Pengertian Arti Root Android, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Caranya Lengkap

Pengertian Arti Fungsi Root Android dan Fungsinya Lengkap - Mungkin Anda pernah mendengar istilah Root Android. Sebenarnya apa itu root android, apa arti pengertian root android, apa fungsi root android, apa kelebihan root android, apa keuntungan root android, apa resiko dan kerugian root android dan bagaimana cara root android ?. Kali ini admin akan mengulas tuntas tentang root android ini. Untuk itu simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Root Android

Apa arti root android ?. Pengertian root android adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna hp) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.

Fungsi Root Android

Setelah tahu apa pengertian root android, lalu sebenarnya apa fungsi root android ?. Fungsi root Android adalah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Kelebihan dan Keuntungan Root Android

Berikut ini beberapa kegunaan hp android di root, kelebihan dan keuntungan root android:

1. Akses yang tak terbatas terhadap system Android
2. Instalasi aplikasi di memory card dan install aplikasi yang butuh root pastinya
3. Un-install aplikasi-aplikasi bawaan vendor
4. Backup App+System
5. Instalasi ROM custom
6. Akses terhadap file-file sistem Android secara penuh
7. Overclock processor yang secara keseluruhan meningkatkan performa
(tapi membuat konsumsi baterai jadi lebih boros).

Selain itu keuntungan root android yang lainnya adalah sebagai berikut:

1. Kustom ROM
Bagi yang bosan dengan model User Infecare dari android bawaan ponsel maka kamu bisa merubah tampilanya dengan ROM lainya yang lebih menarik dan keren. Seperti pada Samsung Galaxy yang ingin memiliki tampilan seperti MIUI maka sebelumnya ponsel tersebut harus di root. Ada banyak ROM android yang menarik dan keren untuk mengubah tampilan hp adroid anda seperti MIUI, CyanogenMod, Paranoid ROM dan masih banyak lagi.

2. Menkostumisasi tampilan
Selain melakukan kustom ROM anda bisa merubah tampilan yang lebih menarik dengan mengedit ROM yang ada. Setelah melakukan rooting anda bisa leluasa untuk mengubah tampilan ROM seperti tombol navigasi, lockscreen, status bar dan lain sebagainya.

3. Meningkatkan kinerja android
Selain mengubah tampilan salah satu tujuan melakukan rooting adalah untuk meningkatkan kinerja hp android mereka. Dengan melakukan rooting maka beberapa penghambat kecepatan pada ponsel android bisa di atas seperti menghapus aplikasi bawaan dan mengoptimalkan kinerja prosessor dengan beberapa bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Speed Up Swap, Set CPU, GL Tools dan lainya.

4. Menghemat baterai
Tidak sedikit dari pengguna ponsel android yang merasakan kalau ponsel mereka boros karena memang banyak aplikasi yang berjalan. Beberapa aplikasi terbukti mampu untuk mengemat baterai namun untuk menggunakanya hp android anda sudah harus di root. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Greenify, Wakelock, BetterBatteryStats dan lain sebagainya.

5. Menginstal beberapa aplikasi
Beberapa aplikasi di android seringkali untuk menggunakanya harus melakukan rooting terlebih dahulu seperti aplikasi IFont. Dimana aplikasi tersebut yang berfungsi untuk mengubah font hanya bisa bekerja ketika ponsel android anda sudah di root. Sehingga jika anda menemukan aplikasi yang bermanfaat dan membutuhkan root maka anda bisa melakukan rooting.

Resiko, Kekurangan dan Kerugian Root Android

Selain ada kelebihan root android, ada juga kekurangan dan kerugian root android yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Kehilangan Garansi
Salah satu kerugian yang ditakutkan adalah kehilangan garansi. Dengan melakukan rooting maka jika suatu saat ponsel anda mengalami kerusakan hardware anda tidak akan mendapatkan garansi. Selain itu di beberapa negara melakukan rooting ponsel android di anggap illegal.

2. Prosesnya yang tidak mudah
Melakukan root pada hp android maka selain bebarapa resiko kerugian yang anda dapat, proses untuk melakukanya juga tidak mudah. Beberapa aplikasi telah menawarkan proses root yang mudah namun tetap saja bagi orang awam proses tersebut terasa sulit karena harus menghubungkan ke PC, flashing file dan sebagainya.

3. Resiko Keamanan
Ketika ponsel android sudah di root maka sistem keamanan dari android tidak bekerja dengan maksimal sehingga aplikasi berbahaya yang bisa merusak smartphone atau mencuri data anda bisa beroperasi dengan bebas. Meskipun beberapa aplikasi antivirus bisa kamu instal untuk mengatasi hal tersebut akan tetapi anda harus tetap berhati hati.

4. Hp android anda bisa mati
Tindakan root memiliki beberapa resiko seperti ponsel yang mati dan tidak bisa dipulihkan. Nah jika itu terjadi maka anda akan mengalami kerugian yang besar.

5. Tidak mendapatkan pembaharuan.
Bagi beberapa orang pembaharuan sebuah sistem android tidak penting padahal adanya pembaharuan merupakan jawaban dari beberapa bug yang ada serta meningkat kinerja. Pembaharuan sistem ROM yang tidak di dapatkan tentu akan menjadi kerugian untuk anda.

6. Adanya Bug
Rooting hp android memang dapat meningkatkan kinerja ponsel akan tetapi bisa jadi ada bug sehingga aplikasi yang kamu jalankan error ataupun tidak berfungsi. Jika aplikasi penting terjadi bug tentu akan mengganggu kinerja dari ponsel dan sangat mengganggu.

Cara Root HP Android

Mungkin ada yang tanya bagaimana sebenarnya cara root hp android ?. Berikut ini tips cara root hp android tanpa komputer/PC/laptop dengan mudah:

1. Pertama download aplikasi untuk ROOT hp android dari hp langsung yang bernama “FramaRoot”. Anda bisa search di google playstore aplikasi ini.

2. Setelah proses download selesai, lakukan instalasi aplikasi framaroot tersebut dan buka aplikasi nya.

3. Pilih “Install SuperUser”


4. Pilih “Aragorn/ Gandalf” seperti gambar diatas.

5. Setelah itu silahkan anda tunggu proses Root sampai selesai. Perlu anda perhatikan disini mungkin akan memakan waktu beberapa menit sampai muncul pemberitahuan seperti dibawah ini :

6. Setelah itu silahkan langsung saja anda restart HP anda.

7. Dan FINISH! selamat menikmati smartphone android anda yang sudah berhasil anda Root!

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian root android, kelebihan root android, keuntungan root android, resiko dan kerugian root hp android, serta cara root hp android dengan mudah. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
arti root android, pengertian root android, kelebihan root android, keuntungan root hp android, kekurangan root android, manfaat root android, resiko dan kerugian root android, cara root hp android tanpa pc, cara mudah root hp android
Pengertian Arti Root Android, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Caranya Lengkap Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri