Pengertian Makalah Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya

Pengertian Makalah Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya - Update artikel terbaru kali ini Caratip.com akan megulas tentang apa itu pengertian makalah menurut para ahli termasuk diantaranya tentang jenis-jenis makalah dan contoh makalah. Pengertian Makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup pengetahuan. Suatu makalah memiliki sistematika yang terbagi menjadi empat bagian, yakni pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasaan, dan simpulan atau penutup. Makalah adalah salah satu syarat untuk menyelesaikan studi. Suatu makalah memiliki karakteristik yaitu; hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan, mendemonstrasikan pemahaman tentang permasalahan teoritik yang sedang dikaji dalam makalah, menunjukkan kemampuan terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan, dan mendemonstrasikan berbagai sumber informasi dari makalah dalam satu kesatuan sintesis yang utuh.


pengertian makalah menurut para ahli
pengertian makalah menurut para ahli
Pengertian makalah menurut para ahli

Pengertian makalah menurut para ahli berbeda tata bahasanya antar yang satu dengan yang lainnya, namun demikian memiliki makna yang sama. Berikut ini beberapa pengertian makalah menurut para ahli:

1. Pengertian makalah menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), makalah dibagi menjadi dua pengertian, yaitu

- Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

- Makalah adalah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Beberapa ahli lain seperti

2. Pengertian makalah menurut Panuti Sudjiman
- Makalah adalah karangan prosa, bukan cerita rekaan, yang membicarakan pokok tertentu. Biasanya makalah dimuat di majalah atau koran, tetapi makalah dapat juga merupakan sebuah buku antologi.
Pengertian makalah menurut para ahli selanjutnya dating dari  Drs. Imam Asy’ri,
- Makalah adalah naskah semester. Biasanya paper dituntut oleh seorang dosen atas mata kuliahnya apabila semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir. Karangan tidak begitu panjang mungkin 10 – 15 halaman ukuran folio.

3. Pengertian makalah menurut W.J.S Poerwadarminta
- Makalah adalah Uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.

4. Pengertian makalah menurut Tanjung dan Ardial
- Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

5. Pengertian makalah menurut Surakhmad
- Makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.

6. Pengertian makalah menurut E. Zaenal Arifin
- Makalah adalah Karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris – objektif.

7. Pengertian makalah menurut A.E. Fachrudin
- Makalah adalah Jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku (book report) maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok persoalan.

Makalah merupakan tugas mandiri yang dapat dikerjakan secara individual ataupun kelompok. Makalah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membantu pemakalah meningkatkan kemampuan menulisnya dan sebagai latihan dalam emnulis skripsi namaun skala kecil. Dari semua pengertian makalah  para ahli dapat disimpulkan bahwa makalah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang berisi materi yang menjelaskan suatu tema bertujuan untuk memberikan informasi kepada semua orang.

Jenis-jenis Makalah

Makalah biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu, makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper). Pengertian makalah biasa adalah makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahamannya terhadap permasalahan yang dibahas. Dalam makalah ini, secara deskriptif dikemukakan berbagai aliran atau pandangan tentang masalah yang dikaji dalam makalah. Penulis juga memberikan pendapat, baik berupa kritik atau saran, mengenai pendapat yang dikemukakan. Dengan demikian, dalam makalah biasa tidak perlu berargumentasi untuk mempertahankan pendapatnya.

Sedangkan pengertian makalah posisi (position paper) adalah makalah yang dibuat untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini tidak saja menunjukkan penguasaan pengetahuan tertentu, tetapi juga dipersyaratkan untuk menunjukkan di pihak mana saja si penulis berdiri beserta alasannya yang didukung oleh teori-teori atau data yang relevan. Untuk membuat makalah posisi, penulis tidak hanya dituntut untuk mempelari sumber tertentu, tetapi berbagai sumber yang pandangannya berbeda-beda dan bahkan mungkin sangat bertentangan.

Menurut sifatnya makalah dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut:

1. Makalah Deduktif yaitu makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas
2. Makalah Induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan
3. Makalah Campuran yaitu makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian toritis dan data empiris. artinya makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Dan makalah campuran terbagi lagi menjadi 6 jenis yaitu:

1. Makalah ilmiah - makalah ini biasanya membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif
2. Makalah kerja - biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang didapatkan dari sebuah proses penelitian dan itu artinya opini yang bersifat subyektif dari penulis lebih memungkinkan pada makalah jenis ini
3. Makalah kajian - isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial
4. Makalah posisi - istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah
5. Makalah analisis - sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris
6. Makalah tanggapan - biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan

Contoh Makalah

Setelah Anda mengetahui pengertian makalah dan jenis-jenis makalah, Anda tinggal mengetahui contoh-contoh makalah. Apa saja contoh makalah ?. Anda bisa baca contoh makalah selengkapnya pada artikel Contoh Makalah Lengkap.

Demikianlah artikel tentang pengertian makalah menurut para ahli lengkap dengan jenis dan contohnya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
pengertian makalah, pengertian makalah menurut para ahli, jenis makalah, contoh makalah
Pengertian Makalah Menurut Para Ahli Lengkap Dengan Jenis dan Contohnya Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri