbaiki jaringan rambut usang yang sangat mudah dengan mengonsumsi langsung secara teratur, maka manfaat air kelapa dapat anda dapatkan dengan mudah.

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil 

Setelah manfaat air kelapa untuk pengobatan dan peningkatan kesehatan, manfaat air kelapa untuk kulit, wajah dan manfaat air kelapa untuk ramput, selanjutnya adalah manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil, tentu saja sering mendengar cerita masyarakat secara turun temurun bahwa air kelapa muda sangat penting dikonsumsi ibu hamil. Air kelapa membuat kulit bayi bersih, mata bayi bersih, rambut bayi lebat, bahkan air ketuban pun akan bersih. Apakah ini mitos Bukan. Sebab, penelitian membuktikan bahwa air kelapa memang memiliki manfaat untuk ibu hamil karena bukti dari zat gizi dan nutrisi alami yang terkandung dalam air kelapa bermanfaat bagi tubuh. Manfaat air kepala untuk ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Terhindar Dari Dehidrasi Ibu. 
Elektrolit alami air kelapa muda yang kaya dengan kandungan seperti klorida, kalsium, magnesium, ribolavin, protasium dan sodium yang bermanfaat untuk redhidrasi dan memulihkan stamina tubuh.

2. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Anti Penyakit. 
Sifat anti penyakit dari manfaat air kelapa tentu saja sangat penting karena daya tahan pada saat ibu hamil akan berkurang, maka dari itu perlunya anda mengonsumsi air kelapa muda yang mengandung asam lauric, dengan fungsi sebagai penawar racun dan  anti penyakit. Asam lauric adalah zat yang terdapat dalam air susu ibu serta memiliki karakter anti jamur, anti bakteri dan anti virus.

3. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Membantu Pencernaan. 
Saat masa kehamilan plasenta memproduksi hormon progesteron yang dapat memperlambat kontraksi otot lambung sehingga perlunya meningkatkan sistem pencernaan dan memperbaiki fungsinya dengan mengonsumsi air kelapa.

4. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Melancarkan Saluran Kemih. 
Air kelapa baik dalam membersihkan saluran kandung kemih dan melancarkan air sen yang akan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Infeksi saluran kemih adalah hal yang sangat dikhawatirkan saat masa kehamilan.

5. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Mengatasi Heartburn Pada Ibu Hamil. 
Dada atau kepala akan terasa panas seperti terbakar, hal ini adalah keluhan heratburn. Heartburn sangat mengganggu kesehatan ibu Hamil, namun dengan mengonsumsi air kelapa keluhan heartburn dapat teratasi.

6. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Membantu Mengurangi Morning Sickness. 
Air kelapa sangat dipercaya memiliki manfaat sebagai anti muntah (antidote). Dengan mengurangi keluhan pusing, mual dan muntah akibat morning sickness yang dapat diatasi dengan air kelapa.

7. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Mencegah Kram Kaki. 
Keluhan kram kaki sering terjadi pada ibu hamil karena tubuh kekurangan kalium. Air kelapa pada 1 buah kelapa (330 ml) mengandung 670 mg, sementara tubuh membutuhkan sekitar 4700 mg saat hamil dan 3000 mg secara umum dan penelitian di nggris bahwa kebutuhan kalium minmal 1600 mg. Jika anda mengonsumsi 3 jenis buah ataupun lauk selama 3 hari yang kaya akan kalium, maka anda tidak perlu membutuhkan suplemen, cukup dengan air kelapa dan buah-buahan lainnya.

8. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil: Mengobati Kolera. 
Dari penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat dimanfaatkan untuk mengobati kolera dengan mencampur 1-2 sendok teh air jeruk nipis atau garam sangat membantu penderita kolera. Tidak hanya keseimbangan elektrolit tetapi berkhasiat mengurangi asidosis dalam tubuh.

Kenali Jenis-Jenis Kelapa

Kesegaran air dan daging yang dapat dikonsumsi langsung membuat kelapa muda sangat populer dan juga dapat diolah dengan banyak produk. Perlu anda ketahui bahwa kelapa muda memiliki jenis-jenis yang dapat anda temuka dipasaran yaitu sebagai berikut:

1. Kelapa Muda.
Jenis yang sangat mudah ditemukan dengan kulit berwarna hijau kekuningan hingga kuning kecoklatan. Sedangkan sabutnya berwarna putih kecokelatan dengan serat yang kasar. Air segar dan agak manis.

2. Kelapa Hijau.
Kelapa muda mirip dengan kelapa muda biasanya yang membedakan adalah jika dikupas dan dibelah, sabutnya berwarna merah muda keputihan dan seratnya lebih halus dibandingkan dengan kelapa muda biasanya. Rasa airnya yang sedikit pahit, yang tidak seperti kelapa muda biasa yang segar dan manis walaupun tidak dicampur dengan gula.

3. Kelapa Muda Thai. 
Kelapa yang biasa dipasarkan dengan bentuk telah terkelupas kulit luarnya (masa ada sabutnya) dan dikemas dengan menggunakan plastik pembungkus kedap. Ukuran sedang dengan sabut warna putih halus. Airnya harum dan rasa manis dan daging lembut dan manis.

4. Kelapa Bangkok. 
Ukuran kecil, tempurung tipis dan dijual sudah dikupas sabuknya. Rasa air segar, manis dan terasa seperti minyak kelapa di akhir rasanya. 

Demikianlah ulasan lengkap tentang manfaat air kelapa bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita termasuk juga manfaat khasiat air kelapa untuk wanita hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda semua.

Tags:
kandungan air kelapa, manfaat air kelapa bagi kesehatan dan kecantikan, khasiat air kelapa untuk wanita hamil
Inilah Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh yang Sangat Luar Biasa! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri