32 Manfaat Khasiat Anggur Untuk Kesehatan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui!

32 Manfaat Khasiat Anggur Untuk Kesehatan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui! - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan memberikan informasi tentang manfaat anggur bagi kesehatan, khasiat anggur untuk kesehatan, manfaat anggur untuk pengobatan. Pohon anggur merupakan pohon yang mempunyai batang tegak yang memanjat. Untuk tumbuh dengan baik, dibutuhkan lokasi bertemperatur hangat. Bentuk daun anggur menjari. Anggur berkulit tipis transparan, warna kulitnya hijau muda kekuningan, merah, sampai hitam, tergantung varietas yang berjumlah sekitar 1.1000-an. Buahnya bulat sampai lonjong, berdaging dan mengandung banyak air, berbiji atau tanpa biji, rasanya asam hingga manis. Hasil olahannya berupa anggur merah (red wine).

manfaat anggur untuk kesehatan
manfaat anggur untuk kesehatan

Ada tiga sepsies yang populer yaitu North American grapes (Vitis labrusca dan vitis rotundifolia), European grape (Vitis vinifera), dan French hybrids. Beberapa varietas anggur merupakan sumber vitamin C, sementara lainnya tidak. Bagian-bagian yang biasa dikonsumsi anggur, adalah buah yang masak, daun dan tangkai yang memiliki khasiat dan manfaat sebagai pengobatan dan kesehatan tubuh anda.

Kandungan Nutrisi dan Zat Berkhasiat Buah Anggur

Sesuai dengan teman diatas, mengapa anggur bermanfaat dan berkhasiat dalam pengobatan dan kesehatan tubuh, dapat kita ketahui dalam menyelusuri kandungan nutrisi dan zat berkhasiat dalam buah anggur yaitu sebagai berikut..

Buah anggur mengandung antosianin resveratrol (polyphenols golongan stilbenoid), proanthocyanidins, tartaric acic, mallic acid, pektin, mineral (mangan), tanin, vitamin (A, B1, B6,B12, C), flavone glikosida dan gula buah. Semakin gelap warna kulit buah anggur, semakin tinggi kandungan flavonoidnya.

Setiap 80g (18 buah anggur) tipe European atau setara 1/2 cangkir menyediakan 57 kalori, 71% air, 1 g protein, 14 g karbohidrat, 1 g serat, 9 mg kalsium, 148 mg kalium, 5 mg magnesium, 10 mg fosfor, 6 IU vitamin A, 9 mg vitamin C, 0,9 mg B1, 0,1 mg vitamin B6, 3 micrg folat, dan 15,5 g gula alami (glukosa dan fruktosa).

Antosianin adalah pigmen pada warna buah anggur yang berkhasiat sebagai antiradang dan antioksidan kuat, memperbaiki keadaan atherosklerois dan mengobati rapuhnya pembuluh darah kapiler. Proanthocyanidins berkhasiat dan bermanfaat sebagai antoksidan dan astrigen yang terdapat dalam ekstrak biji anggur tahun 1970.

Pertengahan tahun 1990 terdapat senyawa yaitu resveratrol dalam ekstrak kulit buah anggur merah. Senyawa tersebut ditemukan 70 spesies tanaman mulberry dan kacang tanah. Namun yang tertinggi adalah anggur merah. Senyawa tersebut bermanfaat sebagai antioksidan, mengurangi pembentukan plak dalam pembuluh darah arteri (antirombotik), dan mengurangi risiko terjadinya atherosklerosis, dengan demikian manfaat dan khasiat anggur dapat menjadi pencegahan dan obat penyakit jantung koroner. 

Sedangkan pada biji anggur mengandung lemak tidak jenuh ganda yang memiliki kandungan flavonoid tinggi berupa procyanolic oligomers untuk pengobatan varises dan gangguan vena termasuk memperbaiki atherosklerosis.

Manfaat dan Khasiat Buah Anggur

Beberapa kandungan buah yang anggur diatas, tentu anda telah mengetahui beberapa manfaat dan khasiat buah anggur berdasarkan kandungan tersebut dan sebagian telah pula dipaparkan senyawa yang memiliki khasiat bagi tubuh. Manfaat dan khasiat buah anggur selengkapnya dapat anda lihat dibawah ini....

Buah anggur rasanya asam, sejuk, dan astringen. Anggur mengandung cukup zat gizi dan berkhasiat sebagai pencahar ringan, pembersih racun (detoksikan), peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan, melancarkan aliran darah, antioksidan, antikanker, dan memperkuat tubuh untuk melawan penyakit terutama pada gangguan saluran cerna dan fungsi hati yang buruk.

Buah anggur yang dikeringkan (kismis, sultana) yang berkhasiat sebagai peluruh dahak ringan (mildly expectorant) dan emollient yang akan meringankan batuk. Cuka anggur berkhasiat astringen (mengerutkan dan mengencangkan jaringan) dan menyejukkan kulit.

Daun anggur khususnya yang berwarna merah memiliki khasiat dan manfaat astringen dan antiradang. Sedangkan daun anggur merah dan buahnya itu sendiri memiliki manfaat dan khasiat pengobatan varises, wasir (hemoroid), kolesterol tinggi, badan lemah, keringan malam, radang hati (hepatitis), kaki bengkak, bercak kemerahan pada kulit, tekanan dasrah tinggi, rapuhnya pembuluh darah halus, gangguan berkemih, dan sindrom menopause.

Daun anggur yang telah diseduh dengan air panas digunakan untuk dimanfatkan sebagai pengobatan diaere, perdarahan rahim, bisul, bengkak, keluarnya darah haid yang banyak, kencing sakit, dan peradarahan rahim,. Air seduhan daun anggur memiliki khasiat antiradang yang digunakan untuk berkumur dan menyembuhkan sariawan, sakit tenggorokan, radang mata, mengatasi keputihan, dan radang gusi.

Sedangkan untuk ranting anggur itu sendiri bermanfaat dan berkhasiat dalam peluruh kecing (diuretik). Lalu untuk air perasan ranting anggur ditumbuk memiliki manfaat dan khasiat dalam mencuci mata.

Cara Pemakaian Anggur

Buah anggur dalam mendapatkan manfaat dan khasiat, cukup dengan langsung dimakan dalam buah meja, dijus, dibikin salad, atau diproses menjadi buah kering (kismis), cuka, selai, jelly, dan red wine.

Manfaat Anggur Untuk Pengobatan dan Kesehatan Tubuh Anda.

1. Mempertahankan kadar kenormalan eksterogen dalam perempuan yang mengalami monopause
2. Melancarkan pencernaan
3. Mengatasi keracunan
4. Mengatasi radang usus kecil
5. Sebagai antivirus
6. Sebagai antikanker
7. Mengatasi anemia
9. Mengatasi gangguan liver
10. Memperlambat terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis)
11. Menurunkan kadar kolesterol
12. Meningkatkan produksi air susu ibu (ASI)
13. Mengatasi penyakit pada lambung (maag)
14. Mengatasi radang persendian
15. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
16. Mengatasi gangguan ginjal dan saluran kemih
17. Mengatasi bisul (ulker) perut
18. Menghasilkan energi karena memiliki kadar gula yang tinggi sehingga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes militus
19. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
20. Mengatasi Stres
21. Mengatasi Sariawan
22. Mengatasi Sakit Tenggorokan
23. Mengatasi Keputihan
24. Mengatasi Insomnia
25. Menyembuhkan Luka
26. Menyehatkan otak
27. Membersihkan hati
28. Untuk Obat Polio
29. Herpes simpleks tipe I
30. Membantu pengeluaran empedu
31. Untuk Obat Ambeien
32. Mengatasi Sembelit

Tips Memanfaatkan Anggur

1. Pilih buah anggur yang telah benar-benar masak saat akan dibuat infused water
2. Gunakan daging buah anggur beserta kulitnya sebagai bahan infused water.

Cara Menggunakan Anggur Untuk Pengobatan

Cuci bersih anggur, lalu belah dua bagian. Masukkan ke dalam 100 gram anggur dan 500 ml air matang ke dalam gelas atau toples tertutup. Diamkan selama 4-5 jam dalam kulkas. sajikan.

Perhatian:
Dari banyaknya manfaat dan khasiat buah anggur, ternyata terdapat salah satu varietas anggur yang menandung oksalat yang tinggi yakni anggur concord yang perlu anda hindari karena dapat menyebabkan batu ginjal kalsium oksalat.

Demikianlah informasi tentang manfaat anggur bagi kesehatan, khasiat buah anggur untuk pengobatan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi diatas nermanfaat untuk Anda.

Tags:
manfaat anggur bagi kesehatan, khasiat anggur untuk kesehatan, manfaat anggur untuk pengobatan
32 Manfaat Khasiat Anggur Untuk Kesehatan dan Pengobatan yang Perlu Diketahui! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri