Kamu Ingin Bangun Rumah ? Inilah Cara Membangun Rumah Sendiri yang Bagus dengan Biaya Murah!

Cara Membangun Rumah Sendiri yang Bagus dengan Biaya Murah - Update artikel kali ini Blog Caratip akan berbagi tips tentang Tips Perumahan yaitu bagaimana cara membangun rumah sendiri yang bagus dengan biaya murah. Semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri yang bagus, baik itu rumah yang beli kredit lewat KPR ataupun rumah yang dibangun sendiri. Bisnis properti perumahan saat ini memang sedang geliat sekali, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya muncul perumahan-perumahan yang dibangun di pinggiran kota/kabupaten, jadi bukan hanya di kota-kota besar saja. Kalau Anda mau memilih, kira-kira mendingan ambil kredit rumah atau bangun rumah sendiri ya ?. Pertanyaan ini memang kadang sering muncul oleh setiap orang yang ingin memiliki rumah sendiri.

Cara Membangun Rumah Sendiri yang Bagus dengan Biaya Murah
Cara membangun rumah bagus dan murah

Jika Anda seorang pegawai ataupun karyawan dengan penghasilan atau gaji yang tetap diatas 5 juta/bulan dan posisi Anda saat ini belum memiliki lahan atau tanah, minimal bagian warisan dari orang tua Anda maka lebih baik Anda bisa ambil kredit KPR rumah agar lebih hemat dan tidak banyak mengeluarkan biaya, apalagi sekarang banyak sekali promo dari perusahaan real estate khusus kelas menengah ke bawah. Saat ini banyak perumahan yang dibangun dengan model rumah minimalis sehingga harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Biasanya ini ditujukan untuk para karyawan atau pegawai seperti yang tadi admin jelaskan.

Namun apabila Anda seorang bisnismen atau wiraswasta atau pengusaha dengan penghasilan yang naik turun, maka Anda bisa membangun rumah sendiri apalagi jika orang tua Anda sudah memberikan sebagian lahan/pekarangan untuk pembangunan rumah tinggal Anda. Nah berikut ini beberapa tips bagaimana cara membangun rumah sendiri yang bagus dengan biaya yang murah:

Cara Membangun Rumah Sendiri yang Bagus dengan Biaya Murah

1. Jika belum memiliki lahan/tanah sendiri (dari orang tua), maka cari dulu lahan/tanah yang akan Anda jadikan rumah tinggal. Carilah tanah yang tingkat kedatarannya normal dan kuat agar nanti tidak mengeluarkan biaya tambahan misalnya untuk pengurugan.

2. Kemudian persiapkan desain rumah Anda. Agar biayanya lebih murah, maka Anda bisa merancang desain rumah minimalis modern yang kelihatan modern meskipun bahan bangunannya standar.

3. Buatlah RAB/Rancangan Anggaran Belanja rumah Anda, misalnya seperti belanja pasir, batu bata/batako, batu kali, semen, besi, kayu, bambu, genteng dan keramik. Dalam membuat RAB ini persiapkan uang lebih karena biasanya nanti ada biaya tak terduga. Misalnya Anda kira-kira 50 juta untuk bangun rumah maka siapkan 60 juta untuk jaga-jaga.

4. Carilah tukang dan laden yang profesional yang bisa bekerja cepat dan tepat. Karena biasanya ada tukang/laden yang kerjanya lada-lede, memolor-molorkan waktu kerja padahal target waktu sekian rumah Anda harus jadi.

5. Bangunlah rumah pada awal-awal musim kemarau agar nanti pekerjaan tukang menjadi lancar dan tidak ada hambatan sehingga bisa bekerja seharian. Kalau di musim hujankan, biasanya jam 2 hujan, nah kerjaan jadi molor. Di saat awal musim kemarau sumber air juga belum kering, jadi masih bisa dimanfaatkan.

6. Pilihlah bahan bangunan yang murah tapi bukan murahan, artinya masih standarlah. Misalnya kalau bangun dengan batu-bata kelihatan mahal maka Anda bisa ganti dengan batako yang lebih hemat baik dari jumlah batako yang dibutuhkan maupun dari segi waktu pengerjaan, batako lebih cepat dibandingkan batu bata. Demikian juga untuk atap/usuk, jika pake kayu dana Anda tidak cukup maka bisa pake bambu. Untuk lantai jika dana Anda pas-pasan dan belum mampu pasang keramik maka Anda bisa di plester saja dulu dan nanti diberi alas lantai/karpet yang berwarna seperti keramik.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara membangun rumah sendiri yang bagus dengan biaya yang murah. Semoga Tips Perumahan diatas bermanfaat buat Anda yang berencana mau bangun rumah sendiri.

Tags:
cara bangun rumah sendiri dengan biaya murah, cara membangun rumah sendiri yang bagus, cara membangun rumah sendiri dengan biaya 50 juta, cara bangun rumah sendiri biaya 100 juta
Kamu Ingin Bangun Rumah ? Inilah Cara Membangun Rumah Sendiri yang Bagus dengan Biaya Murah! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri