Cara Mengobati Gondongan Secara Alami Terbukti Ampuh

Cara Mengobati Gondongan Secara Alami Terbukti Ampuh - Update artikel kali ini Blog Caratip.com akan berbagi Tips Kesehatan yaitu tentang cara mengobati penyakit gondongan, cara mengatasi gondongan, cara menghilangkan gondongan, cara menyembuhkan gondongan, penyebab penyakit gondongan dan cara mencegah penyakit gondongan. Gondongan atau bahasa jawanya Gandongen atau istilah medisnya adalah parotitis atau mumps, merupakan radang penyakit di kelenjar ludah yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Penyakit ini bersifat menular. Anak-anak biasanya paling sering terkena penyakit ini, terutama ketika daya tahan tubuh menurun. Pada orang dewasa lebih jarang, sebab daya tahan tubuhnya relatif lebih kuat.

Penyakit Gondongan termasuk penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Penyakit gondongan tersebar di seluruh dunia dan dapat timbul secara endemic atau epidemik, Gangguan ini cenderung menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya.

Penyebab penyakit Gondongan dan Gejalanya

Penyakit Gondongan disebabkan oleh virus golongan Paramyxovirus yang berkembang di dalam kelenjar air liur yang kemudian bisa di tularkan melalui percikan reniknya lewat bersin, ciuman, bicara dan batuk. Berbeda dari dari gondok yang disebabkan oleh hormon tiroid dan mengakibatkan pembengkakan pada bagian leher, sementara gondongan memicu pembengkakan pada daerah kelenjar air liur (parotis). Penyakit gondongan biasanya menyerang saat kondisi tubuh dalam kondisi tidak fit dan antibody menurun. Bakteri Staphylococcus juga dapat menyebabkan gondongan.

Gejala atau Ciri-ciri orang yang terkena penyakit Gondongan

  1. Pada tahap awal (1-2 hari) penderita Gondong mengalami gejala: demam, sakit kepala, nyeri otot, kehilangan nafsu makan, nyeri rahang bagian belakang saat mengunyah dan adakalanya disertai kaku rahang (sulit membuka mulut).
  2. Selanjutnya terjadi pembengkakan kelenjar di bawah telinga (parotis) yang diawali dengan pembengkakan salah satu sisi kelenjar kemudian kedua kelenjar mengalami pembengkakan.
  3. Pembengkakan biasanya berlangsung sekitar 3 hari kemudian berangsur mengempis.
  4. Kadang terjadi pembengkakan pada kelenjar di bawah rahang (submandibula) dan kelenjar di bawah lidah (sublingual). Pada pria akil balik adalanya terjadi pembengkakan buah zakar (testis) karena penyebaran melalui aliran darah.

Cara Mengobati Penyakit Gondongan dan Cara Mencegahnya

Penyakit gondongan sebenarnya tergolong dalam “self limiting disease” (penyakit yg sembuh sendiri tanpa diobati). Penderita penyakit gondongan sebaiknya menghindarkan makanan atau minuman yang sifatnya asam supaya nyeri tidak bertambah parah, diberikan diet makanan cair dan lunak. Jka pada jaman dahulu penderita gondongan diberikan blau (warna biru untuk mencuci pakaian), sebenarnya itu secara klinis tidak ada hubungannya. Kemungkinan besar hanya agar anak yang terkena penyakit Gondongan ini malu jika main keluar dengan wajah belepotan blau, sehingga harapannya anak tersebut istirahat dirumah yang cukup untuk membantu proses kesembuhan.

Pengobatan untuk gondongan dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Untuk infeksi virus, maka pemberian obat penurun panas seperti parasetamol (Pamol, Sanmol, Tempra)untuk meredakan demam. Selain itu beberapa suplemen seperti multivitamin (AD Plex, Apialys, Becombion) dan Imuno Booster (Stimuno, Igastrum, Imboost) diberikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Pemberian antivirus biasanya tidak diperlukan, sebab gondongan merupakan penyakit self limited, yang akan sembuh dengan sendirinya.

Jika disebabkan oleh bakteri, maka bisa ditambahkan obat antibiotik seperti Amoksisilin (Kalmoxillin, Amoxsan), kombinasi Amoksisilin dan Asam Klavulanat (Clavamox, Claneksi). Obat antibiotik golongan sefalosporin seperti Cefadroksil (Cefat, Longcef), Cefixim (Cefspan) juga bisa digunakan.

Sedangkan untuk mencegah penyakit gondongan, orang yang sakit dianjurkan untuk pakai masker karena kumannya bisa menular melalui droplet atau bercak dahak saat batuk. Bagi yang masih sehat, dianjurkan untuk melakukan vaksin MMR (Mumps/Measles/Rubella) dan juga minum multivitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit.

Cara Mengobati Penyakit Gondongan dengan ramuan tradisional/bahan alami

Selain dengan pemberian obat diatas, penyakit gondongan juga bisa disembuhkan secara alami yaitu dengan menggunakan ramuan tradisional. Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati penyakit gondongan secara alami:

Ramuan tradisional obat gondongan pertama:

Bahan:
  1. 5 gram Adas ( Foeniculum Vulgare ).
  2. 10 gram Kencur ( Kaemferia rotunda linn ).
  3. 20 gram Kunyit ( curcuma aeruginosa ).
  4. 5 gram temu ireng ( Curcuma aeruginosa )
  5. 20 gram Temu lawak ( Curcuma Xanthorrhiza ).
  6. Gula aren ( Arenga pinnata ).
  7. 2 liter Air.
Cara pembuatan obat gondongan:
  • Rebus semua bahan kecuali gula aren dengan 2 liter air hingga mendidih dan air tinggal setengahnya.
  • Saring airnya dan tiriskan.
  • Ramuan alami penyakit gondong siap di gunakan.
Cara pemakaian herbal penyembuhan gondongan:
  • Minum ramuan sehari 2 kali, tambahkan gula aren secukupnya, pagi dan sore.
  • Lakukan beberapa kali.

Ramuan tradisional obat gondongan kedua:

Bahan:
  1. 10 ranting muda Belimbing ( Averrhoa Carambola ).
  2. 4 siung Bawang merah ( Allium Cepa ).
Cara membuat obat tradisional untuk menyembuhkan sakit gondongan:
  • Haluskan ranting muda belimbaing berikut daunya dan 4 siung bawang merah.
  • Obat gondong alami siap di gunakan sebagai obat luar.
Cara pengobatan:
  • Tempelkan di tempat yang sakit.
  • Lakukan rutin hingga sembuh.

Anda bisa mencoba salah satu dari kedua ramuan tradisikonal diatas untuk mengobati penyakit gondongan secara alami.

Demikianlah Tips Kesehatan kali ini tentang cara mengobati penyakit gondongan secara alami dan pencegahannya, semoga artikel diatas bermanfaat untuk Anda semua.

Tags:
cara mengatasi gondongan secara alami, cara alami mengobati gondongan, cara menyembuhkan gondongan, cara menghilangkan gondongan, penyebab gondongan, cara mencegah gondongan, obat gondongan di apotik, obat tradisional gondongan
Cara Mengobati Gondongan Secara Alami Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri