Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi serta Contohnya

Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi serta Contohnya - Update artikel terbaru kali ini Caratip Media akan mengulas pengertian fenomena sosial dan ekonomi beserta contohnya. Fenomena adalah rangkaian peristiwa serta bentuk keadaan yang dapat diamati dan dinilai lewat kaca mata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu. Salah satu fenomena yang dapat terjadi adalah fenomena sosial dan fenomena ekonomi. Berikut adalah pengertian fenomena sosial dan ekonomi yang perlu Anda ketahui.

Contoh fenomena ekonomi
Contoh fenomena ekonomi

1. Pengertian Fenomena Sosial

Fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa-peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial terjadi ketika manusia menganggap segala sesuatu yang dialaminya adalah sebuah kebenaran absolut. Menurut Soerjono Soekanto, fenomena atau masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

2. Pengertian Fenomena Ekonomi

Fenomena ekonomi adalah gejala bagaimana cara orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya atas barang dan jasa. Cara yang dimaksud adalah semua aktivitas orang atau masyarakat yang berkaitan dengan produksi, distribusi, pertukaran, konsumsi jasa, dan barang yang langka. Secara rinci, Swedbwerg menuliskan fenomena-fenomena ekonomi tersebut terdiri dari konsumsi dan produksi, produktivitas dan inovasi teknologi, pasar, kontrak, uang, tabungan, organisasi ekonomi (bank, koperasi) kehidupan dalam tempat kerja, pembagian kerja dan segregasi pekerjaaan, kelas ekonomi, ekonomi internasional, ekonomi dan masyarakat luas, dampak faktor gender dan etnik terhadap ekonomi, kekuatan ekonomi, dan ideologi ekonomi.

3. Contoh Fenomena Sosial dan Ekonomi

Contoh fenomena sosial dan ekonomi di Indonesia dapat dilihat saat mudik lebaran. Contoh fenomena sosial adalah kegiatan mudik saat lebaran. Sedangkan contoh fenomena ekonomi adalah pamer status dimana orang yang mudik ke kampung halaman akan menunjukkan status sosialnya kepada orang-orang di kampung halaman. Hal tersebut membuat masyarakat di kampung halaman beranggapan bahwa kota adalah tempat untuk memperbaiki nasib dan menuju pada kehidupan yang lebih baik.

Demikianlah artikel tentang pengertian fenomena sosial dan ekonomi serta contohnya. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Pengertian Perubahan Sosial, Teori, Bentuk, Faktor Penyebab dan Contohnya.
Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi serta Contohnya Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri