Cara Menghilangkan Gatal Kulit Karena Ulat Bulu Terbukti Ampuh

Cara Menghilangkan Gatal Kulit Karena Ulat Berbulu - Pernahkah Anda memanjat pohon kemudian setelah turun dari pohon tiba-tiba kulit Anda gatal-gatal tidak karuan ?. Mungkin kulit Anda bersentuhan dengan ulat berbulu sehingga bulu ulat tersebut menempel ke kulit Anda dan racunnya menyebar ke seluruh kulit Anda. Rasanya memang benar-benar pedih, inginnya di garuk terus. Saya sendiri sedang mengalaminya, gara-gara nebang pohon dadapan gak tahu kenapa tiba-tiba kulit gatal semua. Ini pasti karena ulat berbulu. Lalu bagaimana cara mengatasi gatal kulit karena ulat berbulu, cara menghilangkan gatal dikulit karena bulu ulat, cara mengobati gatal kulit karena ulat berbulu ?

Cara menghilangkan gatal karena ulat bulu
Ulat Bulu

Ulat bulu memang hewan yang kecil tapi besar akibatnya jika kita bersentuhan atau mengganggunya. Bulu ulat ini mengandung racun yang bisa menyebabkan kulit kita alergi ataupun gatal-gatal. Nah untuk mengatasi dan menghilangkan gatal karena ulat bulu ini ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Salah satu cara menghilangkan gatal kulit karena ulat berbulu adalah dengan memberikan bedak anti gatal seperti bedak Salicyl atau Caladine. Jika cara ini kurang mempan maka kita bisa mencoba cara yang lainnya. Dan berikut ini beberapa cara untuk mengatasi, mengobati, menyembuhkan dan menghilangkan gatal-gatal karena ulat bulu:

Cara Menghilangkan Gatal-gatal di Kulit Karena Ulat Bulu

1. Hilangkan Bulu Yang Menempel
Untuk menghilangkan bulu ulat bulu yang menempel pada kulit kita bisa menggunakan kertas, selotip, di sisir pakai pisau (hati-hati ya), atau secara alami seperti halnya kita menghilangkan duri bambu yaitu di gosok-gosokkan ke rambut. Langkah ini harus dilakukan secepatnya sebelum racun dari bulu ulat bulu menyebar ke bagian lain.

2. Cuci Dengan Air Bersih Mengalir
Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun ulat bulu yang tertinggal pada kulit kita serta hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di kulit kita sehingga mencegah terjadinya infeksi.

3. Garam
Garam dapat dimanfaatkan untuk mengusir ular dan kelabang serta dapat membantu melepaskan gigitan pacet dan lintah. Namun ternyata garam juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gatal akibat ulat bulu. Struktur garam yang kasar dapat menghilangkan bulu-bulu ulat bulu yang tertinggal serta dapat menghilangkan racun ulat bulu yang tersisa. Caranya cukup gosokkan garam ke bagian yang gatal terkena ulat bulu selama 3-5 menit.

4. Jangan digaruk
Dengan menggaruk bagian yang gatal akan membuat racun ulat bulu menyebar, anda pasti mengalami kan benjol akibat gigitan nyamuk akan semakin besar kalau di garuk, hal ini juga berlaku bagi gatal akibat ulat bulu. Selain itu garukan yang kita lakukan dapat menyebabkan kulit kita terluka dan beresiko terjadinya infeksi. Sebaiknya tahanlah diri anda untuk tidak menggaruknya.

5. Daun Sirih
Daun sirih terkenal sebagai obat-obatan tradisional dan sering dimanfaatkan oleh nenek moyang kita. Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk mengusir semut dan nyamuk namun juga dapat menghilangkan gatal akibat ulat bulu. Untuk menghilangkan gatal akibat terkena ulat bulu cukup anda petik daun 4-5 lembar daun sirih yang agak muda. Kemudian cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian tumbuklah hingga halus tau jika anda terburu-buru bisa dengan melumatnya dengan tangan sampai lumat, teteskanlah sedikit air untuk mengeluarkan zat yang terkandung dalam daun sirih. Bila sudah lumat segera tempelkan ke bagian yang gatal akibat terkena ulat bulu.

6. Es Batu
Es batu sangat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri salah satunya adalah untuk mengobati keseleo. Nah selain itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan bengkak akibat terkena ulat bulu, dengan suhu es yang rendah akan membuat racun ulat bulu membeku dan menghentikan penyebarannya. Lakukan pengompresan dengan es 5-10 menit sekali, lakukan terus menerus sampai bengkaknya mulai mengempis.

7. Getah Labu
Ada orang yang bilang menggunakan getah labuh. Ambillah batang labu, gunakan kertas untuk memegangnya agar anda tidak terkena bulunya. Tekan batang labu sampai keluar getah, kemudian oleskan ke bagian yang gatal akibat ulat bulu. Benar atau tidaknya cara ini tapi patut di coba, karena banyak sekali cara-cara tradisional yang kita anggap sepele namun ternyata berkhasiat.

8. Pergi Ke Dokter Atau Bidan
Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil dan bengkak dan rasa gatalnya tidak mau berkurang, ini mengindikasikan adanya alergi. Ada baiknya anda segera pergi ke dokter atau bidan agar alergi akibat racun ulat bulunya tidak bertambah parah.

9. Kunyit
Untuk menghilangkan gatal akibat ulat bulu bisa menggunakan kunyit. Parutlah beberapa bongkol kunyit atau jika anda tidak mempunyai parutan cukup dengan menumbuknya sampai lumat. Kemudian campurlah dengan kapur sirih. Selanjutnya tinggal anda tempelkan campuran kunyit dan kapur daun sirih ke area yang gatal akibat ulat bulu.

10. Sambiloto
Caranya cukup dengan menghaluskan daun sambiloto cukup menggunakan tangan, kemudian gosokkan ke bagian tubuh yang gatal akibat ulat bulu. Insya Allah 5 menit kemudian gatal akibat ulat bulunya akan hilang.

Demikianlah cara alami mengatasi gatal kulit karena ulat berbulu terbukti ampuh. Semoga cara diatas bermanfaat untuk Anda yang sedang mengalami gatal-gatal karena ulat berbulu.

Tags:
cara mengatasi gatal kulit karena ulat berbulu, cara alami menghilangkan gatal kulit karena ulat berbulu, cara mengobati gatal kulit karena bulu ulat, bedak untuk gatal kulit, cara menyembuhkan gatal-gatal dikulit karena ulat berbulu
Cara Menghilangkan Gatal Kulit Karena Ulat Bulu Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri