Cara Merawat Batu Giok Sungai Dareh dan Manfaatnya

Cara Merawat Batu Giok Sungai Dareh dan Manfaatnya - Demam batu akik saat ini sudah melanda setiap kalangan, baik kalangan orang tua, remaja bahkan anak-anak, baik kalangan orang-orang kaya ataupun kalangan menengah ke bawah. Salah satu batu akik yang cukup terkenal adalah batu giok sungai dareh. Batu giok sungai dareh juga disebut sebagai batu sungai dareh atau batu lumut sungai dareh karena didalam batu tersebut serat batu seperti lumut.

Cara Merawat Batu Giok Sungai Dareh

Asal-usul Batu Sungai Dareh


Batu sungai dareh diperoleh dari sungai Batanghari yang melintasi kabupaten Dhamasraya masih dalam bentuk bongkahan. Setelah itu akan diproses di tempat pengrajin menjadi berbagai bentuk sesuai yang diinginkan.

Akibat semakin banyaknya orang yang mencari batu ini, kini perburuan melebar hingga ke pelosok bahkan ke daerah hutan. Batu akik sungai dareh yang paling mahal dan menjadi primadona adalah batu lumuik (lumut). Sesuai dengan namanya batu cincin sungai dareh jenis ini berwarna hijau. Jenisnyapun beragam sesuai warna dan corak yang dimilikinya antara lain seperti pucuk pisang, daun seledri serta kumbang jati.

Minat masyarakat terhadap batu cincin sungai dareh kini semakin tinggi, terbukti batu jenis ini terkadang sulit ditemukan di pasaran .Sebab bukan hanya pecinta dari dalam negeri saja yang berminat dengan batu ini. Konon kabarnya para kolektor dari mancanegara pun mulai memburunya. Sungguh sebuah fenomena yang luar biasa.

Manfaat Khasiat Batu Sungai Dareh


Selain dari penampilannya yang hijau mempesona. Ternyata batu ini dipercaya oleh sebagian orang memiliki khasiat alami yang luar biasa. Batu sungai dareh mampu meningkatkan interaksi dengan alam sekitar. Menyeimbangkan energi emosional ke arah positif. Getarannya mampu memperkuat jantung, menyuburkan rasa kasih sayang serta memperkokoh otot-otot syaraf. Tersebut pula batu Sungai Dareh tergolong batu jade yang dapat membantu seseorang lebih relax dan bijaksana dalam bertindak. Sungguh luar biasa pesona permata hijau asal Sumatera yang satu ini. Entah sebuah kebenaran atau hanya sekedar mitos yang berkembang dari mulut ke mulut. Semua kembali kepada pemakainya yang mengunakan sebagai perhiasan atau pengobatan.

Tips Cara Merawat Batu Sungai Dareh Agar Mengkilap


Batu Sungai Dareh yang sudah dibentuk akan terlihat indah pada corak atau komposisi warna dalam batu, kilau hasil penggosokan yang sempurna, serta pantulan cahaya bila diberi cahaya dari atas. Seperti batu bacan dan lumut Aceh maka batu sungai Dareh ini juga akan berproses menjadi kristal yang indah tentunya memerlukan waktu dan perawatan yang khusus.

Selain keindahan corak serta warna batu sungai Dareh ini ternyata juga memiliki kelebihan lain yaitu tingkat kekerasan, yaitu sebesar 7 skala Mohs yang setara dengan batu jenis kecubung Amethyst. Harga batu sungai dareh bisa dibilang cukup tinggi yakni kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari ukuran serta tingkat kekristalan batu tersebut, dan yang paling populer dari jenis batu sungai dareh ini adalah kumbang jati dan pucuk pisang.

Sebagaimana telah dijelaskan bahwa Batu Sungai Dareh ini berproses menjadi kristal maka berikut ini tips bagaimana cara mempercepat proses kristalisasi pada batu sungai dareh ini, cara merawat batu sungai dareh agar mengkilap:

1. Siapkan air yang mengandung oksigen atau lebih dikenal dengan air Oxy yang banyak dijual di supermarket atau mini market disekitar rumah.

2. Masukkan batu sungai dareh dalam air oksigen dan tutup kembali dengan rapat. Biarkan kurang lebih 3 - 7 hari dalam wadah tertutup.

3. Keluarkan batu dan dijemur dibawah terik matahari minimal 1 jam dan maksimal 3 jam dalam sehari, setelah dijemur rendam kembali batu dengan air oksigen dalam wadah tertutup rapat.

4. Lakukan berulang-ulang hingga diperoleh perubahan pada batu sungai dareh menjadi kristal. Proses ini baru akan terlihat hasilnya setelah dilakukan selama 1 hingga 3 bulan.

Demikianlah tips bagaimana cara merawat batu sungai dareh agar cepat mengkristal dan khasiatnya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda para pecinta batu akik khususnya batu akik sungai darah.
Cara Merawat Batu Giok Sungai Dareh dan Manfaatnya Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri