Cara Alami Melindungi Kulit Dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari

Cara Alami Melindungi Kulit Dari Pengaruh Buruk/Efek Negatif Sinar Matahari - Aktivitas dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari cukup berpengaruh bagi kesehatan dan kecantikan Anda, terlebih lagi jika pekerjaan yang Anda lakukan lebih banyak di lapangan yang berhubungan langsung dengan sinar matahari. Padahal, paparan sinar matahari secara berlebihan bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Lalu bagaimaa cara alami melindungi kulit dari radiasi sinar matahari ?

Semangka untuk lindungi kulit dari sinar matahari
Semangka untuk lindungi kulit dari sinar matahari

Tetapi pengaruh buruk sinar matahari bisa dicegah dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan mengoleskan sunscreen atau tabir surya sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari. Produk ini cukup efektif untuk menangkal sinar UVA dan UVB yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi kulit. Entah itu penuaan dini, penggelapan kulit, atau kanker kulit.

Anda juga bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari dengan menyantap makanan yang penuh dengan nutrisi seperti buah-buahan dan ikan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk sinar matahari.

Cara Alami Melindungi Kulit Dari Pengaruh Sinar Matahari

1. Ikan salmon
Salmon termasuk ikan yang kaya akan kandungan astaxanthin, antioksidan yang 1000 kali lebih efektif daripada vitamin E. Antioksidan ini bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

2. Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin yang bisa memperbaiki sekaligus menjaga kondisi kulit. Allicin juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas perusak kulit.

3. Tomat
Lycopene merupakan antioksidan yang cukup kuat. Ia bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Lycopene ini bisa ditemukan dalam buah tomat merah. Penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi 40 gram tomat merah setiap hari memiliki risiko kerusakan kulit akibat sinar ultra violet 40 persen lebih rendah.

4. Wortel
Kandungan beta karoten dalam wortel tidak hanya mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Tetapi juga bisa memperbaiki kondisi sel kulit yang rusak.

5. Semangka
Sama seperti tomat, semangka juga mengandung lycopene. Kandungan lycopene dalam semangka bahkan lebih tinggi daripada tomat merah mentah. Selain itu, semangka juga mengandung choline dan vitamin C yang berperan dalam memperbaiki kondisi kulit.

6. Ceri
Ceri kaya akan antioksidan yang memproduksi melatonin. Melatonin ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet. Selain itu melatonin juga merangsang regenerasi sel.

7. Delima
Anda pasti sudah pernah mendengar kalau pomegranate atau buah delima merah mengandung antioksidan yang lebih banyak daripada buah jeruk dan teh hijau. Mencegah kerusakan collagen pada kulit dan merangsang regenerasi hingga lapisan kulit terdalam. Anthocycanin di dalamnya dapat melindungi sel kulit dan memperbaiki kondisi kulit.

8. Almond
Almond kaya akan vitamin E dan selenium. Vitamin E menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan mencegah penuaan dini, salah satu efek negatif yang dibawa sinar ultra violet.

9. Dark chocolate
Dark chocolate dengan kandungan kakao 75 persen yang kaya akan flavonoid yang dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk eksternal. Tetapi batasi konsumsi cokelat hitam ini agar tidak melebihi 175 gram dalam seminggu.

10. Teh hijau
Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), antioksidan kuat yang bekerja lebih baik dalam melindungi kulit dibandingkan vitamin C dan vitamin E. Rajin minum teh hijau minimal dua kali sehari akan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Demikianlah 10 makanan penuh antioksidan yang bisa membantu Anda menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tags:
cara melindungi kulit dari sinar matahari, cara alami melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, cara melindungi kulit secara alami dari radiasi sinar uv matahari
Cara Alami Melindungi Kulit Dari Pengaruh Buruk Sinar Matahari Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri