Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan Terkenal

Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan Terkenal - Salah satu karya seni rupa adalah lukisan. Lukisan adalah karya seni yang menerapkan media cat, pigmen, warna, atau media lainnya ke permukaan. Media tersebut biasanya diterapkan dengan cara menggunakan kuas, tetapi ada juga yang menggunakan alat lain seperti pisau, spons, dll. Jika lukisan itu mengandung makna mendalam dan membuat penikmat seni penasaran akan makna lukisan itu, maka lukisan tersebut bisa sangat terkenal dan berharga sangat mahal. Berikut ini adalah contoh karya seni rupa murni lukisan terkenal di dunia.

Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan Terkenal di Dunia


1. Mona Lisa
Mona Lisa adalah lukisan yang paling terkenal, paling banyak dikunjungi, paling banyak diulas, dan paling banyak diparodikan di dunia. Lukisan ini dibuat oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1503. Ekspresi wanita yang ada di dalam lukisan tersebut sangatlah misterius terutama senyumannya. Saat ini Mona Lisa dipajang di museum Louvre, Paris, Perancis sejak 1797.

2. Starry Night

Starry Night dilukis oleh seorang pelukis Belanda Vincent van Gogh pada bulan Juni 1889. Lukisan ini adalah salah satu bagian sejarah budaya Barat yang terkenal. Uniknya lukisan ini bersama beberapa lukisan terkenal buatannya dibuat saat dia tinggal di rumah sakit jiwa. Lukisan itu dibuat pada siang hari dan menggambarkan pemandangan yang dia lihat dari luar jendela kamar tidurnya yang menghadap ke timur.

3. The Kiss

The Kiss dilukis oleh pelukis Austria Gustav Klimt antara tahun 1908 dan 1909. Lukisan yang sebagian besar terdapat warna emas tersebut menggambarkan pasangan yang saling merangkul, masing-masing tubuh mereka ditutupi oleh selimut emas dengan dekorasi bergaya Art Nouveau. Lukisan tersebut saat ini berada di museum Österreichische Galerie Belvedere di Istana Belvedere, Wina, Austria. The Kiss dianggap sebagai karya periode modern awal dan karya Klimt yang paling terkenal.

4. Luncheon of the Boating Party

Luncheon of the Boating Party dilukis oleh seorang pelukis impresionis Perancis Pierre-Auguste Renoir antara tahun 1880 sampai 1881. Lukisan itu pernah dipamerkan dalam Pameran Lukisan Impresionis Ketujuh pada tahun 1882 dan dikatakan sebagai lukisan terbaik oleh tiga orang kritikus. Lukisan ini memperlihatkan kekayaan bentuk, figur, dan lansekap. Lukisan ini menggambarkan sekelompok teman Renoir yang sedang bersantai di sebuah balkon tepi sungai. Luncheon of the Boating Party kini berada di The Phillips Collection di Washington, D.C.

5. Girl with a Pearl Earring

Girl with a Pearl Earring dilukis oleh pelukis Belanda abad ke-17 Johannes Vermeer pada tahun 1665. Lukisan ini terkadang disebut sebagai “Mona Lisa Belanda” dan pernah dijadikan novel bahkan pernah difilmkan dengan judul yang sama. Lukisan ini menggambarkan seorang gadis dengan sorban dan anting-anting mutiara. Anting-anting mutiara inilah yang menjadi daya tarik dalam lukisan tersebut. Lukisan ini bisa ditemukan di Mauritshuis di Den Haag, Belanda.

6. Café Terrace at Night

Café Terrace at Night dilukis oleh seniman Belanda Vincent van Gogh di Arles, Perancis pada pertengahan September 1888. Lukisan itu menggambarkan sebuah kafe di Arles yang kini disebut Cafe van Gogh dengan warna hangat dan perspektif yang mendalam. Lukisan tersebut saat ini berada di Kröller-Müller Museum di Otterlo, Belanda. Ini adalah lukisan karyanya yang pertama kali menggambarkan langit berbintang sebelum Starry Night.

7. Le Rêve

Le Rêve dilukis oleh Pablo Picasso pada suatu pagi tanggal 24 Januari 1932. Le Rêve merupakan bahasa Perancis yang berarti “mimpi”. Pablo Picasso sendiri dikenal akan lukisannya yang beraliran kubisme seperti lukisan ini. Awalnya lukisan ini dibeli seharga $ 7.000 oleh Victor dan Sally Ganz dari New York City. Kemudian lukisan ini adalah karya seni termahal di Amerika Serikat setelah Steven A. Cohen membelinya seharga $ 155.000.000.

8. The Persistence of Memory

The Persistence of Memory adalah lukisan beraliran surealis yang dilukis oleh Salvador Dali pada tahun 1931. Ini merupakan karya Salvador Dali yang paling terkenal. Sejak tahun 1934 hingga kini, lukisan tersebut berada di Museum of Modern Art di New York City. Lukisan ini menggambarkan alam mimpi yang tidak bisa ditentukan bentuk dan komposisinya. Penggambaran jam dimaknai sebagai telah berlalunya waktu yang cukup panjang saat bermimpi.

9. The Treachery of Images

The Treachery of Images (Pengkhianatan Gambar) adalah lukisan beraliran surealis yang dilukis oleh pelukis surealis Belgia René Magritte ketika ia berusia 30 tahun antara tahun 1928 sampai 1929. Lukisan itu menggambarkan sebuah cangklong yang dibawahnya terdapat tulisan dalam bahasa Perancis Ceci n'est pas une pipe. yang berarti “Ini bukan cangklong.”. Penjelasannya adalah itu bukanlah cangklong, tetapi gambar cangklong. Lukisan ini memberi pesan yang kiranya sama seperti “kata bukanlah sesuatu” dan “peta bukanlah wilayah”. Lukisan tersebut kini dipajang di Los Angeles County Museum of Art.

10. The Card Players

The Card Players dilukis oleh pelukis Perancis Paul Cézanne pada awal tahun 1890-an. Lukisan ini terdiri dari beberapa versi. Salah satunya merupakan lukisan termahal di dunia yakni seharga $ 274 atau sekitar 3 triliun Rupiah. Pembelinya adalah keluarga kerajaan Qatar pada tahun 2011. Lukisan ini menggambarkan dua orang pria yang sedang bermain kartu dengan tenang. Ini sangat berbeda dengan lukisan karya orang lain dengan tema serupa yang cenderung menggambarkan suasana gaduh dan mabuk.

Demikianlah informasi tentang contoh karya seni rupa murni lukisan terkenal didunia. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga 11 Contoh Karya Seni Rupa Terapan Nusantara Lengkap.
Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan Terkenal Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri