Cara Menyembelih Hewan Kurban Kambing/Sapi yang Baik dan Benar

Cara Menyembelih Hewan Qurban - Menyambut Hari Raya Idul Adha beberapa hewan kurban seperti kambing atau sapi mulai di persiapkan. Jika di Arab hewan kurban yang biasa di sembelih adalah unta maka di Indonesia hewan yang disembelih pada umumnya adalah kambing atau sapi. Sebelum di sembelih biasanya kambing atau sapi yang akan di kurbankan di periksa terlebih dahulu kesehatannya karena jika tidak hal itu akan membahayakan kesehatan tubuh kita. Karena mungkin kita pernah mendengar ada sapi yang suka makan sampah yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kita jka di konsumsi.

cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar
hewan kurban kambing

Jika Anda punya niat untuk berkurban sebaiknya Anda persiapkan hewan kurban Anda seperti kambing atau sapi yang sehat dan gemuk, Anda atau orang yang Anda suruh untuk menyembelih juga harus bisa menyembelih hewan kurban dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan islam. Berikut ini beberapa tata cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar yang perlu Anda ketahui:

Cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar:


1. Menggunakan pisau yang setajam mungkin

Gunakan pisau yang setajam mungkin. Semakin tajam, semakin baik. Ini berdasarkan hadis dari Syaddad bin Aus radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْح وَ ليُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ
“Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim).

2. Menjauhkan Pisau dari Pandangan Hewan Kurban

Tidak mengasah pisau dihadapan hewan yang akan disembelih. Karena ini akan menyebabkan dia ketakutan sebelum disembelih. Berdasarkan hadis dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma,

أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحَدِّ الشِّفَارِ ، وَأَنْ تُوَارَى عَنِ الْبَهَائِمِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk mengasah pisau, tanpa memperlihatkannya kepada hewan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah ).

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati seseorang yang meletakkan kakinya di leher kambing, kemudian dia menajamkan pisaunya, sementar binatang itu melihatnya. Lalu beliau bersabda (artinya): “Mengapa engkau tidak menajamkannya sebelum ini ?! Apakah engkau ingin mematikannya sebanyak dua kali?!.” (HR. Ath-Thabrani dengan sanad sahih).

3. Menghadapkan Hewan Kurban ke Arah Kiblat

Disebutkan dalam Mausu’ah Fiqhiyah:
Hewan yang hendak disembelih dihadapkan ke kiblat pada posisi tempat organ yang akan disembelih (lehernya) bukan wajahnya. Karena itulah arah untuk mendekatkan diri kepada Allah. (Mausu’ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 21:196).

Dengan demikian, cara yang tepat untuk menghadapkan hewan ke arah kiblat ketika menyembelih adalah dengan memosisikan kepala di Selatan, kaki di Barat, dan leher menghadap ke Barat.

4. Membaringkan Hewan di atas Lambung Sebelah Kiri

Imam An-Nawawi mengatakan,
Terdapat beberapa hadis tentang membaringkan hewan (tidak disembelih dengan berdiri, pen.) dan kaum muslimin juga sepakat dengan hal ini. Para ulama sepakat, bahwa cara membaringkan hewan yang benar adalah ke arah kiri. Karena ini akan memudahkan penyembelih untuk memotong hewan dengan tangan kanan dan memegangi leher dengan tangan kiri. (Mausu’ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 21:197).

Penjelasan yang sama juga disampaikan Syekh Ibnu Utsaimin. Beliau mengatakan, “Hewan yang hendak disembelih dibaringkan ke sebelah kiri, sehingga memudahkan bagi orang yang menyembelih. Karena penyembelih akan memotong hewan dengan tangan kanan, sehingga hewannya dibaringkan di lambung sebelah kiri. (Syarhul Mumthi’, 7:442).

5. Membaca Doa

Bacalah Doa sebelum menyembelih hewan kurban, yaitu:
- بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ
“Dengan nama Allah dan Allah itu Maha Besar.” (H.R. Muslim)

Atau
- بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ
“Dengan nama Allah dan Allah itu Maha Besar, Ya Allah ini adalah dari-Mu dan untuk-Mu.”
(H.R. Abu Dawud dengan sanad shahih)

Itulah beberapa cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar sesuai dengan tuntunan islam, semoga artkel diatas bermanfaat untuk Anda. Dengan banyak beredarnya daging kurban seperti kambing saat Idul Adha sudah seharusnya Anda bsa mengolah daging kurban dengan baik agar tidak mubazir. Baca juga tentang Cara mengolah daging kambing kurban agar tidak bau.
Cara Menyembelih Hewan Kurban Kambing/Sapi yang Baik dan Benar Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri