Pengertian Arachnoid, Struktur dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Arachnoid, Struktur dan Fungsinya Lengkap - Arachnoid atau “Arachnoid mater” berasal dari bahasa Yunani arachne yang berarti “laba-laba” diberi akhiran –oid yang berarti “terlihat seperti” dan mater yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “ibu”. Dinamakan demikian karena penampilan serat halus arachnoid mirip jaring laba-laba yang melekat pada piamater. Arachnoid atau arachnoid mater adalah salah satu dari tiga lapisan meninges. Fungsi arachnoid adalah sebagai membran yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Letaknya tengah yaitu diantara duramater dan piamater. Dinamakan arachnoid karena bentuknya mirip dengan jaring laba-laba. Berikut ini struktur arachnoid dan fungsi arachnoid yang perlu Anda ketahui:


Struktur Arachnoid


Struktur arachnoid mirip jaring laba-laba, tipis, dan transparan. Bentuk tersebut memberikan efek bantalan pada sistem saraf pusat. Arachnoid terdiri dari jaringan fibrosa, serabut kolagen, dan diutupi oleh sel-sel kedap cairan (seperti pada piamater). Arachnoid tidak mengikuti bentuk permukaan otak dan terlihat seperti kantung longgar yang pas. Arachnoid yang menutupi otak disebut arachnoidea encephali. Sedangkan arachnoid yang menutupi sumsum tulang belakang disebut arachnoid spinalis.

Arachnoid dan piamater terkadang dianggap sebagai satu bagian yang disebut leptomeninx. Mereka dianggap menyatu karena mereka melekat bersama di sepanjang tengkorak. Diantara mereka terdapat beberapa pembuluh darah yang menghubungkan vena otak dengan vena pada duramater dan terdapat subarachnoid. Pada subarachnoid mengalir cairan serebrospinal.

Fungsi Arachnoid


Cairan serebrospinal beredar dalam ruang subarachnoid yang terletak diantara arachnoid dan piamater. Cairan serebrospinal dihasilkan sekitar 500 ml/hari oleh pleksus koroid di dalam ventrikel otak. Cairan serebrospinal adalah cairan bening yang tingkat elektrolit, kadar glukosa, dan pH sangat mirip dengan yang ada di plasma. Jadi, fungsi arachnoid ada dua. Yaitu sebagai alat bantu peredaran cairan serebrospinal dan sebagai peredam otak dari guncangan mengingat sifatnya yang seperti bantalan.

Demikianlah informasi tentang pengertian arachnoid, struktur arachnoid dan fungsi arachnoid. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Pengertian Durameter dan Strukturnya Lengkap.
Pengertian Arachnoid, Struktur dan Fungsinya Lengkap Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri