Pengertian, Jenis/Macam dan Sifat-Sifat Gelombang Lengkap

Pengertian, Jenis-jenis dan Sifat-Sifat Gelombang Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan mengulas apa itu pengertian gelombang, jenis-jenis gelombang, sifat-sifat gelombang dan penjelasan lengkapnya. Gelombang selalu ada di kehidupan kita dikeseharian kita karna gelombang sangat membantu atau sangat berperan penting dalam keseharian kita bahkan dikehidupan kita. Dalam pemikiran kita gelombang pasti sudah diketahui ketika kita dilaut lantas mengatakn Gelombang air Laut, tetapi bukan hanya itu ada berbagai macam-macam gelombang yang terlihat dan tak terlihat, Gelombang juga memiliki pengertian Secara Ilmiah dan ada berbagai macam-macam gelombang. Dan berikut ini ulasan lengkap mengenai pengertian gelombang, macam gelombang dan sifat-sifat gelombang.

pengertian gelombang
pengertian gelombang

Pengertian Gelombang

Gelombang adalah getaran yang merambat disertai dengan perpindahan energi tanpa memindahkan medium perantaranya.

Macam/Jenis Gelombang

Berikut ini macam-macam gelombang dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita jumpai:

    1. Gelombang air laut.
    2. Gelombang bunyi
    3. Gelombang elektromagnetik
    4. Gelombang Slinky
    5. Gelombang Sinar
    6. Gelombang Radio
    7. Gelombang Angin
    8. Gelombang Tali
    9. Gelombang UV ( ultra violet)

Sifat-Sifat Gelombang

Gelombang merupakan bagian dari aktifitas kita sehari-hari. Sifat-sifat gelombang yakni Gelombang dapat mengalami pemantulan. Gelombang dapat mengalami pembiasan, gelombang dapat mengalami interferensi, gelombang dapat mengalami pelenturan, yang semuanya terdiri atas 4 sifat-sifat gelombang diseluruh sifat-sifat gelombang tersebut akan dijelaskan lebih rinci mengenai  keempat sifat-sifat gelombang tersebut dikarenakan dalam pemahanan tentang keempat sifat-sifat gelombang tersebut masih mengambang atau belum mengerti karena dalam keempat sifat-sifat gelombang tersebut belum jelas,Dan berikut ini sifat-sifat gelombang lengkap dengan penjelasannya.

1. Gelombang dapat mengalami pemantulan. 

Semua gelombang dapat dipantulkan jika terkena penghalang. Contohnya itu gelombang stasioner ditali Gelombang datang dapat dipantulkan oleh penghalang. Contoh lain kalian mungkin sering mendengar gema yaitu pantulan gelombang bunyi. Gema dapat terjadi di gedung-gedung atau saat berekreasi ke dekat tebing. Pemantulan gelombang akan tampak jelas jika diamati dengan menggunakan stroboskop.

2. Gelombang dapat mengalami pembiasan. 

Pembiasan dapat diartikan sebagai pembelokan gelombang yang melalui batas dua medium yang berbeda. Pada pembiasan akan terjadi perubahan cepat rambat, panjang gelombang, dan arah. Sedangkan frekuensinya tetap.

3. Gelombang dapat mengalami perpaduan (interferensi). 

lnterferensi adalah perpaduan dua gelombang atau Iebih. Jika dua gelombang dipadukan maka akan  terjadi dua kemungkinan yang khusus, yaitu saling menguatkan dan saling melemahkan. Interferensi saling menguatkan disebut interferensi kontruktif dan terpenuhi jika kedua gelombang sefase. Interferensi saling melemahkan disebut interferensi distruktif dan terpenuhi jika kedua gelombang berlawanan fase.

4. Gelombang dapat mengalami pelenturan (difraksi). 

Difraksi gelombang adalah peristiwa pembelokan atau penyebaran (lenturan) gelombang jika gelombang tersebut melalul celah. Gejala difraksi akan semakin tampak jelas apabila lebar celah semakin lebih mengecil. Dengan sifat itulah tempat yang berada dalam rumah kita menjadi terang pada siang hari dikarenakan ada lubang kecil pada genting. Serta suara alunan musik dan tape recorder dapat sampai ke tempat yang lain , walaupun kamar wadah tape itu pintunya tertutup rapat.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian gelombang, jenis-jenis gelombang, sifat-sifat gelombang dan penjelasannya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda para pelajar.

Tags:
sifat-sifat gelombang dalam fisika
Pengertian, Jenis/Macam dan Sifat-Sifat Gelombang Lengkap Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri