15 Cara Mengatasi/Menghilangkan Rasa Malu yang Berlebihan Pada Diri Sendiri Terbukti Ampuh

Cara Ampuh Mengatasi/Menghilangkan Rasa Malu Pada Diri Sendiri - Apakah Anda pernah mengalami rasa malu yang berlebihan ?, sering dihantui perasaan malu yang mengganggu aktivitas Anda ?. Rasa malu memang sesuatu yang sangat merugikan diri sendiri. Malu memang boleh-boleh saja, asalkan malu berbuat sesuatu kejahatan. Namun bagaimana jika malu tersebut dalam segala hal. Seperti malu berbicara, malu menatap orang, bahkan malu mengungkapkan kebenaran. Tentu hal ini tidak kita inginkan. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malu yang berlebihan, cara menghilangkan rasa malu pada diri sendiri ?

Perasaan malu bisa muncul pada diri seorang manusia ketika dihadapkan pada situasi yang memalukan, aibnya diketahui orang lain, merasa minder, atau berbagai hal penyebab lainnya.  Bagi orang yang memiliki mental yang kuat, rasa malu biasanya hanya akan terjadi tidak lama dan kemudian akan kembali normal seperti sebelumnya.  Namun pada sebagian orang, rasa malu adalah sesuatu hal yang sangat serius yang bisa menyebabkan stress dan gangguan pada aktivitas kehidupan sehari-hari.

Alangkah baiknya rasa malu hendaknya tidak dianggap sebagai sesuatu hal yang menakutkan.  Rasa malu biasanya akan selalu terjadi dalam kehidupan manusia.  Malu adalah suatu perasaan yang normal terjadi pada diri seorang manusia.  Yang perlu diperbaiki adalah kemampuan seseorang dalam memanajemen rasa malu yang muncul agar tidak mengganggu ketenangan lahir dan batin.  Jangan sampai rasa malu menjadi beban pikiran yang menyebabkan gangguan kesehatan apalagi hingga membuat kerusakan.

Dan berikut ini 15 tips cara mengatasi rasa malu, cara menghilangkan rasa malu pada diri sendiri terbukti ampuh. Anda bisa coba tips berikut ini:

Cara Mengatasi/Menghilangkan Rasa Malu yang Berlebihan

 1. Kuatkanlah Kepribadian/Harga Diri Kalian.

Melemahnya harga diri berdampak pada melemahnya kepribadian dan memicu rasa takut bermasyarakat. Seseorang merasa tidak ada apa-apanya. Merasa kurang dibandingkan orang lain. Karena itu, ia lebih memilih diam. Tidak berani berbicara didepan umum, tidak pula angkat tangan untuk suara di perkuliahan.

2. Jangan malu dari rasa malu Anda.

Terimalah diri kalian apa adanya, tidak kurang atau lebih. Setelah itu, kalian akan menghargai diri kalian secara internal, lalu mencintai diri kalian juga secara internal banyak kesempatan berbenah, semakin terbuka lebar keberhasilan.

3. Jangan takut pendapat orang lain.

Kritik dan saran dari orang lain merupakan salah satu guru terbaik kita, dimana dari kritikan tersebut dapat membangun untuk kita berbenah kelebih baik lagi pada kesempatan selanjutnya.

4. Mintalah saran orang terdekat (orang tua) tentang timbulnya malu.

mintalah pendapat, saran maupun sugesti orang terdekat missal orang tua atau kakak/adik, kenapa dan bagaimana agar rasa malu itu hilang atau karena tekanan-tekanan dari suatu pihak maupun kurangnya belas kasih orang tua dan dikesempatan itu dapat bertukar pendapat dengan orang tua atau kakak/adik.

5. Seringlah Berkumpul Dengan Kawan.

Bergurau, canda dan tawa dengan teman dapat pula meminimalisirkan rasa malu kita. Pada umumnya jia si bangku sekolah kita malu maju karena ada terlihat asing dengan teman jadi sering berkumpul dengan membuat kita terbiasa dengan lingkungan teman kita.

6. Belajar berbicara Layaknya Pembicara Yang sudah handal

Yakinkan pada diri kalian bahwa teman-teman/orang-orang yang menonton kalian mempunyai kemampuan yang sama jika berbicara didepan audiens (penonton). Terimalah dengan hati lapang segala kritikan yang membangun, kritikan itu sangat berguna untuk perkembangan wawasan kalian.

7. Jangan takut salah.

Jangan pernah takut salah dalam membuat sesuatu kebenaran. Karena jika anda selalu takut salah maka anda takkan bisa memulai apapun. Dan tentunya itu menjadi salah satu faktor mendatangkan malu pada diri sendiri juga pada orang lain.

8. Bernafas Dengan Tenang.

Sebelum berbicara didepan, menghadapi soal ujian maupun tes wawancara misalnya tariklah nafas dalam-dalam, sesekali tarik nafas kembali dalam-dalam kembali agar perasaan dan tubuh menjadi tenang dan rilex.

9. Berpikir positif.

selalu berpikir positif, jangan selalu merendahkan diri sendiri “ah pasti aku tidak bisa, pasti temen-temen menertawakanku, pasti otakku tidak encer” kata-kata itu sering disebut-sebut oleh anak sekolah. Hindarilah! Jadianlah diri kalian yang paling hebat “Aku pasti bisa!”,”aku akan berjuang!”.

10. Dekatilah Orang-Orang Yang Telah Sukses mengusir Rasa Malunya.

Misalkan, orang tua, guru maupun narasumber-narasumber psikolog untuk berkonsultasi masalah tersebut, dan memunculkan pertanyaan kepada mereka “Bagaimana sih?, apa sih? dan sebagainya sampai kalian menemukan solusi mengusir rasa malu tersebut

11. Cuek / Tidak Mengambil Pusing

Ketika mengalami suatu kejadian yang memalukan atau pada saat muncul rasa malu pada diri kita, hendaknya jangan langsung merasa minder atau down.  Tenangkan diri dan alihkan konsentrasi kita pada hal-hal yang lebih penting.  Jika perlu praktekkan reaksi yang lugu / polos (berlagak bodoh) sehingga orang lain pun tidak terlalu menaruh perhatian atas rasa malu yang terjadi pada diri kita.  Segera lupakan kejadian tersebut secepat mungkin dengan menyibukkan pikiran kita dengan berbagai hal positif.

12. Mempersiapkan Diri Sejak Dini

Banyak orang yang tidak siap mendapatkan rasa malu, baik rasa malu yang muncul dengan sendirinya maupun rasa malu yang disebabkan akibat dipermalukan orang lain.  Lakukanlah berbagai latihan dan simulasi pada diri sendiri terhadap berbagai suatuasi dan kondisi rasa malu, sehingga tahu apa yang harus diperbuat nantinya ketika rasa malu datang melanda di saat-saat yang tidak tepat.

13. Mengalihkan Perhatian

Jika muncul perasaan-perasaan yang negatif pasca terjadinya hal yang membuat malu, maka sibukkanlah diri kita dengan berbagai aktivitas maupun pikiran-pikiran yang bersifat positif.  Buang jauh-jauh ingatan tentang hal yang memalukan tersebut.  Dengan begitu maka diri kita secara perlahan-lahan akan lupa dengan kejadian memalukan tersebut seiring berjalannya waktu.

14. Mengambil Hikmah dan Pelajaran dari Rasa Malu

Pengalaman adalah guru yang paling berharga.  Dari pengalaman pribadi kita bisa melakukan instrospesi diri dengan memadukan pengalaman dan wawasan ilmu pengetahuan kita untuk mendapatkan jalan keluar / solusi yang paling baik.  Tentu saja introspeksi yang dilakukan terutama dalam hal mengatasi perasaan malu pada diri kita sendiri.  Syukur-syukur bisa berkembang kepada masalah-masalah pribadi internal lainnya.

15. Berserah Diri Kepada Tuhan

Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan maka hal yang harus kita lakukan adalah menyerahkan segala-galanya kepada Allah SWT.  Yang bisa kita lakukan adalah berdo'a memohon yang terbaik kepadaNya.  Jika memang yang datang adalah hal yang buruk, maka itu berarti ujian yang datangnya dari Allah SWT untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi.  Bukan malah membuat kita tenggelam dan hancur sehancur-hancurnya.  Rasa malu hanyalah secuil masalah dari jutaan masalah yang ada pada kehidupan kita di dunia yang sementara ini.

Demikianlah tips bagaimana cara mengatasi/menghilangkan rasa malu pada diri sendiri yang terbukti cukup ampuh. Mulai sekarang hilangkan rasa malu yang berlebihan pada diri Anda agar Anda bisa lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas Anda. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Cara Memberi Password Pada Folder Di Windows 7 Dengan Mudah.

Tags:
cara menghilangkan rasa malu berlebihan pada diri sendiri, cara mengatasi malu berlebihan pada diri sendiri
15 Cara Mengatasi/Menghilangkan Rasa Malu yang Berlebihan Pada Diri Sendiri Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri