Cara Mempercepat Booting/Meningkatkan Kinerja Windows 7 Terbukti Ampuh

Cara Mempercepat Booting/Meningkatkan Kinerja Windows 7 - Update artikel kali ini Caratip Media akan berbagi tips komputer yaitu bagaimana cara mempercepat booting windows 7, cara meningkatkan kinerja windows 7, cara agar windows 7 tidak lemot dan lelet. Windows 7 memang tidak seringan windows XP dalam hal kecepatan dan kinerjanya, baik itu ketika booting maupun ketika membuka aplikasi atau browsing. Namun demikian kinerja windows 7 yang lemot itu bisa diatasi dengan mudah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja windows 7, mempercepat booting windows 7 dan agar windows 7 tidak lemot dan lelet:

Cara Mempercepat Booting/Meningkatkan Kinerja Windows 7

1. Gunakan RAM komputer minimal RAM DDR3 yang 2 GB

Dengan RAM DDR3 minimal 2 GB otomatis booting windows 7 dan kinerjanya tidak lambat. Anda bisa menambahkan RAM DDR3 2 GB lagi jika diperlukan.

2. Gunakan tema windows classic di windows 7

Tema windows 7 basic memang kelihatan lambat. Karena itulah ganti tema windows 7 basic menjadi tema windows classic pada windows 7 agar loadingnya ringan dan kinerjanya lebih cepat.

3. Gunakan Free Up Disk Spaces

Dengan menggunakan disk Cleanup membantu kita untuk memberikan free space harddisk bertambah. Kita dapat bisa memilih file mana yang kita ingin hapus.

Tujuan dari Disk Cleanup:
  • Menghapus temporary Internet files (History Internet Files)
  • Menghapus bebrapa files program download (seperti Microsoft ActiveX controls dan Java applets)
  • Menghapus Recycle Bin
  • Menghapus files Windows temporary seperti error reports
  • Menghapus Windows Component – Optional
  • Menghapus program-program installer
  • Menghapus restore points yang tidak digunakan dan shadows copies dari system restore
Tips: biasanya, untuk File-file internet temporary mengambil paling banyak space karena menyimpan file cache pada saat surfing di internet dengan menggunakan browser.

Menggunakan Disk Cleanup:
1. Klik Start All ProgramsAccessories System ToolsDisk Cleanup.
Jika Sobat memiliki beberapa drive, Sobat mungkin akan diminta untuk menentukan drive mana yang ingin kita bersihkan. (Lihat gambar)
2. Di Disk Cleanup dialog box, kita bisa scroll kebawah memilih file-file mana yang akan kita hapus. Disk Cleanup akan menjumlahkan berapa banyak free space yang tersedia.

3. Ceklist / unceklist file-file mana yang ingin sobat hapus, kemudian klik OK

4. Ketika ada pesan konfirmasi file-file mana yang ingin sobat hapus, klik YES. Tunggu beberapa menit, setelah complete atau selesai kemudian Disk Cleanup dialog box akan close, performa PC akan lumayan lebih baik.
4. Gunakan Disk Defragmentation

Fragmentasi disk mungkin bisa memperlambat kinerja keseluruhan sistem. karena ketika file terfragmentasi, komputer harus mencari di harddisk dan ketika file dibuka untuk mengembalikan potongan file-file, sehingga waktu tanggapan dapat secara signifikan lebih lama. 
Disk Defragmenter adalah utility dari bawaan windows yang mengkonsolidasikan file terfragmentasi dan folder pada harddisk komputer sobat sehingga menempati satu ruang pada harddisk sehingga file anda tersimpan atau tertata rapi tanpa fragmentasi, sehingga membaca dan menulis ke disk akan lebih cepat.

Menjalankan Disk Defragmenter:
1. Klik Start All ProgramsAccessories System ToolsDisk Defragmenter (Lihat gambar)
2. Disk Defragmenter dialog box, klik drives yang ingin sobat defragment, Lulu klik button Analyze. Setelah disk dianalisis, kemudian dialog box akan muncul apakah harus di defragment drive dianalisis.

Tips: Sobat bisa menganilisis sebuah drive sebelum defragmenting untuk memastikan kira-kira berapa lama proses defragmentation.

3. Untuk defragment pilih drive, kemudian klik button Defragment disk. Di bagian bawah kolom proses, sobat bisa melihat proses yang sedang terjadi. Setelah defragmentation complete, Disk Defragmenter akan menampilkan hasilnya.

4. Untuk melihat detail information tentang defragmented disk atau partisi, sobat bisa klik View Report

5. Untuk menutup View Report dialog box, sobat bisa klik Close

6. Sobat juga bisa menjadwalkan Disk Defragmenter berjalan secara otomatis, dan Komputer akan setup berjalan secara default. Di bagian bawah Schedule, schedule defragmentation akan aktif, kemudian menampilkan waktu hari ini dan frekwensi defragmentation. Jika ingin menonaktifkan automatic defragmentation atau menukar waktu atau frekuensi, klik Configure Schedule (atau aktifkan Schedule, jika tidak di konfigurasi saat ini jalankan otomatis), kemudian tukar pengaturan, kemudian klik OK

7. Menutup Utility Disk Defragmenter, klik button Close.

5. Gunakan Repair Disk Errors

Selain menjalankan Disk Cleanup dan Disk Defragmenter untuk mengoptimalkan kinerja komputer, sobat juga dapat memeriksa integritas file pada harddisk dengan menjalankan utility Check Disk
Disaat menggunakan hard drive, dapat menimbulkan bad sector. bad sector ini dapat memperlambat kinerja harddisk dan sulit menyimpan file. Utility repair disk error ini memeriksa kesalahan hard drive bad sector, dan scan untuk kesalahan sistem file, untuk melihat apakah file tertentu atau folder yang salah. 
Jika sobat menggunakan komputer sehari-hari, sebaiknya sobat bisa menjalankan utility ini seminggu sekali untuk membantu mencegah hilangnya data.

Menjalankan Utility Check Disk:

1. klik kanan Local Disk (C:) – Klik Properties – klik tab Tools – klik button Check Now (Lihat gambar)
2. Sobat bisa ceklist Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sectors untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada hardisk sobat.
Demikianlah tips komputer tentang bagaimana cara mempercepat booting windows 7, cara agar windows 7 tidak lemot dan cara meningkatkan kinerja windows 7. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Cara ganti tema Windows 7 agar loading lebih cepat dan ringan.

Tags:
cara mempercepat booting windows 7, cara meningkatkan kinerja windows 7, cara mempercepat loading komputer windows 7
Cara Mempercepat Booting/Meningkatkan Kinerja Windows 7 Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri