Tips Cara Memilih dan Membeli RAM Komputer Yang Cocok

Tips Cara Memilih dan Membeli RAM Komputer Yang Cocok - RAM komputer merupakan salah satu bagian terpenting di dalam PC Anda. RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan data sementara di dalam komputer atau laptop kita. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin kuat pula komputer tersebut menjalankan program secara bersamaan. Upgrade RAM anda menjadi 1 GB, 2 GB atau 4 GB. Anda juga dapat mengganti processor yang terbaru tetapi tentunya biayanya lebih mahal bila membeli 1 unit processor, oleh karena itu penggantian RAM lebih efektif mempercepat komputer.

Sebelum Anda mengganti dan membeli RAM komputer Anda yang baru, terlebih dahulu Anda harus tahu apakah RAM tersebut cocok dpasangkan di PC Anda. Jika tidak cocok tentunya akan sia-sia saja. Anda harus tahu apakah RAM di komputer Anda itu termasuk DDR, DDR2 atau DDR3. Hal ini sangat penting sekali karena jika salah maka RAM yang sudah Anda beli tidak cocok dipasang di komputer Anda. Misalnya RAM dikomputer Anda adalah termasuk DDR2 maka Anda juga belinya harus RAM DDR2 bukan yang DDR3 karena nanti tidak akan cocok dan tidak jalan komputer Anda.

Selain itu masih ada tips lainnya bagaimana cara memilih RAM komputer yang cocok dan bagus untuk komputer/PC/laptop Anda. Dan berikut ini beberapa tips cara memilih dan membeli RAM komputer yang cocok dan bagus untuk PC Anda:

Tips Cara Memilih RAM Komputer yang Cocok dan Bagus

1. Ketahui jenis tipe RAM dan Mobo/Motherboard yang digunakan
Sebelum membeli RAM komputer yang baru, Anda harus mengetahui jenis RAM yang digunakan dan jenis Mobonya. Jadi Anda harus mengetahui spesifikasi komputer Anda terlebih dahulu [Baca artikel tentang Cara mengetahui spesifikasi komputer/PC/Laptop]. Jika tipe RAM komputer Anda termasuk DDR2 maka belilah yang DDR2 juga. Dan jika Mobo Anda termasuk yang PC2-5300 maka belilah RAM yang itu juga, jadi Anda belinya yang RAM 1GB DDR2 PC2-5300 (itu jika Anda ingin ganti RAM dari 512MB ke yang 1GB). Anda bisa lhat gambarannya berkut ini:


2. Ketahui slot RAM komputer Anda
Sebelum membeli RAM yang baru dengan kapasitas yang lebh besar, Anda juga harus mengetahui slot RAM yang ada di Mobo/motherboard komputer Anda, apakah ada 1 slot atau 2 slot karena keduanya bisa digunakan agar performa komputer Anda lebih cepat dan ringan. Jika ingin menggunakan RAM kapasitas 2 GB atau 4 GB dan slot RAM pada mobo Anda ada 2 atau dual channel saya sarankan menggunakan 2 keping. Jika 2 GB beli yang 1 GB dan 1 GB, jika 4 GB beli yang 2 GB 2 GB.Kenapa saya menyarankan seperti itu? Agar performa komputer Anda berjalan lebih baik dan seimbang. Ibaratnya bayangkan jika Anda membawa 4 kilogram semen ditangan kanan dan tangan kiri anda kosong.Apa yang terjadi?, Jadinya tidak seimbang, .sama seperti komputer Anda bisa tidak sembang performanya.

3. Perhatikan kapasitas maksimal ukuran memori dan clocknya setiap slot.
Contoh PC yang maksimal setiap slotnya 2 giga dan clocknya 800mhz atau PC6400 maka belilah RAM dengan tipe yang sesua seperti itu. Jika kelebihan komputer anda bisa gagal booting.

4. Perhatikan OS komputer Anda.
Jika Anda ingin menambah jumlah RAM dari 4 giga menjadi 8 giga maka perhatikan OS yang Anda pakai. Jika Anda menggunakan misalnya OS windows 7 ultimate 32 bit, mau bagaimanapun RAM yang terdeteksi cuma 4 giga, kan mubadzir tuh yg 4 giga gak kebaca, jadi mending ganti OS yg 64 bit.

5. Perhatikan frekuensi RAM sebelumnya.
Jika Anda ingin menambah RAM, misal di PC Anda sudah ada 2 GB ingin tambah 1 GB atau 2GB perhatikan Frekuensi RAM sebelumnya. Jika RAM sebelumnya PC6400 atau 800 Mhz maka carilah frekuensi RAM yang baru setara dengan yang lama yaitu PC6400, karena jika RAM yang baru hanya PC5300 atau 666 Mhz maka RAM yang baru akan mengikuti RAM yang lama menjadi 666 Mhz, tentunya rugi besar dong. Lihat juga timingnya. Semakin rapat timingnya maka semakin kencang larinya. Contoh timing PC6400 ada yang 5-5-5-15 dan 6-6-6-18. Anda pasti tahu kan harus memilih yang mana?, jelas pilih yang 6-6-6-18. Untuk melihat timing dan segalanya Anda bisa cek lewat software CPU-z. Merk RAM berbeda tidak masalah yang penting spesifikasi sama.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara memilih dan membeli RAM komputer yang cocok dan bagus untuk PC Anda. Jika kinerja komputer Anda sepertinya lelet atau lemot, mungkin sudah saatnya Anda mengganti kapasitas RAM komputer Anda dengan yang lebih besar. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Tips Komputer lainnya hanya di Blog Caratip ini.

Tags:
cara memilih ram komputer yang cocok, tips membeli ram komputer yang bagus dan cocok
Tips Cara Memilih dan Membeli RAM Komputer Yang Cocok Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri