Cara Mengatasi PC/Komputer Yang Lambat/Lelet/Lemot Dengan Mudah

Cara Mengatasi PC/Komputer Yang Lambat/Lelet/Lemot Dengan Mudah - Komputer lemot, komputer lambat loading atau komputer lelet loadingnya ?. Memang mengesalkan sekali jika komputer yang sedang digunakan loadingnya lelet dan lemot. Mau membuka browser saja munculnya lama banget, padahal sedang terburu-buru waktunya. Jadi tidak bisa mempercepat pekerjaan kita. Kenapa komputer bisa lelet ?. Komputer yang lelet bin lemot bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, mungkin karena pengaruh CPUnya atau mungkin sudah terjangkit virus komputer. Nah buat Anda yang sedang mengalami komputer lemot bin lelet, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi komputer yang lambat dan lemot bin lelet:

mengatasi komputer yang lelet
Mengatasi Komputer Lelet
Cara Mengatasi PC/Komputer/Laptop Lambat dan Lemot

1. Periksa program/ aplikasi yang memakan memori cukup banyak. Untuk mengeceknya bisa melalui ‘Task Manager’.
Ctrl+Alt+Del -> Task Manager -> tab “Process”
Melalui task manager maka akan terlihat aplikasi yang menggunakan memori. Silahkan anda tutup/ close/ end process program yang tidak dibutuhkan.

2. Teralalu banyaknya modul yang terinstall akan membuat komputer menjadi lambat. Kadangkala kita  sering menginstall banyak modul untuk melakukan tugas terutama seorang mahasiswa atau siapapun yang ingin trial and error. Itu membuat aplikasi tersebut jadi menumpuk meskipun aplikasi tersebut tidak sering digunakan. Anda dapat memerikasa module apa saja yang sudah terinstal di komputer anda melalui cara klik add/remove module di carry out row serta un-install program/ aplikasi yang hanya menjadi accesories tersebut.

3. Untuk Windows 7, apabila masih lambat anda bisa melakukan cara berikut ini:
Control Panel -> Performance Information & Tools (manfaatkan fitur search) -> Adjust Visual Effects.
Pada tab “Visual Effects”, pilih “Adjust for best performance”. Atau dapat juga uncheck pada list yang terletak dibagian bawah. Itu untuk menghilangkan tampilan visual yang tidak dibutuhkan agar konsumsi memori lebih berkurang dan komputer akan menjadi lebih cepat.

4. Manfaatkan fitur defragment.
Kali ini coba lakukan “Disk Defragment”.  Pada kotak search di start ketikkan  “Defragment”  kemudian tekan Enter.
Setelah itu defragment Harddisknya.

5. Hapus file-file yang tidak diperlukan terletak  di folder prefect.
Caranya: Buka explorer -> C://windows/prefetch -> hapus seluruh file yang ada di dalam folder prefetch tersebut.

6. Gunakan software ccleaner yang berfungsi untuk membersihkan program-program komputer yang tidak penting. Silahkan download softwarenya disini.

Demikianlah beberapa cara mengatasi komputer yang lambat dan lemot yang bisa Anda lakukan, semoga dengan cara diatas Anda bisa menyelesaikan masalah komputer lambat yang Anda miliki. Baca juga Cara cek spesifikasi Hardware CPU komputer.

Tags:
cara mengatasi komputer lelet, cara mengatasi pc lemot, cara mengatasi laptop lambat, cara agar pc/komputer cepat loadingnya
Cara Mengatasi PC/Komputer Yang Lambat/Lelet/Lemot Dengan Mudah Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri