Kamu Takut Petir ? Inilah Cara Agar Rumah Terhindar Dari Sambaran Petir!

Cara Agar Rumah Terhindar Dari Sambaran Petir - Beberapa bulan lagi akan masuk musim hujan. Memasuki musim penghujan biasanya ditandai dengan adanya petir yang menyambar di tengah-tengah awan yang mendung. Petir memang berbahaya bagi kita ataupun bagi rumah kita. Rumah yang tersambar petir bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran atau hangus terbakar karena sambaran petir bisa memuncul terjadinya percikan api yang bisa membakar apa saja yang di sambarnya. Karena itulah sudah seharusnya kita cegah agar rumah yang kita tempati tidak tersambar petir.

Cara Agar Rumah Terhindar Dari Sambaran Petir

Untuk mencegah terjadi sambaran petir ke rumah Anda maka salah satu cara yang bisa kta lakukan adalah dengan memasang penangkal petir di rumah Anda. Penangkal petir sendiri ada 2 yaitu penangkal petir eksternal yang dipasang di luar rumah teutama di atas bangunan yang tinggi dan juga penangkal petir interneal yang dipasang di dalam rumah. Fungsi penangkal petir ebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya.

`Sistem kerja' petir hanya menjangkau benda-benda tertinggi. Jadi, rumah-rumah bertingkat, apalagi sekitarnya tidak ada bangunan lebih tinggi lagi, sebaiknya memasang penangkal petir. Petir akan menyambar si penangkal petir. Tapi, bila rumah Anda tidak bertingkat, berada di tengah lapang luas wajib juga memasang penangkal petir. Pasalnya, rumah Andalah yang akan menjadi sasaran petir. Namun, jika di sekitar rumah Anda banyak gedung bertingkat, tidak masalah tidak memasang penangkal petir. Gedung bertingkat itu dianggap sebagai pelindung.

Tapi, jangan berlega hati dulu. Pentalan petir bisa datang tak terarah. Walaupun dekat bangunan lebih tinggi, bisa saja imbas pentalannya menyambar ke sekitarnya. Bisa juga pohon yang tersambar petir, pentalannya terkena rumah di sekitarnya.

Saat ini ada dua macam penangkal petir, yaitu yang eksternal, dipasang di luar rumah, dan penangkal petir internal, dipasang di dalam rumah.

Bentuk fisik petir eksternal runcing. Penangkal dari bahan tembaga ini diletakkan di ujung-ujung bagian tertinggi rumah atau bangunan. Cara kerja penangkal petir eskternal, menangkap petir, dan menyalurkan ke tanah sehingga rumah terhindar dari kerusakan.

Bentuk ujung penangkal eksternal itu sengaja dibuat runcing. Sebab, muatan listrik mempunyai sifat mudah berkumpul dan lepas pada ujung logam yang runcing. Dengan demikian memperlancar proses tarik-menarik dengan muatan listrik yang ada di awan.

Sementara itu, untuk menangkal petir tidak langsung yang bisa merusak barang-barang elektronik di rumah adalah dengan memasang penangkal petir internal (arrester). Penangkal petir ini dipasang pada perangkat panel barang elektronik. Untuk kelas rumahan perangkat seperti ini cukup dipasang pada panel listrik atau tiap barang elektronik.

Namun, tak selalu dua penangkal petir ini menjadi kewajiban. Bila di sekitar rumah Anda ada bangunan lebih tinggi penangkal eksternal bisa `menumpang' dari bangunan tersebut. Artinya, Anda tak perlu memasang di atas rumah. Tapi, penangkal internal tetap dibutuhkan.

Biasanya, penangkal petir internal dipasang pada barang-barang elektronik yang dianggap penting, banyak gunanya, bagi keluarga. Umumnya rumah tangga memasang pada televisi dan komputer. Kendati begitu, ada alternatif lain yang bisa dilakukan agar barang elektronik aman selama hujan dan petir sambar-menyambar, yaitu matikan listrik, cabut saluran antena televisi, dan kabel telepon.

Demikianlah tips bagaimana cara agar rumah terhindar dari sambaran petir. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Cara Ampuh Mengatasi Pagar Besi Rumah Berkarat.

Tags:
cara agar rumah tidak tersambar petir, cara menghindari sambaran petir ke rumah, alat penangkal petir, harga alat penangkal petir, cara membuat penangkal petir sendiri
Kamu Takut Petir ? Inilah Cara Agar Rumah Terhindar Dari Sambaran Petir! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri