Cara Mengatasi Kecanduan Rokok / Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh

Cara Ampuh Menyembuhkan Kecanduan Rokok, Cara Berhenti Merokok - Update artikel kali ini Blog Caratip.com akan memberikan tips kesehatan yaitu bagaimana cara menyembuhkan kecanduan rokok, cara mengatasi kecanduan rokok, cara menghilangkan kecanduan rokok, cara berhenti merokok yang terbukti ampuh. Jika Anda seorang perokok aktif dan ingin berhenti dari kebiasaan merokok, tentu Anda harus melakukan berbagai upaya dan usaha agar hari ini dan seterusnya Anda tidak merokok. Biasanya seseorang yang biasa merokok jika satu hari saja tidak merokok sepertinya ada yang kurang. Kecanduan rokok memang vukup berbahaya bagi seseorang apalagi jika orang tersebut tidak bisa mengimbangi dengan menjaga kesehatannya dengan melakukan olah raga teratur. Kita semua tahu bahwa rokok mengandung berbagai macam racun yang bisa membahayakan paru-paru kita. Meskipun demikian ternyata masih ada saja yang mau merokok.

Cara Ampuh Menyembuhkan Kecanduan Rokok
(Cara Berhenti Merokok)

Nah bagi Anda yang serius mau menghilangkan dari kebiasaan merokok atau kecanduan rokok, Anda bisa simak beberapa tips cara menyembuhkan kecanduan rokok berikut ini:

Cara Mengatasi Kecanduan Rokok Terbukti Ampuh

1. Ketahuilah mengapa Anda harus berhenti merokok.
Jadi Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu mengapa? Alasan seperti "Karena itu buruk bagi kesehatan Anda" tidak cukup baik. Untuk mendapatkan motivasi, Anda butuh suatu alasan pribadi yang kuat untuk berhenti. Mungkin Anda ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok karena selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok dapat mengakibatkan orang - orang di sekitar anda terkena penyakit - penyakit berbahaya seperti kanker paru - paru dan jantung. Selain itu mungkin Anda merasa ketakutan diputusin pacar atau di ceraikan istri gara-gara tidak bisa berhenti merokok? ( Make sense.. Pilih istri apa rokok??? :D ). Pilih alasan yang cukup kuat untuk mengimbangi dorongan untuk menyala.

2. Jangan berhenti merokok pada saat itu juga.
Anda mungkin tergoda untuk melemparkan rokok Anda dan menyatakan kalau Anda telah berhenti merokok, simple dan sederhana. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Tidak ada cara cepat berhenti merokok. Sembilan puluh lima persen orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan akan kembali untuk merokok. Alasannya adalah nikotin adalah senyawa yang menyebabkan ketergantungan. Otak kita menjadi terbiasa dengan nikotin dan akan selalu "haus" akan hal itu. Pada saat tidak merokok, gejala ketergantungan akan nikotin muncul.

3. Lakukan Terapi Penggantian Nikotin.
Ketika Anda berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk "merokok satu batang saja" akan sering muncul pada diri anda. Terapi penggantian nikotin ini dapat membantu mengurangi dorongan nafsu untuk merokok. Studi menunjukkan permen karet nikotin, "lozenges", dan "patches" dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok umumnya tidak dianjurkan.

4. Minta Resep Pada Dokter Anda.
Untuk memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan resepnya kepada dokter Anda. Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Mereka juga dapat membuat merokok kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

5. Jangan Rahasiakan Kalau Anda Mau Berhenti Merokok.
Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti. Dorongan mereka bisa membuat perbedaan. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan seorang psikolog. Behaviour Therapy adalah jenis konseling yang membantu Anda mengidentifikasi strategi untuk berhenti merokok. Kombinasikan Behaviour Therapy dengan produk pengganti nikotin dan / atau obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

6. Hindari diri Anda dari Stress
Salah satu alasan orang merokok adalah bahwa nikotin dapat membantu mereka rileks. Setelah Anda berhenti, Anda akan perlu cara lain untuk mengatasi stres. Mencoba mendapatkan pijat biasa, mendengarkan musik santai, atau belajar yoga atau tai chi. Jika mungkin, hindari situasi stres selama beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.

7. Hindari diri Anda dari Alkohol.
Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk mengurangi minuman keras ketika Anda pertama berhenti. Jika kopi adalah pemicu, beralih ke teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda biasanya merokok setelah makan, menemukan sesuatu yang lain untuk melakukan sebaliknya, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen karet.

8. Bersihkan Rumah Anda.
Setelah Anda merokok rokok terakhir Anda, bersihkan semua asbak dan korek api. Mencuci pakaian apapun yang berbau seperti asap dan membersihkan karpet Anda, gorden, dan kain pelapis. Gunakan penyegar udara untuk membantu membersihkan rumah Anda dari aroma rokok yang familiar. Anda tidak ingin melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda tentang merokok.

9. Selalu Mencoba lagi dan Coba lagi.
Sangat umum jika Anda kambuh ingin merokok kembali. Banyak perokok mencoba beberapa kali sebelum menyerah dari rokok untuk selamanya. Periksa emosi dan keadaan yang menyebabkan Anda kambuh untuk merokok lagi. Kemudian menggunakannya sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Anda untuk berhenti merokok. Setelah Anda membuat keputusan untuk mencoba lagi, menetapkan "tanggal berhenti" dalam bulan depan.

10. Sibukkan Diri Anda dengan Aktivitas Fisik.
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketagihan nikotin dan meringankan beberapa gejala ketergantungan. Bila Anda ingin merokok, memakai sepak bola atau sepatu jogging sebagai gantinya. Bahkan olahraga ringan sangat membantu, seperti berjalan - jalan di taman atau mencabut rumput liar di kebun. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan menangkal kenaikan berat badan saat Anda berhenti merokok.

11. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran.
Jangan mencoba untuk diet sambil berhenti merokok - kekurangan terlalu banyak nutrisi pasti akan menjadi bumerang. Sebaliknya, fokuslah pada makanan buah buahan, sayuran, dan produk rendah lemak. Sebuah studi di Duke University menunjukkan makanan ini membuat rokok terasa mengerikan. Ini memberi Anda peralatan perang saat mengidam rokok selain itu tubuh Anda juga menjadi sehat.

12. Beri Hadiah pada diri Anda jika berhasil berhenti merokok.
Selain manfaat kesehatan yang luar biasa, salah satu keuntungan dari berhenti merokok adalah semua uang yang Anda akan hemat. Hadiahi diri Anda dengan menghabiskan sebagian dari uang itu ( ingat! sebagian.. :D ) pada sesuatu yang menyenangkan.

13. Lakukan demi Kesehatan Anda.
Ada lebih dari keuntungan materi semata yang didapat. Berhenti merokok memiliki manfaat kesehatan langsung. Ini menurunkan tekanan darah Anda dan mengurangi detak jantung Anda hanya dalam 20 menit setelah merokok. Dalam sehari, karbon monoksida dalam darah Anda kembali normal. Dalam waktu dua minggu sampai tiga bulan, resiko Anda dari serangan jantung menurun dan paru-paru Anda mulai berfungsi lebih baik. Manfaat jangka panjang termasuk penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker paru-paru, dan kanker lainnya.

Demikianlah tips bagaimana cara menyembuhkan kecanduan rokok yang terbukti ampuh. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda sehingga Anda bisa berhenti merokok untuk selamanya dan seterusnya agar kesehatan Anda tetap terjaga.

Tags:
cara menyembuhkan kecanduan rokok, cara agar terlepas dari rokok, cara menghilangkan kecanduan rokok, cara mengatasi kecanduan rokok, cara berhenti merokok
Cara Mengatasi Kecanduan Rokok / Cara Berhenti Merokok Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri