Caratip.com

Kumpulan Artikel Menarik

Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya Lengkap

Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan mengulas tentang unsur-unsur manajemen dan penjelasannya lengkap. Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seorang manajer membutuhkan sarana manajemen yang disebut dengan unsur manajemen. Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Manullang tentang unsur manajemen tersebut, terdiri atas manusia, material, mesin, metode, money dan markets, setiap unsur-unsur tersebut memiliki penjelasan dan peranan bagi kita dalam memanajemen sesuatu agar mengetahui bahwa manajemen memiliki unsur-unsur perlunya kita memanfaatkan unsur-unsur manajemen tersebut. untuk mengetahui itu semua mari kita lihat penjelasan unsur-unsur manajemen seperti dibawah ini.

unsur manajemen

Unsur-Unsur Manajemen

1. Manusia ( Man )
Sarana penting atau sarana utama setiap manajer untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh individu-individu tersendiri atau manusianya. Berbagai kegaitan-kegiatan yang dapat diperbuat dallam mencapai tujuan seperti yang dapat ditinjau dari sudut pandang sepeprti sudut pandang proses, perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengendalian atau dapat pula kita tinjau dari sudut bidang, seperti penjualan, produksi, keuangan dan personalia. Bidang-bidang tersebut memerlukan sumber daya manusia.

2. Material ( Material )
Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusia menggunakan matrial atau bahan-bahan. Oleh karna itu, material dianggap pula sebagaialat atau sarana manajemen untuk mencapai tujuan.

3. Mesin ( Machine )
Dalam kemajuan teknologi, manusia bukan lagi sebagi pembantu mesin seperti pada masa lalu sebelum Revolusi Industri terjadi. Bahkan, sebaliknya mesin telah berubah kedudukannya menjadi pembantu manusia.

4. Metode ( Method )
Untuk melakukan kegiatan secara guna dan berhasil guna, manusia dihadapkan kepada berbagai alternatif metode cara menjalankan pekerjaan tersebut sehingga cara yang dilakukannya dapat menjadi sarana atau alat manajemen untuk mencapai tujuan.

5. Uang ( Money )
Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan sedimikian rupa agar tujuan yang diinginkan tercapai. Kegiatan atau ketidaklancaran proses manajemen sedikit banyak dipengruhi oleh pengelolaankeuangan.

6. Pasar ( Markets )
Bagi badan yang bergerak dibidang industri maka sarana manajemens penting lainnya seperti pasar-pasar atau market. Untuk mengetahu bahwa pasar bagi hasil produksi.jelas tujuan perusahaan industri tidak mustahil semua itu dapat dirai. sebagain dari masalah utama dalam perusahaan industri adalah minimal mempertahankan pasar yang sudah ada. Jika mungkin, mencari pasar baru untuk hasil produksinya. Oleh karena itu. markets merupakan salah satu sarana manajemen penting lainnya. baik bagi perusahaan industri maupun bagi semua badan yang bertujuan untuk mencari laba.

Demikianlah ulasan mengenai unsur-unsur manajemen dan penjelasannya lengkap. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga pengertian manajemen menurut para ahli.
Unsur-Unsur Manajemen dan Penjelasannya Lengkap Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri