Rumah Kamu Berlantai Kayu ? Inilah Tips Cara Merawat Lantai Kayu (Parquet) Dengan Mudah!

Cara dan Tips Merawat Lantai Kayu (Parquet) Dengan Mudah - Bagi Anda yang memiliki lantai kayu, kali ini Blog Caratip.com akan share pada Anda tentang bagaimana cara dan tips merawat lantai kayu dengan mudah. Saat ini bangunan rumah sebagian besar memang menggunakan keramik sebagai lantainya. Namun demikian lantai kayu juga bisa Anda gunakan sebagai alternatif dan hal itu juga bisa memberikan kesan unik. Penggunaann lantai kayu sendiri kebanyakan di gunakan oleh bangunan rumah yang ada di luar negeri.

cara merawat lantai kayu
cara merawat lantai kayu

Untuk menggunakan kayu sebagai lantai rumah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar perawatannya menjadi mudah. Berikut ini beberapa tips merawat lantai kayu dengan mudah:

Tips Cara Merawat Lantai Kayu

1. Pilih kayu yang bermutu.

Lantai kayu yang sesuai untuk material rumah, adalah yang terbuat dari kayu tahan cuaca dan rayap. Misalnya kayu jati, eboni, besi atau ulin, damar laut, bangkirai, dan merbau. Pastikan kayu yang sobat probee beli memiliki kadar air yang sangat minimal, sebab bila kandungan airnya masih tinggi, kayu akan mudah memuai, susut bahkan retak.

2. Pasang sesuai bidang ruang

Sebelumnya perhatikan dulu ukuran ruang di mana lantai kayu akan di pasang. Bila cukup luas, maka dasar lantai harus diperkuat strukturnya. Begitu juga dengan lantai kayu yang sifatnya lunak, dasarnya sebaiknya dilapisi material lain terlebih dahulu supaya kayu tidak mudah menyerap air dari permukaan tanah. Sedang lantai kayu yang berjenis keras, perkuat struktur lantai dengan menggunakan paku atau perekat lainnya, tergantung kondisinya. Buat susunan kayu yang seimbang dengan bidang ruang, yaitu bidang lantai yang memanjang, sebaiknya lembaran kayu di susun secara vertikal. Sedang untuk bidang lantai yang melebar, susunlah lembaran kayu secara horizontal. Susunan ini akan memudahkan sobat probee dalam meletakkan furnitur. supaya tampilan kayu lebih maksimal, pastikan kondisi permukaan kayunya rata dan rapi. Sebab lantai yang permukaannya tidak rata akan merusak kayu dan kenyamanan ruang.

3. Perhatikan perawatannya dengan baik

Supaya lantai kayu tetap indah dan awet, sobat probee harus hati-hati dalam merawatnya. Saat membersihkan lantai, gunakan sapu yang lembut dari bahan berbulu atau alat penyedot debu (vacuum cleaner). Hindari membersihkan kayu dengan kain basah, begitu juga pencucian lantai kayu, tidak diperbolehkan. Ingat, musuh utama kayu adalah air dan kayu yang lembab tidak akan bisa bertahan lama. Apalagi lantai kayu pada dasarnya hanya mampu atau bisa menahan air dari lapisan atas saja. Karena itu, sangat di anjurkan untuk memakai alat pembersih lantai khusus. Bila terkena tumpahan air, semen atau cat, tidak terlalu bermasalah asal segera dikeringkan supaya cairan tersebut tidak menyerap ke dalam lantai kayu dan membuatnya rusak. Ketika meletakkan furnitur, sebaiknya dasar kakinya dilapisi karet terlebih dulu. Begitu pula saat memindahkan furnitur, sebaiknya diangkat jangan ditarik, sehingga lantai tidak mengalami goresan. Meski "bermusuhan" dengan air, tapi pori-pori lantai kayu harus tetap lembab. Untuk itu, setiap tiga bulan sekali lantai kayu harus digosok dengan cairan semacam pelembab. Sedang pada lantai kayu yang siap pasang, umumnya berbentuk rangkaian yang penyatuannya dilapisi zat sejenis formalin. Meski formalin merupakan zat kimia yang tidak disenangi rayap, supaya terus awet dan terhindar dari incaran binatang pengerat ini, sebaiknya berikan suntikan antirayap tiga tahun sekali.


4. Keahlian tukang yang memasang lantai kayu tersebut.

Banyak orang yang berfikir bahwa semua tukang bangunan pasti bisa memasang lantai kayu dengan benar, padahal dalam prakteknya banyak dijumpai tukang yang memasang lantai kayu secara sembarangan sehingga keindahan lantai kayu secara keseluruhan jadi berkurang. Memasang lantai kayu diperlukan sense of arts dari situkang. Pengaturan susunan panjang kayu, pengaturan pola serat kayu ataupun gradasi warna permukaan kayu memerlukan kejelian dan seni. Apabila pemasangan dilakukan oleh tukang yang memang ahli memasang lanti kayu, hasil yang didapatkan pasti sangat memuaskan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan lantai kayu beserta tips cara merawat lantai dengan mudah. Semoga Tips Perumahan diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
cara merawat lantai kayu, tips merawat lantai kayu, cara menjaga kebersihan lantai kayu
Rumah Kamu Berlantai Kayu ? Inilah Tips Cara Merawat Lantai Kayu (Parquet) Dengan Mudah! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri