Cara Install Windows XP Lewat Flashdisk Lengkap Dengan Gambar

Cara Install Windows XP Lewat Flashdisk Lengkap Dengan Gambar - Bagaimana Cara install Windows XP lewat USB Flashdisk ?. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini Flashdisk bisa menjadi alat installer Windows selain sebagai penyimpan data atau file. Menginstall Windows XP lewat flashdisk bisa Anda lakukan jika Anda tidak memiliki CD installer Windows XP. Windows XP  merupakan Operating System Windows yang pernah kali dirilis pada 25 oktober 2001 yang dibuat oleh perusahaan Microsoft. Meskipun Windows ini tergolong windows yang 'sudah tua' namun windows XP memiliki banyak keunggulan. Keunggulan paling utamanya adalah kecepatan windows XP yang sangat tinggi dan bisa dipasang di komputer/PC/Laptop yang mempunyai spesifikasi yang rendah. Dan windows XP juga baik dalam hal gaming jadi tak heran kalau pengguna windows xp masih sangat banyak

Bagi Anda yang ingin menginstall Windows XP namun tidak mempunyai CD installer Windows XP, ada cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara menggunakan USB Flashdisk sebagai booting. Untuk file iso Windows XP sendiri bisa Anda download gratis di blog-blog tempat download gratis. Agar USB Flashdisk Anda bisa sebagai booting instalasi Windows XP maka Anda harus format Flashdisk Anda terlebih dahulu agar bootable dengan cara sebagai berikut:

Yang perlu disiapkan:

1. Windows XP dalam bentuk .ISO (Dalam format .ISO), silahkan Anda download kalau belum punya.

2. Software bernama WinUSB Maker untuk download klik disini

3. USB flashdisk (1 gb or better)

Cara format flashdisk agar bisa booting install Windows XP :

1. Setelah men-download WinUSB Maker kemudian ekstrak file yang sudah Anda download tersebut.

2. Lalu tancapkan USB flashdisk Anda kemudian buka polder  hasil ekstrak tadi lalu jalankan WinUSB maker.exe, jika flashdisk sudah terbaca oleh winusb maker maka ada tulisan welcome, kemudian pilih usb flashdisk yang akan di installkan windows XP tersebut.

3. (Anda sudah punya Windows XP dalam format ISO) Kemudian untuk file iso klik yang "Setup to usb" dan pilih "I want to work with an ISO image file" dan klik tombol dibawah nya yaitu "select an iso or directory" untuk memilih windows xp iso nya di direktori harddisk, untuk langsung menjalankan nya klik tombol "Make USB bootlable". 

4. Klik tombol yang "I want to work with a directory" Kemudian klik lagi tombol "select an iso or directory" untuk mencari folder atau cd/dvdrom windows yang akan di bootable ke usb flashdisk. Langsung copy file ke usb klik tombol "Make USB bootable" dan tunggu hingga copy file selesai.

5. Setelah flash drive atau flash disk sudah terisi live cd bootable windows xp sp2, sp3. Lakukan installan seperti biasanya ketika menggunakan CD boot.

Perhatian: Flashdisk yang anda gunakan akan terformat jadi backup dulu data yang ada didalamnya.

Setelah USB Flashdisk Anda di format dan sudah ada file iso Windows XP maka flashdisk Anda sudah bisa dipakai untuk install Windows XP. Jadi flashdisk Anda sudah sama dengan CD installer Windows XP. Anda tinggal melakukan install Windows XP sama seperti jika menggunakan CD installer Windows XP. Namun demikian jika Anda seorang pemula yang belum pernah melakukan install Windows XP maka Anda bisa simak urutan Cara install Windows XP lewat USB Flashdisk berikut ini:

1. Silahkan tancapkan USB Flashdisk di PC, laptop, notebook  kemudian lakukan perubahan seting di bios di bagian boot disk bagian yang pertama set ke boot usb 1st boot to usb

Caranya restart PC/LAPTOP/komputer dan pada saat komputer akan nyala klik tombol yang telah ditentukan setting pilihan boot oleh komputer, seperti pada umumnya tombol untuk melakukan pilihan boot disk yaitu tombol F7, F8, F9, F10, F11, F12 pilih salah satu nya sesuai dengan setingan komputer nya, sehingga pilihan booting akan muncul bila sudah muncul klik boot to usb.

2. Tunggu sampai ada tulisan Press any key to boot from CD. Kemudian tekan tombol sembarang (terserah anda)

3. Ada 3 pilihan Instalasi,

Enter = menginstal Windows XP
R = Repair Windows XP yang sebelumnya sudah terinstal &
F3 = keluar dari proses instalasi.



4. Pada Windows XP Licensing Agrement, tekan F8

5.  Lalu proses Pastisi Harddisk, ukuran/kapasitas dan jumlah partisi terserah anda.

Note : "jika sebelumnya Anda sudah terinstal Windows/Sistem Operasi, hapus dulu partisi sistemnya setelah itu baru tentukan lagi partisinya. jika tidak maka sistem operasi akan error"

6. Kalau mau langsung menginstal, tekan Enter, tapi kalau mau membagi partisi, tekan C. maka akan tampil pembagian partisi (pembagian dalam satuan MB. contoh : jika ingin 25 GB, maka  ditulis 25000 MB).

7. Jika sudah, tekan Enter pada partisi yang anda inginkan (saya sarankan pada partisi urutan pertama, untuk mempermudah proses instalasi).


8. Maka akan muncul pilihan format partisi.

saran:  pilih yang Quick, karena prosesnya lebih cepat


9. Lalu proses format dan setelah itu, proses penyalinan file instalasi.Setelah proses penyalinan selesai, komputer akan restart otomatis. untuk mempercepat restart, anda bisa langsung tekan Enter.




10. Lalu akan muncul tampilan Grafik Windows XP dan Setelah itu akan muncul proses instalasi berbasis grafik.



11. Akan mucul tampilan grafik Welcome to Microsoft Windows dan klik Next dan pada bagian Help Protect Your PC sebaiknya pilih Not Right Now Lalu tinggal Next, Next, dan Next.Sampai muncul jendela Welcome dan akhirnya muncul tampilan dekstop Windows XP.



Demikianlah tips bagaimana Cara install Windows XP dengan USB flashdisk lengkap dengan gambar. Silahkan bisa Anda praktekkan sendiri dirumah. Semoga bermanfaat.

Tags:
cara install windows xp lewat flashdisk, cara install windows xp pakai flashdisk
Cara Install Windows XP Lewat Flashdisk Lengkap Dengan Gambar Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri