Wahai Para Ibu Inilah Resep Cara Memasak Daging Kurban yang Enak dan Lezat, Wajib Dicoba!

Resep Cara Memasak Daging Kurban yang Enak dan Lezat - Update artikel kali ini Caratip.com akan memberikan Tips Kuliner yaitu tentang resep cara memasak daging kurban yang enak dan lezat. Sebentar lagi akan ada Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban. Tentunya banyak merasakan yang nantinya menerima bingkisan daging kurban. Kadang saking banyaknya menerima daging kurban sampai-sampai terbuang sia-sia, sampai mbelenger istilah jawanya. Sebenarnya jika Anda bisa mengolah daging kurban dengan benar dan enak tentunya, hal itu akan menambah nikmat kelezatan daging kurban.

Untuk memasak daging kurban perlu dilakukan beberapa cara agar nantinya daging kurban tidak berbau dan tidak alot saat dimakan. Biasanya daging kurban itu berupa daging sapi ataupun daging sapi. Perlu diperhatikan bahwa janganlah makan daging kurban (terutama daging sapi) kebanyakan, mbok mencret bro!. Karena kadar kalori dalam daging sapi sangat tinggi dan jika berlebihan maka akan mengganggu kesehatan Anda. Sebelum saya share contoh resep masakan daging kurban, ada baiknya perlu Anda ketahui tips cara memasak daging kurban berikut ini agar tidak berbau dan tidak alot saat dimakan.
 

Cara memasak daging qurban kambing agar tidak berbau

Senikmat apapun rasa daging kambing seenak apapun rasanya daging tersebut tapi jika berbau prengus tentu akan menghilagkan enaknya rasa sajian tersebut, selain itu banyak orang menyukai daging kambing namun malas untuk mengolahnya karena baunya yang prengus.Tapi setelah membaca tips berikut di jamin tidakk akan malas lagi untuk menikmati dan memasak daging kambing olahan sendiri. Berikut tips menghilangkan bau kambing dari aroma prengus :


  1. Rebus daging kambing dengan lobak

Rebus-daging-kambing
Rebus daging kambing



Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelah itu pergunakan daging kambing untuk memasak sesuai dengan resep masakan daging kambing yang disukai.



2. Siram dengan Jeruk Nipis

Jeruk-nipis
Jeruk nipis



Cara lainnya lagi, sebelum dimasak daging kambing disiram dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis bisa dengan menggunakan daun jeruk limau.Karena aroma jeruk nipis yang tajam bisa menghilangkan bau prengus pada kambing tersebut.





3. Cuci dengan air sampai bersih

Daging-kambing-yang-baru-disembelih
Daging kambing yang baru disembelih

Langsung mengolah daging kambing yang baru disembelih, tanpa pernah sedikitpun mencucinya terlebih dahulu baik dengan air maupun bahan pencuci lainnya.Bau amis itu akan berkurang dengan sendirinya jika dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).Jangan lupa berhati-hati ketika memotong daging kambing agar tidak terkena kotoran (sehingga kita tergoda alasan harus membilasnya dengan air). Jika bulu-bulu kambing masih menempel halus dan tipis, cabuti saja pelan-pelan. Daging kambing siap olah tidak mengapa disimpan dulu di dalam kulkas sebelum dimasak, sepanjang tidak dicuci dengan air.

  

4. Bungkus dengan daun pepaya

Daging-kambing-dibungkus-daun-pepaya
Daging kambing dibungkus daun pepaya



sebelum dimasak bungkus dengan daun pepaya dan buah nanas. karena daun pepaya bikin daging menjadi empuk setelah matang sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. diperkirakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk



5. Campur dengan jahe

Jahe-menghilangkan-aroma-amis
Jahe menghilangkan aroma amis

Cincang, memarkan atau lumat jahe, kemudian campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma Jahe akan menutupi bau lebus pada daging. Agar hasilnya maksimal, lebih baik lagi Jahe yang dlhaluskan bersama bumbu lain.



Untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda Juga bisa menambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga. kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Bumbu-bumbu yang beraroma kuat seperti itu tidak hanya membuat rasa masakan menjadi nikmat, tetapi juga membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging.


Cara memasak daging qurban kambing atau sapi agar lunak/tidak alot

  • Usahakan mengolahnya dalam masakan yang proses masaknya memang lama. Misal, gulai.

Gulai-kambing
Gulai kambing



  • Kalau ingin diolah sebentar, buat masakan yg dibuat dari daging giling, bukan daging utuh, hingga saat matang, daging sudah empuk.

daging-giling-kambing
Daging giling kambing

  • Kalau ingin dibuat sate, rendam kambing dalam campuran bumbu yang diberi sedikit baking powder.
  • Selain baking powder, daging kambing bisa diempukan juga dengan bubuk papain yang dijual dalam kemasan botol plastik.

Bubuk-papain
Bubuk papain


  • Daging kambing juga bisa diempukan dengan cara dibungkus parutan nanas atau daun pepaya. Simpan daging yang sudah dibungkus ini di dalam lemari es dalam wadah tertutup.

Daging-kambing-dibungkus-parutan-nanas
Daging kambing dibungkus parutan nanas

Contoh resep masakan daging qurban yang enak dan lezat
 
1. Bakso daging sapi


Bahannya :
1 kilo gram daging sapi, giling sampai halus sekali

250 gram tepung kanji

300 gram tepung sagu

100 cc air es

1 sendok makan garam

8 siung bawang putih, haluskan

1 sendok teh merica bubuk


Cara membuat Bakso daging sapi :



1. Haluskan daging sapi  dengan bawang putih, merica dan garam sampai lembut dan diberi air es. 

Campur di baskom / panci dengan tepung kanji, tepung sagu kemudian diuleni / diaduk sambil ditambah air sedikit-sedikit sampai adonan licin.



2. Didihkan air yang banyak (  3/4   nya )  panci, kemudian  kecilkan api sampai air tidak bergolak lagi.



3. Taruh adonan di tangan, lalu kepal adonan hingga keluar dari genggaman, sendoki dan masukkan ke dalam air mendidih tadi,



4. Rebus kira-kira 10 menit dengan api kecil.



2. Nuget Sapi















Bahan :

3 lembar roti tawar, buang kulitnya

125 ml susu cair

1 sdm margarin

40 gram bawang bombay, cincang halus

1 siung bawang putih, haluskan

1/2 sdt merica

1 sdt garam

250 gram daging sapi giling

1 batang wortel, kupas, potong dadu kecil / diparut

1 kuning telur

2 putih telur ayam, kocok lepas

150 gram tepung roti

minyak untuk menggoreng


Cara Nuget Sapi :

Rendam roti tawar dalam susu cair hingga lembut, aduk hingga halus, sisihkan.

Lelehkan margarin, tumis bawang bombay, bawang putih, merica hingga harum.

Angkat lalu  sisihkan.

Campur roti yang sudah dihancurkan dengan  bawang bombay & bawang putih yang sudah ditumis, merica bubuk, garam, daging sapi giling, wortel dan kuning telur, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin, tekan-tekan hingga padat.

Kukus dalam dandang panas selama 15 menit,  hingga matang, angkat, dinginkan. Keluarkan adonan dari loyang.

Potong sesuai selera. Jangan dipotong selagi masih panas, bisa hancur.  Kemudian lumuri dengan putih telur kocok, gulingkan ke dalam tepung roti. Masukkan ke frezer bisa tahan sebulan. Jika ingin menikmati nuget, tinggal  digoreng  hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan. Enak dimakan dengan saos.

Demikianlah tips bagaimana cara mengolah daging qurban agar enak dan lezat serta contoh resep masakan daging qurban. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda yang ingin memasak daging kurban.
Baca juga Cara memilih hewan kurban yang baik dan benar

Tags:
cara memasak daging kurban yang enak, resep memasak daging kurban enak lezat, cara agar daging kambing tidak bau prengus, olahan masakan daging kurban kambing sapi
Wahai Para Ibu Inilah Resep Cara Memasak Daging Kurban yang Enak dan Lezat, Wajib Dicoba! Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri