Wahai Para Tukang Kayu, Inilah Cara Mengawetkan Kayu Glugu, Jati dan Mahoni Dari Rayap!

Cara Mengawetkan Kayu Glugu, Jati dan Mahoni Dari Rayap - Kayu merupakan salah satu bahan bangunan rumah yang sangat penting, meskipun harganya tiap tahun naik para pembangun rumah masih menggunakan kayu sebagai salah satu bahan pembuat atap rumah seperti untuk usuk ataupun reng. Contoh kayu yang sering digunakan adalah kayu glugu dari pohon kelapa yang sering digunakan untuk penopang usuk rumah di setiap sisi tengah atap rumah. Bagi Anda yang pernah membangun rumah sendiri tentunya keberadaan kayu glugu ini sangat penting sekali sehingga Anda harus bisa mengawetkan kayu glugu agar tidak kena rayap.

Selain kayu glugu, ada juga kayu jati ataupun kayu mahoni. Kayu ini juga sangat penting untuk bahan bangunan rumah seperti untuk usuk ataupu reng atap atap rumah. Kayu jati yang terkenal dengan kekuatannya memang termasuk kayu yang mahal harganya, lebih mahal dari kayu glugu. Kayu jati ini juga bisa digunakan sebagai penopang usuk disamping kayu glugu. Selain itu kayu jati juga bisa digunakan untuk membuat kusen pintu ataupun kusen jendela. Baik kayu glugu, kayu mahoni ataupun kayu jati jika Anda bisa menyimpannya dengan benar maka kayu-kayu tersebut bisa saja terkena rayap ataupun jamur karena udara yang lembab.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah secara bertahap tentunya biasanya membeli kayu dulu beberapa buah untuk disimpan. Nah bagaimana cara menyimpan dan mengawetkan kayu agar tidak rusak dan di rayapi ?. Simak cara mengawetkan kayu dari rayap, Cara mengawetkan kayu glugu, jati dan mahoni berikut ini:

Cara Mengawetkan Kayu Glugu, Jati dan Mahoni Dari Raya

1. Simpan atau taruhlah kayu di tempat yang teduh, dimana atasnya diberi atap agar tidak kepanasan dan tidak kehujanan. Jadi Anda bisa buat ruangan khusus untuk menyimpan kayu-kayu yang sudah Anda beli.

2. Untuk kayu usuk, taruhlah kayu dengan posisi vertikal ke atas agar tidak mudah lembab dan terkena rayap.

3. Untuk kayu glugu agar tidak mudah dirayapi Anda bisa benamkan glugu Anda di dalam lumpur misalnya di tepian sawah, sampai beberapa lama hingga glugu tersebut mau di pakai. Cara ini memang tradisional tapi sudah terbukti ampuh.

4. Jika Anda kerepotan membenamkan kayu glugu didalam lumpur, Anda juga bisa mengolesi kayu glugu Anda dengan bekas oli agar tidak mudah dirayapi. Jadi Anda cat pake kuas kayu glugu Anda dengan bekas oli motor. Nanti setelah di cat dengan oli bekas, taruhlah kayu glugu Anda secara vertikal tegak berdiri.

5. Baik kayu glugu, jati, mahoni, meranti atau kayu lainnya letakkan kayu dengan posisi horizontal dengan menggunakan alas balok kayu dibawahnya, jadi agar setiap sisi kayu dibawahnya tidak saling berdempetan. Contohnya seperti gambar berikut ini:

Cara Mengawetkan Kayu
Cara Mengawetkan Kayu Glugu, Jati dan Mahoni Dari Rayap

6. Menggunakan bahan pengawet yang larut dalam air seperti garam Tanalith dan Diffusol CB telah banyak diproduksi. Bahan pengawet ini umumnya berbahan dasar copper, chrom, dan boron. Kayu yang diawetkan dengan bahan diffusol CB akan berubah warna menjadi hijau setelah dikeringkan.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara mengawetkan kayu dari rayap agar tidak rusak sehingga bisa digunakan sebagai bahan bangunan rumah Anda. Tips diatas sudah admin praktekkan sendiri dan ternyata memang terbukti ampuh bisa mengawetkan kayu lebih lama. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda.

Tags:
cara mengawetkan kayu glugu, cara mengawetkan kayu jati, cara mengawetkan kayu mahoni dari rayap, obat penghilang rayap untuk kayu, cara menjaga kayu agar awet dan tidak dimakan rayap
Wahai Para Tukang Kayu, Inilah Cara Mengawetkan Kayu Glugu, Jati dan Mahoni Dari Rayap! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri