Caratip.com

Kumpulan Artikel Menarik

Pengertian Simbiosis Kompetisi, Predasi dan Contohnya Lengkap

Pengertian Simbiosis Kompetisi, Predasi dan Contohnya Lengkap - Update artikel terbaru kali ini Caratip Media akan mengulas tentang apa itu pengertian simbiosis kompetisi atau pengertian kompetisi, contoh kompetisi, pengertian predasi dan contoh predasi. Simbiosis kompetisi atau disebut kompetisi adalah bentuk interaksi antara dua organisme yang dapat merugikan kedua belah pihak. Kompetisi terjadi pada individu-individu yang berada dalam satu komunitas. Kompetisi terutama terjadi dalam hal perebutan sumber makanan, habitat, atau pasangan. Ketika sumber makanan tidak sebanding dengan jumlah individu yang menempati wilayah tersebut, maka kompetisi akan semakin besar. Begitu pula dengan wilayah yang sempit juga akan memperbesar tingkat kompetisi antarindividu dalam mempertahankan habitatnya. Tidak imbangnya perbandingan antara individu jantan dan betina juga dapat memicu terjadinya kompetisi, mengingat kepentingan biologis setiap organisme dan pentingnya mempertahankan jenis (perkembangbiakan).

contoh kompetisi antara sesama singa
contoh kompetisi antara sesama singa

Kompetisi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:

1. Kompetisi intraspesifik
Kompetisi intraspesifik adalah kompetisi yang terjadi pada individu-individu yang termasuk dalam satu spesies yang sama. Misalnya contoh kompetisi yang terjadi antara kambing-kambing dalam suatu populasi untuk mendapatkan makanan berupa rumput.

2. Kompetisi interspesifik 
Kompetisi interspesifik adalah kompetisi yang terjadi pada individu-individu yang berlainan spesies. Kompetisi ini terjadi jika dua atau lebih populasi menempati niche yang sama dalam suatu wilayah yang sama dan memiliki kebutuhan hidup sama. Misalnya contoh kompetisi antara kambing dan kerbau dalam mendapatkan rumput.

Lalu apa itu pengertian predasi dan contoh predasi ?. Predasi adalah bentuk interaksi antarorganisme yang salah satu berperan sebagai predator (pemangsa) dan yang lainnya sebagai prei (mangsa). Predasi dapat dilihat dengan jelas pada rantai makanan dan jaring-jaring makanan, yaitu peristiwa makan dan dimakan antara konsumen I dan konsumen II, konsumen II dan konsumen III, dan seterusnya. Predasi mutlak ada dalam kehidupan ini. Predator tidak dapat bertahan hidup tanpa adanya mangsa. Dengan demikian, predator juga berfungsi untuk mengendalikan populasi mangsa, karena seandainya predator tidak ada dalam suatu ekosistem, maka populasi mangsa akan meledak. Contoh predasi adalah antara harimau dengan mangsanya.

Demikianlah artikel lengkap tentang pengertian kompetisi dan contohnya, pengertian predasi dan contohnya. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda. Baca juga Pengertian Simbiosis Amensalisme dan Contohnya Lengkap.
Pengertian Simbiosis Kompetisi, Predasi dan Contohnya Lengkap Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri