Panduan Cara Menggunakan BBM/Blackberry Messenger Untuk Pemula

Panduan Cara Menggunakan BBM/Blackberry Messenger Untuk Pemula - Update artikel kali ini Caratip.com akan berbagi tips bagaimana cara menggunakan Blackberry Messenger (BBM) untuk para pemula yang baru menggunakan HP Blackberry. Meskipun Blackberry sekarang tidak sepopuler dulu, tetapi ternyata masih banyak juga yang suka dengan HP buatan RIM ini. Mungkin yang menjadi ketertarikannya adalah karena di HP Blackberry ini tersedia fitur Blackberry Messenger atau yang dikenal dengan istilah BBM, bukan Bahan Bakar Minyak lho ya, tapi BlackBerry Messenger. Dan admin yakin bagi Anda yang baru menggunakan HP Blackberry dan ingin menggunakan aplikasi Blackberry Messenger/BBM pasti masih bingung.

Untuk menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger sebenarnya mudah karena Anda tinggal ikuti petunjuk yang ada di HP BlackBerry Anda. Bagi pengguna Blackberry biasanya akan memiliki PIN BB yang jumlahnya 6 digit. Kode inilah yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan BBM-an. Anda bisa menggunakan BBM untuk mengobrol dan berbagi catatan suara, gambar, video, dan file lainnya dengan teman yang mempunyai ponsel cerdas BlackBerry. Dengan BBM, Anda bisa menikmati obrolan dengan seketika dengan teman Anda dan mengetahui bila ada orang yang membaca pesan Anda. Fitur BBM Groups memungkinkan Anda berbagi gambar, daftar, janji temu, dan lainnya dengan grup anggota keluarga, teman, atau rekan kerja.

Anda harus mempunyai paket data layanan nirkabel agar bisa menggunakan BBM. Tergantung pada penyedia layanan nirkabel atau organisasi Anda, beberapa fitur mungkin tidak didukung.  Untuk dapat menggunakan BBM, internet, dll. Blackberry memerlukan langganan khusus diluar biaya telekomunikasi biasa (telpon/sms) yang biasa disebut layanan Blackberry Internet Service (BIS). Layanan sejenis yang biasa digunakan oleh korporasi disebut dengan Blackberry Enterprise Service (BES).

Kelebihan utama Blackberry yang membuat Blackberry banyak dikenal adalah teknologi Push Mail-nya. Walaupun dewasa ini teknologi tersebut sudah tersedia di unit seluler lain, Blackberry dikenal sebagai smartphone yang 'seperti' selalu terkoneksi ke jaringan internet. Jika dahulu kita perlu terkoneksi ke jaringan internet untuk memeriksa email. Dengan Blackberry, email yang dikirimkan oleh rekan kita akan langsung dapat diterima di unit Blackberry kita.
Panduan Cara Menggunakan Blackberry Messenger (BBM) Untuk Pemula
(Menggunakan Blackberry Messenger)

Nah berikut ini Cara mendaftar dan menggunakan aplikasi Blackberry Messenger bagi Pemula:

1. Daftarkan Blackberry Anda untuk menggunakan layanan Blackberry Internet Service (BIS) di operator masing-masing (silahkan hubungi operator masing-masing untuk kodenya).
Contoh:
Telkomsel: Kirim SMS ke 333 dengan teks "BB REG" (tanpa tanda petik)
Indosat: Kirim SMS ke 889 dengan teks "*123*6*1#" (tanpa tanda petik)
XL: Kirim SMS ke 568 dengan teks "BB ON"
Tunggu konfirmasi SMS jika Blackberry Anda telah terdaftar.
2. Daftarkan layanan yang akan digunakan (silahkan hubungi operator untuk paket yang tersedia)
Contoh:
Telkomsel: Kirim SMS ke 333 dengan teks "BB ON" (tanpa tanda petik)
Indosat: Kirim SMS ke 889 dengan teks "BIS1" (tanpa tanda petik)
XL: Kirim SMS ke 5687 dengan teks "BB Bulan" (tanpa tanda petik)
3. Tunggu konfirmasi Blackberry Anda telah menggunakan layanan BIS.
4. Jika semua konfirmasi sudah diterima, RESTART Blackberry Anda.
5. Pastikan Anda berada dalam jaringan GPRS, dan tunggu Blackberry Anda menampilkan kode GPRS/EDGE/3G dalam huruf besar.
6. Jika tampilan koneksi sudah dalam huruf besar, arahkan browser Anda ke alamat URL operator di BIS.
Contoh:
7. Silahkan isi username dan password yang ingin digunakan (jika belum terdaftar).
Buat daftar email address yang ingin diterima di unit Blackberry.
8. Setelah semuanya disetup dengan baik, Anda dapat menggunakan Blackberry Anda dengan maksimal.

*Prosedur diatas bisa langsung dilakukan secara otomatis dari menu SETUP di Blackberry

PERHATIAN!
Jika Anda ingin merubah layanan BIS Anda dari operator satu ke operator yang lain, pastikan Anda mematikan layanan BIS di operator lama sebelum menyalakan layanan BIS di operator yang baru.

Demikianlah tips bagaimana cara mendaftar dan menggunakan aplikasi BBM bagi pemula, semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda yang baru menggunakan smartphone Blackberry. 

Tags:
cara menggunakan BBM, cara daftar BBM, cara registrasi BBM, cara membuat akun BBM 
Panduan Cara Menggunakan BBM/Blackberry Messenger Untuk Pemula Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri