Cara Mengobati Meningitis, Gejala Penyebab dan Pencegahannya

Cara Mengobati Meningitis, Gejala Penyebab dan Pencegahannya - Info tips terbaru kali ini Blog Caratip akan mengulas tuntas tentang penyakit Meningitis, yaitu bagaimana Cara mengatasi penyakit meningitis, Cara mengobati penyakit meningitis, Cara menyembuhkan penyakit meningitis, Cara mencegah penyakit meningitis dan Gejala penyebab penyakit meningitis. Kita tahu sendiri bahwa penyakit meningitis ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa seperti berita terbaru Olga Syahputra meninggal dunia yang dikabarkan juga karena penyakit meningitis yang dideritanya selain penyakit kelenjar getah bening yang diidapnya. Lalu sebenarnya apa si penyakit meningitis itu ?.

Penyakit Meningitis
Penyakit Meningitis

Penyakit meningitis adalah penyakit radang selaput otak, salah satu penyakit mematikan yang bisa menyerang siapapun  baik tua atau muda, wanita atau pria. Penyakit berbahaya ini sering menyerang secara tiba-tiba pada mereka yang sedang dalam kondisi sehat. Penyakit meningitis menyerang bagian otak dan syaraf. Akibatnya setelah terkena penyakit ini maka si penderita akan menderita sakit kepala berlebihan yang tak kunjung sembuh. Meningitis sendiri disebabkan oleh mikroorganisme seperti virus, jamur, bakteri, pasilan, yang menyebar ke dalam cairan otak. Bakteri seperti ini masuk ke dalam otak lewat gigi yang membusuk karena makanan dan biasanya sering terjadi pada mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Penyebab Penyakit Meningitis

Berdasarkan jenisnya penyakit meningitis bisa di bagi menjadi 3 golongan yaitu:

1. Meningitis kriptokokus.
Meningitis yang sebabkan oleh jamur yang ada pada kotoran burung dan sebagainya.

2. Viral meningitis.
Meningitis yang di sebabkan oleh virus kadang bisa ringan bisa berat yang ringan bisa sembuh sendiri.

3. Bacterial meningitis.
Sesuai namanya meningitis jenis ini di sebabkan oleh bakteri yang sangat serius dan bisa mematikan. Bila terserang oleh bakteri ini maka penderita harus mendapat pertolongan secepatnya. Bila telat mendapatkan pertolongan ada kemungkinan besar penderita akan meninggal.

Beberapa orang yang rentan terkena penyakit meningitis selain dilihat melalui kelompok umur juga bisa disebabkan oleh hal berikut ini:

- Seseorang yang memiliki pleuroperitoneal CSF dalam otak/patologi lain.
- Seseorang yang menggunakan prosedur tulang belakang, seperti halnya anestesi tulang belakang.
- Seseorang dengan cacat dural
- Penderita penyakit diabetes
- Seseorang yang terinfeksi bakteri Endokarditis
- Para pecandu alkohol
- Pecandu narkotika jenis suntik

Gejala Penyakit Meningitis

Gejala meningitis biasanya tergantung pada jenis penyebabnya. Namun secara umum gejala meningitis biasa berupa sakit biasa berupa panas, daman batuk seperti flu biasa. Namun di ikuti dengan kekakuan pada leher muntah dan lain lain. Pada anak kecil biasanya susah di deteksi. Anak biasanya akan rewel.

Bila ada tanda tanda meningitis maka anda harus cepat bertindak. Tindakan yang tepat adalah harus segera membawa ke dokter. Dengan tindakan yang cepat tepat dan efisien di harapkan dokter bisa mengatasi penyakit meningitis yang anda derita. Secara umum memang kita harus waspada terhadap penyakit panas baik yang di derita oleh orang dewasa maupun pada anak. sakit panas adalah gejala umum dari berbagai macam penyakit baik yang penyakit ringan maupun penyakit berat. Untuk itu jangan sepelakan penyakit pas. anda harus waspada dan siap dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi sehubungan dengan gejala panas yang anda miliki.

Penderita penyakit meningitis perlu didiagnosis terlebih dahulu untuk memastikan dia benar-benar terjangkit penyakit ini. Meskipun begitu, ada beberapa gejala penyekit meningitis yang biasanya muncull pada penderita. gejala tersebut anara lain;
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Otot leher kaku
  • Ketakutan pada cahaya terang
  • Ketakutan pada suara keras (phonophobia)
  • Sering ingin Muntah
  • Nampak seperti kebingungan
  • Susah bangun dari tidurnya
Sementara, jika penderita adalah seorang bayi, gejala tersebut tidak begitu nampak. Namun biasanya bayi yang menderita penyakit meningitis akan nampak lemah dan kurang aktif, gemetar pada tubuhnya, tidak mau menyusu ibu nya, dan sering muntah.

Cara Mencegah Penyakit Meningitis

Untuk mencegah terjadinya meningitis maka anak harus hidup secara sehat dalam lingkungan yang sehat. Bayi harus di imunisasi secara lengkap seperti vaksin Hib,IPD dan MMR. Untuk pencegahan penyakit meningitis pada anak maka anak harus di ajarkan cara menjaga kebersihan yang baik dan benar. Selalu cuci tangan setiap mau makan harus selalu di lakukan.

Penyakit meningitis sebenarnya tidak hanya menyerang pada anak tapi juga menyerang pada orang dewasa. Meningitis adalah salah satu penyakit yang mematikan. Ada daerah daerah tertentu yang mempunyai angka kejadian meningitis lebih tinggi dari daerah atau negara lain. Untuk itu langkah pencegahanya adalah dengan cara tidak datang ke daerah endemis meningitis. Misalnya kita harus ke daerah yang rawan terhadap meningitis maka vaksinasi meningitis harus di lakukan untuk mencegat terjangkit nya meningitis. Sistem kerja vaksinasi meningitis adalah sama seperti dengan vaksin lainya yaitu memasukkan vaksin yang berupa virus yang sudah di lemahkan ke dalam tubuh. dengan adanya vaksin tersebut maka tubuh akan segera membentuk antibodi. Bila sewaktu waktu ada virus meningitis yang masuk maka badan sudah mempunyai antibodi untuk menangkal virus tersebut. Meningitis juga sangat mudah menular ketika terjadi banyak orang yang berkumpul dalam suatu tempat atau area dalam waktu yang bersamaan. Bagi orang indonesia yang berangkat untuk melaksanakan ibadah haji misalnya maka vaksinasi virus meningitis mutlak di berikan. Ini tentunya untuk menghindari jemaah haji dari kemungkinan terserang meningitis di tanah suci. Selain itu ibadah haji oleh ribuan orang dan dalam waktu yang bersamaan.

Cara Alami Mengobati Penyakit Meningitis Terbukti Ampuh

Pengobatan yang terbaik untuk penyakit meningitis tentu saja segera di bawa ke rumah sakit. Bahkan rumah sakitnya pun benar-benar yang berkelas dan memiliki perlengkapan yang baik untuk mendiagnosa penyakit ini karena dalam penyembuhan dan pengobatan penyakit meningitis harus dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium seperti test darah, rontgen bahkan cek cairan selaput otak. Pasien harus beristirahat total dari kegiatannya sehari-hari.

Namun ada beberapa cara alami mengobati penyakit meningitis yang bisa dicoba untuk mengatasi dan menyembuhkan meningitis. Pengobatan sederhana ini bisa diterapkan pada siapapun yang sedang menderita penyakit berbahaya ini sebelum meningitis bertambah ganas. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Minum air yang cukup banyak

Gejala awal penderita meningitis adalah mengalami dehidrasi berlebihan. Untuk mengatasi dehidrasi ini, para penderita meningitis harus meminum banyak cairan seperti air putih, jus, teh, dan minuman isotonik lainnya. Jika manusia normal membutuhkan 8 liter air perharinya maka penderita meningitis membutuhkan lebih dari 8 liter per harinya.

2. Istirahat penuh dan total

Tubuh para penderita meningitis tidak boleh melakukan aktivitas-aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga dan pikiran. Maka dari itu, para penderita meningitis harus berisitrahat total di rumah dan tidak bisa bekerja seperti orang lain.

3. Menjaga pola makan

Makanan yang dikonsumsi oleh penderita meningitis tidak boleh sama dengan orang normal. Para penderita harus menjalani diet makanan atau hanya dibolehkan mengonsumsi kacang-kacangan, sayur, buah, dan sereal saja. Diet ini harus dijalani sampai kondisi penderita membaik. Selain itu para penderita meningitis dianjurkan untuk mengonsumsi jus bawang putih yang dicampur buah dan sayuran. Minuman ini harus dikonsumsi setiap hari sampai kondisinya benar-benar pulih.

4. Mandi air hangat

Air yang digunakan mandi oleh penderita meningitis juga tidak boleh terlalu dingin. Suhu minimal yang diperbolehkan untuk mandi adalah 35 derajat Celcius. Sebelum tidur, pasien harus berendam di air dengan suhu ini selama 45 menit. Sebelum mandi pun, para pasien harus mengompres kepala dan dahi mereka dengan kain yang telah direndam air dingin.

Demikianlah informasi tentang gejala penyebab penyakit meningitis, cara mencegah penyakit meningitis dan cara mengobati penyakit meningitis. Semoga informasi tips kesehatan diatas bermanfaat untuk Anda semua.

Tags:
cara mengobati meningitis secara alami, cara alami menyembuhkan penyakit meningitis, gejala penyakit meningitis, ciri-ciri penyakit meningitis, tanda-tanda penyakit meningitis, penyebab penyakit meningitis, cara mencegah penyakit meningitis
Cara Mengobati Meningitis, Gejala Penyebab dan Pencegahannya Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri