Caratip.com

Kumpulan Artikel Menarik

Pengertian Meninges, Struktur dan Penyakit Pada Meninges

Pengertian Meninges, Struktur dan Penyakit Pada Meninges - Meninges adalah sebuah jaringan yang memisahkan otak dengan tulang tengkorak dan membentuk sistem saraf pusat. Meninges terdiri dari beberapa bagian yaitu duramater, arachnoid, dan piamater. Selain itu, pada meninges terdapat juga cairan serebrospinal, jaringan saraf, dan pembuluh darah. Duramater adalah lapisan terluar, arachnoid terletak di tengah, dan piamater terdapat di dalam. Penyakit infeksi yang menyerang meninges disebut meningitis. Kata meninges berasal dari bahasa Yunani Kuno μῆνιγξ (mēninx) yang berarti “membran”. Fungsi utama meninges adalah untuk melindungi sistem saraf pusat.

Struktur Meninges

Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan lengkap tentang struktur meninges, penyakit pada meninges dan meninges pada hewan yang bisa Anda simak:

Struktur Meninges

Meninges terdiri dari tiga lapisan utama, yaitu duramater, arachnoid, dan piamater. Duramater melekat pada tengkorak atau tulang kanalis vertebralis di sumsum tulang belakang. Arachnoid melekat pada duramater. Sedangkan piamater melekat pada jaringan sistem saraf pusat.

1. Duramater

Duramater adalah lapisan meninges yang tebal, kuat, dan paling dekat dengan otak. Duramater berarti “ibu yang kuat”. Pada bagian terluar yang longgar terdiri dari serat fibrosa dan serat elastis. Pada bagian tengah kebanyakan berserat dan terdiri dari dua bagian: lapisan endosteal (yang lebih dekat dengan tengkorak) dan lapisan meningeal (yang lebih dekat dengan otak). Duramater bersifat seperti kantung yang menyelubungi arachnoid dan membawa darah dari otak ke jantung.

2. Arachnoid

Lapisan meninges yang terletak dibagian tengah disebut arachnoid mater. Dinamakan demikian karena strukturnya mirip jaring laba-laba namun transparan. Struktur ini memberikan efek bantalan untuk sistem saraf pusat. Arachnoid merupakan membran transparan yang tipis serta terdiri dari jaringan fibrosa dan sel-sel yang kedap cairan. Arachnoid tidak mengikuti bentuk permukaan otak jadi terlihat seperti kantong yang longgar tapi pas.

3. Piamater

Piamater adalah membran yang sangat halus, tipis, dan mengikuti bentuk permukaan otak yang berlekuk-lekuk. Ia terdiri dari jaringan fibrosa dan sel yang kedap cairan. Pada piamater terdapat pembuluh darah menuju ke otak dan sumsum tulang belakang.

4. Leptomeninges

Karena tipis, arachnoid dan piamater sering dianggap bersatu yang disebut leptomeninges yang berarti “meninges tipis”. Dianggap bersatu karena serat-serat pada arachnoid yang seringkali menyatu dengan piamater.

5. Ruang pada Meninges

Ruang subarachnoid adalah ruang yang terdapat di antara arachnoid dan piamater. Ruang ini diisi dengan cairan serebrospinal. Ruang antara duramater dan arachnoid disebut ruang subdural. Terdapat juga ruang epidural yang bisa terdapat diantara duramater dan tengkorak. Ruang subdural dan ruang epidural bisa saja muncul ketika terjadi cedera atau sakit pada kepala.

Penyakit pada Meninges

Ada tiga jenis pendarahan yang melibatkan meninges:

    1. Pendarahan subarachnoid yang terjadi di bawah arachnoid. Dapat terjadi secara spontan sebagai akibat dari trauma.
    2.  Hematoma subdural adalah pendarahan yang terjadi diantara arachnoid dan duramater. Pembuluh darah kecil kerap terdapat disini yang robek karena kecelakaan sehingga menimbulkan pendarahan atau yang biasa disebut “kepala bocor”.
    3. Hematoma epidural yang mungkin timbul setelah kecelakaan atau secara spontan.

Penyakit pada meninges yang lainnya adalah meningitis yang disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus infeksi. Ada juga penyakit meningioma dan carcinomatoses meningeal yakni tumor pada meninges.

Meninges pada Hewan

Meninges pada hewan bisa ditemukan pada ikan, amfibi, reptil dan burung. Pada ikan, terdapat meninges primitif yang merupakan membran tunggal. Dalam amfibi, reptil, dan burung, meninges terdiri dari duramater yang tebal dan meninges sekunder yang juga tebal. Pada mamalia juga terdapat duramater dan meninges sekunder yang terbagi menjadi arachnoid dan piamater.

Demikianlah informasi tetang pengertian meninges, struktur meninges dan penyakit pada meninges. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.
Pengertian Meninges, Struktur dan Penyakit Pada Meninges Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri