10 Contoh Seni Rupa Murni Di Sekitar Kita

10 Contoh Seni Rupa Murni Di Sekitar Kita - Karya seni rupa murni adalah karya seni yang tercipta bebas tanpa mempertimbangkan segi fungsi dan kegunaannya tetapi lebih mengutamakan fungsi keindahan/estetika. Fungsi seni rupa murni hanya semata-mata sebagai pajangan untuk memenuhi kepuasan batin akan estetika. Bagi Anda yang sedang mencari contoh seni rupa murni, berikut ini 10 contoh seni rupa murni yang bisa kita jumpai disekitar kita.

Contoh Seni Rupa Murni Di Sekitar Kita


1. Patung

Patung adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan membuat bentuk visual melalui media tiga dimensi untuk tujuan estetika. Patung biasa ditemukan di atas meja, lobi gedung, persimpangan jalan, taman, dll. Pada umumnya patung berwujud manusia, hewan, atau makhluk mitologi.

2. Relief

Relief dalam arti seni adalah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi (tri marta) di atas bidang dua dimensi (dwi marta). Relief biasa terdapat di tugu peringatan dan candi. Relief pada umumnya berisi diorama dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

3. Lukisan

Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan mengoleskan cat dengan kuas, pisau palet, atau peralatan lain, pada sebuah kanvas sebagai media.

4. Kerajinan Gantungan

Di sentral-sentral kerajinan, seringkali kita menemukan orang yang menjual gantungan kunci dengan bentuk sesuai tempat wisata yang kita kunjungi. Misalnya saat kita berada di Candi Borobudur, kita akan menemukan penjual gantungan kunci berbentuk seperti Candi Borobudur. Ada juga yang menjual gantungan berbahan bambu yang ketika terkena angin akan terdengar suara yang menenangkan. Biasanya gantungan tersebut digantung di teras rumah atau di gazebo. Nah, gantungan-gantungan tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu contoh seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai penghias kunci atau penghias teras rumah.

5. Kerajinan dari Keramik

Banyak sekali kerajinan dari keramik yang termasuk seni rupa murni. Seperti guci atau piring keramik yang bernilai seni tinggi. Piring tersebut tidak mungkin dijadikan tempat makan karena lebih indah jika dipakai sebagai pajangan.

6. Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi adalah salah satu jenis karya seni rupa yang menekankan keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika. Berbagai aksara dan huruf dapat dijadikan kaligrafi seperti huruf Arab, aksara Jawa, aksara Jepang, dll.

7. Mosaik

Mosaik adalah seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik, atau kaca. Seni mosaik biasa ditemukan di gereja atau arsitektur romawi.

8. Ukiran

Ukiran adalah seni memahat batu atau kayu menjadi bentuk yang diinginkan. Umumnya berbentuk makhluk hidup atau bunga. Ukiran biasanya dijadikan hiasan di rumah.

9. Fotografi

Seni fotografi biasanya dibuat sebagai ekspresi dari fotografer. Fotografi berfungsi sebagai ilustrasi atau hiasan pada buku, media massa, atau bahkan dapat dicetak untuk dipajang di tembok.

10. Topeng

Topeng adalah seni penutup wajah dengan ekspresi yang terbuat dari kertas, kayu, plastik, kain, atau logam. Topeng biasa dipakai saat pertunjukan drama atau tari.

Demikianlah contoh seni rupa murni yang ada disekitar kita. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Contoh Karya Seni Rupa Murni Lukisan Terkenal.
10 Contoh Seni Rupa Murni Di Sekitar Kita Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri