Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Mudik Agar Aman dan Nyaman

Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Mudik - Mudik adalah tradisi tahunan yang hampir dilakukan oleh setiap orang yang hidup di perantauan. Hampir tiap tahun menjelang Lebaran para perantau berbondong-bondong melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing. Ada yang mudik dengan menggunakan bus, kereta api atau bahkan dengan menggunakan sepeda motor. Nah mudik dengan menggunakan sepeda motor saat ini banyak dilakukan oleh sebagan orang, karena selain lebih hemat juga lebih cepat jalannya karena bisa menghindari kemacetan dijalan raya, hal itu karena sepeda motor bisa menerobos jalan-jalan yang sempit.

Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Mudik

Mudik dengan menggunakan sepeda motor tentu berbeda dengan menggunakan bis. Mudik dengan sepeda motor harus Anda persiapkan betul-betul terutama sepeda motor yang Anda gunakan, agar nantinya bisa lancar dalam perjalanan mudik. Nah buat Anda yang ngin mudk dengan menggunakan sepeda motor, simak beberapa tips mengendarai sepeda motor saat mudik agar terasa aman dan nyaman berikut ini.

Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Mudik

Menyiapkan Perbekalan
Saat akan mudik, ada baiknya jika Anda menyiapkan perbekalan seperti air minum dan makanan ringan. Perbekalan ini bisa Anda konsumsi saat Anda tidak kuat berpuasa atau berhenti untuk beristirahat.

Persiapan Fisik
Saat akan berangkat, pastikan agar tubuh Anda berada dalam keadaan yang fit. Selain itu, tenangkan dan jauhkan diri dari perasaan was-was agar perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan.

Jika Anda Sakit
Jika ternyata Anda sakit dan harus minum obat, pastikan kalau obat tersebut tidak membuat Anda mengantuk. Karena jika Anda mengemudi dalam keadaan mengantuk, maka hal tersebut akan membahayakan diri Anda sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Memeriksa Roda Motor
Sebelum berangkat, pastikan agar Anda memeriksa roda motor. Caranya adalah putarlah roda motor Anda, jika putarannya terasa berat berarti ada masalah pada poros roda motor Anda. Oleh karena itu, periksalah ada yang bengkok pada as, stempet laher dan pelek roda.

Memeriksa Angin Ban
Pastikan bahwa keadaan angin ban Anda sesuai dengan beban yang akan ditanggungnya. Sebaiknya ban tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Ban yang lembek akan membuat beban terlalu berat sehingga motor jadi boros bensin. Tapi jika ban terlalu keras, maka bisa jadi Anda tergelincir.

Memeriksa Rem
Rem adalah bagian yang penting dari motor. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa keadaannya. Jika Anda merasa ada yang kurang beres atau oli remnya kurang, sebaiknya Anda segera membawanya ke bengkel.

Bagi yang Pertama Kali
Jika Anda ingin mudik pertama kalinya dengan menggunakan motor, sebaiknya Anda tidak membawa penumpang. Hal ini untuk menjaga kenyamanan Anda.

Perlengkapan Lainnya
Ada baiknya jika Anda menggunakan helm full face untuk menjaga keselamatan. Tapi jika Anda tidak punya, Anda bisa menggunakan helm half face dan gunakan masker untuk menutup mulut. Pastikan juga kalau helm Anda memenuhi syarat SNI dan tidak mudah pecah. Jangan lupa untuk menggunakan jaket yang agak longgar serta sarung tangan.

Berdo’a
Sebelum berangkat, pastikan kalau Anda berdo’a kepada Yang Maha Kuasa dan mintalah perlindungan kepada-Nya agar Anda selamat sampai tujuan.

Saat Berlalu Lintas
Saat berada dalam perjalanan, pastikan agar Anda mengikut rambu-rambu yang ada serta tertib dalam berlalu lintas. Selain itu, kendalikan emosi Anda saat dalam perjalanan.

Beristirahat
Setelah Anda mengendarai motor selama 2 jam, sebaiknya Anda beristirahat sejenak. Ada banyak tempat untuk beristirahat seperti masjid, pom bensin, pos-pos kesehatan dan lain-lain. Saat istirahat rebahkanlah tubuh Anda, lemaskan otot Anda dan pijatlah kaki Anda. Setelah itu, periksa lagi keadaan motor Anda.

Demikianlah tips mengendara sepeda motor saat mudik agar aman dan nyaman, semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda. Baca juga Tips mudik aman dan nyaman bersama keluarga.

Tags:
tips mengendarai sepeda motor saat mudik, cara aman mengendarai sepeda motor saat mudik
Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Mudik Agar Aman dan Nyaman Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri