Cara Memilih Modem yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Modem yang Bagus dan Berkualitas - Bagi Anda pengguna komputer atau laptop, modem merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus Anda miliki agar bisa terhubung atau terkoneksi ke internet. Perkembangan internet di Indonesia saat ini sudah semakin meningkat, hal itu ditunjukkan dengan banyaknya wanet-warnet yang bermuncul dari kota hingga ke desa. Dengan adanya warnet tersebut maka yang tidak punya komputer sendiri akhirnya bisa membuka internet. Akan tetapi kadang online di warnet cukup lelet atau lambat karena bandwith internet harus dibagi dengan user warnet yang lain. Selain biasanya Anda tidak bisa membuka semua situs atau web sesuka Anda karena biasanya sudah di saring atau di filter. Karena itulah mengakses internet di komputer atau laptop sendiri merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin bebas online internetan tanpa dibatasi waktu dan tempat. Lalu bagaimana cara memilih modem yang bagus dan berkualitas untuk internetan sendiri sepuasnya ?

cara memilih modem yang berkualitas
(Modem untuk Laptop)


Untuk bisa terhubung dengan internet, dibutuhkan sebuah modem sebagai alat agar komputer atau laptop Anda bisa digunakan untuk internetan. Saat ini sudah cukup banyak toko komputer yang menjual berbagai macam modem dari berbagai merek yang harganya murah hingga yang harganya mahal. Dalam membeli sebuah modem, Anda harus bisa memilihnya dengan baik agar nanti Anda bisa mendapatkan modem yang bagus dan berkualitas sesuai dengan komputer yang Anda gunakan serta jaringan atau sinyal ditempat Anda. Nah buat Anda yang ingin membeli modem untuk komputer atau laptop Anda, silahkan simak baik-baik beberapa tips bagaimana cara memilih modem yang bagus dan berkualitas berikut ini:

Cara Memilih Modem yang Bagus dan Berkualitas

1.Pilihlah Modem Yang Sesuai Tempat Tinggal (jangkauan sinyal)
Tidak semua modem dapat terjangkau sinyal jaringannya atau providernya,bahkan dipelosok desa masih sedikit jaringan yang bisa ditembus untuk mendapatkan sinyal modem tersebut.Inilah yang menjadi alasan beberapa modem untuk memperbaiki kualitas jaringannya.Tapi ada sebagian juga modem yang bisa menjangkau ke beberapa daerah pelosok itupun ada batasannya tidak sampai kedalam pelosoknya.
Biasanya jika anda tinggal dipelosok lebih cocok mengunakan modem GSM yang sudah memiliki fitur HSDPA karena jaringan HSDPA sudah masuk kebebrapa daerah untuk beberapa operator, Sebaliknya jika anda di kota CDMA REV B atau REV A paling disukai kare stabil
 

2. Memilih Jaringan Modem (GSM atau CDMA)
Jaringan pada modem saat iniada dua tipe yakni GSM dan CDMA ini memiliki akses yang berbeda-beda adakalanya sesuaikan dengan pilihan anda dari antar kedua jaringan modem tersebut. Modem GSM biasanya menggunakan teknologi GPRS dan HDSPA sedangkan pada CDMA menggunakan teknologi EVDO Rev A dan REV B. 
Pilihlah modem yang memiliki minimal fitur HSDPA untuk tipe modem GSM lebih baik lagi bisa hingga jaringan HSPA+ atau 4G kecepatnaya bisa sangat cepat, dan pilihlah Modem dengan fitur minimal EVDO REV A karena berpengaruh terhadap kecepatan, apalagi jika daerah anda sudah ada EVDO REV B pilihlah modem dengan jangkauan EVDO REV B bisanya untuk kota besar.

3.Paket Layanan
Kalau yang ini memang menjadi perhatian penting karena status layanan menjadi prioritas kita untuk mendapatkan kecepatan layanan data yang akan kita gunakan. Paket layanan menjadi hal penting karena semua modem beda-beda paketnya dan tergantung dari harga modem tersebut. Biasanya paket layanan ada beberapa yang sering kita temukan yakni paket unlimited dan paket berdasarkan quota.Untuk itu perhatikan layanan paket data yang diberikan apakah dengan isi pulsa sekian akan mendapatkan paket unlimite atau paket quota.Maka dari itu perlunya kita mengetahui cara kerja paket layanan yang tersedia yang akan kita gunakan dalam akes internet tersebut.

4.Fasilitas Modem fitur modem
Setiap modem mempunyai fasilitas masing-masing yakni berupa fasilitas kecepatan untuk transfer dan menerima data ada yang kecepatan transfer maksimal sekian 3.6Mbps hingga maksimal 7.2Mbps. Untuk bulan mei 2013 ini kecepatn modem sudah ada yang dapat menjagkau jaringan dengan kecepatan 28,8Mbps namun masih tergantung pada jaringan yang menyediakan. Selain itu pilih modem yang sudah memiliki fitur Plug and Play karena memudahkan anda tinggal colok langsung konek tidak usah susah susah mensetting

5.Operasi Sytem Untuk Modem
Modem yang digunakan biasanya harus sudah support dengan sistem operasi yang ada dilaptop kita,kadan ada juga modem yang support saam windows xp,vista dan 7 dan belum support sama windows 8.Tapi sekarang ini mungkin beberapa jenis modem sudah support untuk windows 8.Untuk itu perhatikan modem tersebut apakah sesuai untuk pemakaian di sistem operasi pada laptop anda.

6. Tipe USB Modem atau Kabel USB Modem
Tipe USB modem ini masih lebih banyak di sukai karena memiliki bentuk yang simpel bisa dibawa kemana mana modem ini juga memiliki kemampuan yang tidak kalah dibandingkan dengan modem yang harus dihubungkan dengan kable USB. Kelemahan USB Modem adalah cepat panas karena langsung terhubung kePC USB

7. Merek Modem 
Ternyata beberapa merek modem lebih disukai banyak orang karena memiliki penagkapan sinyal yang kuat, tahan terhadap panas, dan tidak mudah rewel. Tiap orang memiliki kebanggaan dengan merek modem mereka masing-masing yang diklaim paling awet paling tahan panas, dan paling kuat menankap jaringan. Seperti merek Prolink, Huawei, ZTE.

8. Garansi Modem
Pilihlah modem yang memiliki garansi minimal garansi toko agar jika terjadi masalah dapat diklaim. Pilih juga modem dengan garansi panjang artinya perusahaan tersebut sudah melakukan uji terhadap produk dan rata rata mampu beratahan lebih dari yang digaransikan.

9. Tahan panas
Pilihlah modem yang tahan terhadap panas, karena biasanya anda akan menggunakan modem untuk melakukan kegiatan browsing hingga 12 bahkan 24 jam, jadi pastikan modem anda tahan terhadap panas.

10. Modem Unlock
pilihlah jenis modem yang unlock artinya modem ini dapat diisi kartu manapun yang sesuai dengan jaringan GSM atau CDMA. Kebanyakan modem yang bersifat lock tidak tahan lama, cenderung gampang rusak, dan tidak tahan panas, serta menurut cerita dari teman teman awalnya saja cepat setelah berjalan beberapa bulan makin lemot modem itu.

Nah dari tips diatas kira-kira merk modem apa yang bagus dan tercepat..?. Sebagai referensi beberapa modem laptop tercepat yang bisa Anda pakai adalah seperti modem Huawei E182e, modem Huawei Vodafone K4511, modem Huawei UMG1831, modem Huawei K4510. Anda bisa cari spek dan harganya dari modem tersebut di Google.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara memilih modem yang bagus dan berkualitas yang bisa Anda gunakan untuk komputer Anda agar terhubung dengan internet. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin membeli modem baru.

Tags:
cara memilih modem yang bagus dan berkualitas, merk modem terbaik 2016, merk modem yang bagus dan awet
Cara Memilih Modem yang Bagus dan Berkualitas Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri