Pengertian Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan serta Contohnya

Pengertian Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan serta Contohnya - Bagi Anda yang masih bingung tentang perbedaan atau pengertian perpindahan, pengertian kelajuan dan pengertian kecepatan, kali ini Caratip Media akan memberikan ulasan lengkapnya pada Anda. Untuk lebih jelasnya simak pengertian kelajuan, pengertian kecepatan dan contohnya.

rumus percepatan
rumus percepatan

Banyak orang yang mengira bahwa kecepatan dan kelajuan itu sama saja atau banyak yang kebingungan untuk membedakan kecepatan dan kelajuan. Maka, banyak juga orang yang salah menjawab soal hanya karena tidak bisa membedakan kecepatan dengan kelajuan. Kecepatan dan kelajuan memang rumusnya sama dan satuannya pun juga sama. Lalu apa perbedaan kecepatan dan kelajuan ?.

Sebelum kita lanjut, mari kita simak pengertian kecepatan dan kelajuan. Kecepatan adalah perpindahan tiap satuan waktu. Kecepatan merupakan besaran vektor. Sedangkan perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda dihitung dari  jarak kedudukan awal dan kedudukan akhirnya. Perpindahan juga merupakan besaran vektor. Rumus kecepatan adalah:


clip_image002

Keterangan:
v = kecepatan (m/s)
clip_image002[6] = perpindahan (m)
t = waktu (s) 

Kelajuan adalah jarak yang ditempuh tiap satu satuan waktu. Kelajuan merupakan besaran skalar. Sedangkan jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh. Jarak juga merupakan besaran. Rumus kelajuan adalah:

clip_image0028

Keterangan:
v = kelajuan rata-rata (m/s)
s = jarak (m)
t = selang waktu (s)

Contoh soalnya adalah sebagai berikut:
Jarak-dan-Perpindahan11

Heri dan Dita setiap pagi berangkat sekolah bersama-sama. Heri menempuh jarak 700 m selama 70 detik, yaitu menempuh 300 m selama 20 detik dari rumahnya menuju rumah Dita dan menempuh lagi 400 m selama 50 detik dari rumah Dita menuju sekolah. Namun, perpindahan Heri sejauh 500 m dari rumahnya menuju sekolah. Berarti, kelajuan yang ditempuh oleh Heri adalah:


clip_image002

clip_image002[4]

v = 10 m/s

Dan kecepatannya adalah:

clip_image0028

clip_image002[6]

v = 7,142857… m/s

Nah, beda bukan hasil dari kecepatan dan kelajuan.

Demikianlah artikel tentang pengertian perpindahan, kelajuan dan kecepatan. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi serta Contohnya.
Pengertian Perpindahan, Kelajuan dan Kecepatan serta Contohnya Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri