Cara Membuat SKCK Baru Di Kepolisian/Polsek

Cara Membuat SKCK Baru Di Kepolisian/Polsek - SKCK singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK merupakan surat rekomendasi dari Polsek yang berguna untuk melamar kerja baik itu melamar menjadi PNS ataupun melamar kerja di perusahaan swasta/BUMN. Dalam SKCK ini berisi tentang keterangan kelakuan baik Anda. Mungkin banyak dari Anda yang masih bingung bagaimana cara membuat SKCK, kali ini admin akan berikan pada Anda tentang syarat membuat SKCK dan cara membuat SKCK baru di Kepolisian/Polsek. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat SKCK
Cara Membuat SKCK

Syarat Membuat SKCK Baru

1. Foto Kopi KTP dan KK = 10 lembar atau secukupnya
2. Pas foto 4x6 = 5 lembar
3. Siapkan uang secukupnya untuk bolak-balik dan membayar SKCK Rp10.000,-

Cara Membuat SKCK Baru di Kepolisian/Polsek

1. Datang ke rumah RT/RW untuk minta surat pengantar ke Balai Desa atau Kelurahan. Bilang aja mau buat SKCK, nanti akan diberikan surat pengantar ke desa/lurah. Jika RT/RW tidak ada, Anda bisa langsung ke Balai Desa/Lurah bilang aja mau buat SKCK (biasanya ada yang begitu, gak perlu ke RT dulu).

2. Di kantor Balai Desa/Lurah nanti Anda bilang mau ngurus SKCK buat melamar kerja, nanti Anda akan diberi surat pengantar ke kecamatan.

3. Kemudian Anda ke kantor kecamatan untuk mendapatkan tanda tangan Camat.

4. Setelah mendapatkan tanda tangan Camat kemudian Anda ke kantor Polsek terdekat, Anda bisa bilang ingin membuat surat SKCK baru. Kemudian Anda serahkan surat pengantar tadi ke petugas di sertai foto kopi KTP Anda dan foto kopi KK jika dibutuhkan. Nanti Anda akan di beri formulir yang perlu diisi, atau kadang pak polisi yang mengisinya sesuai dengan surat pengantar yang Anda serahkan. Anda juga akan diminta untuk mencetak sidik jari Anda. Setelah itu Anda tinggal menunggu kurang dari 30 menit sampai SKCK Anda selesai dibuat. Kadang ada juga yang jadi besok baru bisa di ambil.

5. Setelah selesai dan SKCK Anda diberikan, Anda tinggal membayar biaya pembuatan SKCK sebesar Rp10.000,-. Hal itu sesuai dengan:
- UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP);
- UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;
- PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri;
- Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010.

Nah itulah langkah-langkah bagaimana cara membuat SKCK Baru di Kepolisian/Polsek. Mungkin ada yang bertanya kok tidak sampai ke Polres ?, itu karena biasanya di tingkat Polsek juga bisa melayani pembuatan SKCK baru. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru.

Tags:
cara buat skck baru di polsek, cara membuat skck baru di polres, cara buat skck di kepolisian, cara membuat skck baru sendiri, cara membuat surat keterangan catatan kepolisian sendiri, syarat membuat skck, biaya pembuatan skck 2016, lama pembuatan skck baru 2016
Cara Membuat SKCK Baru Di Kepolisian/Polsek Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri