Gatal Karena Tungau ? Inilah Cara Menghilangkan Tungau dari Tubuh dengan Mudah, Wajib Dicoba!

Cara Menghilangkan Tungau dari Tubuh dengan Mudah - Apakah Anda pernah mengalami sakit karena tungau pada masa kecil dulu ?. Biasanya pada saat masih anak-anak seseorang bisa di gigit tungau, terutama pada bagian k*maluannya. Rasanya cukup perih, mau digaruk tapi sakit rasanya. Warna kulit jadi merah dan timbul benjolan karena gigitan tungau. Kali ini admin Blog Caratip.com akan memberikan info dan tips tentang apa itu tungau dan bagaimana cara mencegah dan menghilangkan tungau dari tubuh kita.

Tungau atau bahasa jawanya "Tengu" adalah hewan sangat kecil yang biasanya berwarna merah yang sering hingap di tempat-tempat yang lembab. Tungau termasuk dalam ordo Acarina. Tungau berbeda dengan Kutu (Bahasa Jawa: Tuma ) meskipun sama-sama hewan yang kecil. Kutu sendiri merupakan ordo Insecta (serangga), tungau lebih berdekatan dengan laba-laba dilihat dari kekerabatannya. Hewan ini merupakan salah satu avertebrata yang paling beraneka ragam dan sukses beradaptasi dengan berbagai keadaan lingkungan. Ukurannya kebanyakan sangat kecil sehingga kurang menarik perhatian hewan pemangsa besar dan mengakibatkan ia mudah menyebar.

Banyak di antara tungau yang hidup bebas di air atau daratan, namun ada anggotanya yang menjadi parasit pada hewan lain (mamalia maupun serangga) atau tumbuhan, bahkan ada yang memakan kapang. Beberapa tungau diketahui menjadi penyebar penyakit (vektor) dan pemicu alergi. Walaupun demikian, ada pula tungau yang hidup menumpang pada hewan lain namun saling menguntungkan. Di bidang pertanian, tungau menimbulkan banyak kerusakan pada kualitas buah jeruk (umpamanya tungau karat buah Phyllocoptura oleivera Ashmed dan tungau merah Panonychus citri McGregor), merusak daun ketela pohon dan juga daun beberapa tumbuhan Solanaceae (cabai dan tomat).

Ada lebih dari 45 ribu jenis tungau yang telah dipertelakan. Para ilmuwan berpendapat, itu baru sekitar 5% dari kenyataan total jenis yang ada. Hewan ini dipercaya telah ada sejak sekitar 400 juta tahun. Ilmu yang mempelajari perikehidupan tungau dan caplak dikenal sebagai akarologi. Taksonomi tungau masih belum stabil karena banyaknya perubahan. Namun dapat dikatakan bahwa tungau mencakup semua anggota Acariformes, semua Parasitiformes kecuali Ixodida (caplak), dan beberapa familia dan genera yang belum pasti penempatannya.

Penyakit Akibat Tungau dan Cara Menghilangkan Tungau dari Tubuh

Seperti yang sudah dibahas pertama kali tadi bahwa Tungau biasanya hinggap di bagian k*maluan seorang pria baik ketika masih anak-anak, remaja bahkan sudah dewasa sekalipun bisa terkena gigitan tungau. Untuk menghilangkan tungau dari bagian k*maluan pria ini, salah satu cara alami yang cukup manjur adalah dengan mengolesi "injet" yang warnanya putih itu lho, yang biasa untuk nginang nenek-nenek itu lho, olesi bagian kulit yang kena tungau dengan injet yang sudah di campur air sedikit. Olesi setiap pagi dan sore hari setelah Anda mandi agar tungau menjadi mati dan hilang dari tubuh Anda. (Injet/enjet bahasa indonesiana apa ya admin gak tahu, kalau Anda orang jawa pasti tahu dh).

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menghilangkan tungau dengan menggunakan obat yang bisa di beli di apotik jika penyakit akibat tungau menjadi cukup serius misalnya mengakibatkan penyakit Skabies (Infeksi Tungau). Skabies adalah suatu infestasi tungau yang menyebabkan beruntus-beruntuk kecil kemerahan dan rasa gatal yang hebat. Skabies disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Infestasi tungau ini mudah menyebar dari orang ke orang melalui kontak fisik dan sering menyerang seluruh penghuni dalam satu rumah. Tungau ini ukurannya cukup besar sehingga dapat dilihat dengan mata telanjang dan sering menular diantara orang-orang yang tidur bersama.

Kadang tungau ditularkan melalui pakaian, seprei dan benda-benda lainnya yang digunakan secara bersama-sama; masa hidupnya hanya sebentar dan pencucian biasa bisa menghancurkan tungau ini. Tungau betina membuat terowongan di bawah lapisan kulit paling atas dan menyimpan telurnya dalam lubang. Beberapa hari kemudian akan menetas tungau muda (larva). Infeksi menyebabkan gatal-gatal hebat, kemungkinan merupakan suatu reaksi alergi terhadap tungau.

Ciri khas dari skabies adalah gatal-gatal hebat, yang biasanya semakin memburuk pada malam hari. Lubang tungau tampak sebagai garis bergelombang dengan panjang sampai 2,5 cm, kadang pada ujungnya terdapat beruntusan kecil. Lubang/terowongan tungau dan gatal-gatal paling sering ditemukan dan dirasakan di sela-sela jari tangan, pada pergelangan tangan, sikut, ketiak, di sekitar p*ting p*yudara wanita, alat k*lamin pria (p*nis dan kantung z*kar), di sepanjang garis ikat pinggang dan b*kong bagian bawah. Infeksi jarang mengenai wajah, kecuali pada anak-anak dimana lesinya muncul sebagai lepuhan berisi air. Lama-lama terowongan ini sulit untuk dilihat karena tertutup oleh peradangan yang terjadi akibat penggarukan.

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Manusia

Perlu anda tahu kalau mengobati tungau ini memang harus dilakukan dari dalam. Maksudnya bagaimana? Tidak ada obat tradisional yang diracik dan ditempelkan atau dioleskan kekulit lalu membuatnya sembuh. Karena tungau yang ada didalam kulit atau penyakit scabies ini hanya bisa diusir dengan obat-obatan yang kita konsumsi. Obat ini bisa anda dapatkan di apotik, anda hanya perlu menanyakan saja kepada penjual obat di apotik obat untuk gudik atau scabies. Atau jika ingin lebih efektif anda bisa mengunjungi dan berkonsultasi kepada dokter kulit secara langsung untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Biasanya obat yang diberikan adalah Scabimite cream yang mengandung bahan aktif permethrin 5% berbentuk Cream 5% x 10 g, 30 g.

Bahan aktif Permethrin akan langsung bekerja setelah anda menggunakannya dengan cara menganggu polarisasi dinding sel syaraf parasit (tungau/kutu) yang terdapat pada kulit kita melalui ikatan dengan natrium. Ini tentu saja akan memperlambat repolarisasi dinding sel yang pada akhirnya akan terjadi paralise parasit.
Meskipun memiliki efek samping, tapi obat ini memang tidak terlalu berbahaya dan tidak efek sampingnya memang tidak terlalu berbahaya. Karena Permethrin dimetabolisir dengan cepat di kulit, Lalu hasil metabolisme yang bersifat tidak aktif ini akan segera diekskresi melalui urine.

Cara Mencegah Terjadinya Scabies karena Tungau

Cara mencegah terjadinya penyakit Scabies karena Tungau tentu saja dengan menjaga kebersihan lingkungan Anda, bersihkan rumah Anda terutama tempat dan peralatan tidur Anda. Jemur kasur Anda secara rutin minimal seminggu sekali agar tungau atau kutu yang terdapat ditempat tidur bisa menghilang. Pastikan juga kamar tidur kita mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bersihkan juga pakaian kita sebersih-bersihnya. Jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala scabies segeralah obati penderita agar tidak menular kepada anggota keluarga lainnya.

Demikianlah informasi mengenai Tungau dan tips bagaimana cara menghilangkan tungau dari dalam tubuh kita. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
cara menghilangkan tungau dari tubuh, cara menghilangkan tungau dari tubuh, cara membasmi tungau secara efektif
Gatal Karena Tungau ? Inilah Cara Menghilangkan Tungau dari Tubuh dengan Mudah, Wajib Dicoba! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri