Cara Merawat HP Android Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat HP Android Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak - Anda punya HP Android ?. Saya yakin banyak diantara Anda sekalian yang memiliki HP Android baik itu HP Android Samsung maupun HP Android China. Pernahkah Anda merasa kalau HP Android Anda kok kinerjanya atau loadingnya lemot, terasa panas dan baterai cepat habis sehingga sehari bisa ngecharge sampai 2 kali. Cara merawat HP Android memang tidak sama dengan HP biasanya karena Anda harus benar-benar memperhatikan dalam perawatannya sehingga HP Android Anda bisa awet, tahan lama dan tidak cepat rusak.


 (HP Android)

Nah kali ini Blog Caratip akan share bagaimana cara merawat HP Android agar awet dan tahan lama sesuai dengan komponen yang ada di dalamnya yaitu hardware (komponen keras seperti layar dan body) dan software (komponen lunak seperti aplikasi dalam HP Android). Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak tips bagaimana cara merawat HP Android agar awet dan tahan lama berikut ini:

Cara Merawat HP Android Agar Awet, Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

1. Dari sisi Hardware

Layar tampilan:
1.Gunakanlah screen protector atau plastik antik gores pada layar handphone.
2.Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi, dan benda-benda lain yang mengandung magnet.
3.Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor, dan jika layar itu kotor bersihkanlah dengan menggunakan tissue atau kain yang halus.
4.Gunakanlah jari telunjuk untuk menggunakan layar, jangan menggunakan kuku untuk mengusap layar ketika sedang menggunaka karena akan mengakibatkan layar tergores.
5.Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.
6.Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja.
7.Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.


Body:
1.Pergunakan Android Secara Baik
Pergunakan android tersebut dengan baik, sayangi device anda tersebut. Karena jika device tidak diperlakukan dengan baik, bisa jadi anda menjadi rusak. Kalau rusak kan pastilah anda sendiri yang akan repot.
2.Jauhkan Android dari Benda-Benda yang Mengandung Elektromagnetik
Benda-benda elektromagnetik akan mengganggu fungsi frekuensi jaringan (sinyal) perangkat android anda dan dapat menyebabkan android anda tidak ada sinyal dan akan mengganggu fungsi android lainnya. Misalnya perangkat android anda dekatkan dengan speaker aktif atau tape radio, maka akan terdengar bunyi beep pada speaker yang disebabkan oleh frekuensi speaker dan HP saling bertabrakan.
3.Beri Aksesoris Pelindung Android
Perangkat android anda juga membutuhkan aksesoris yang dapat melindungi android anda dari benturan, percikan air, jatuh, panas, dan resiko lain. Beberapa aksesoris yang dapat melindungi android diantaranya yaitu sarung HP, Gantungan HP, Tali HP, Pelindung LCD Display, Casing yang bagus, dan lain-lain. Saya lebih menyarankan anda menggunakan softcase dibanding hardcase, sekalipun hardcase terlihat keren namun lebih optimal softcase dalam melindungi android anda, terlebih apabila anda sering melepas hardcase dengan alasan akan menganti kartu SIM/UIM. Hal ini akan menyebabkan adanya goresan pada cashing, selain itu ketika android anda tidak sengaja terbentur, maka softcase lebih optimal dalam memberi redaman dibanding hardcase. Selain itu pergunakan pelindung yang mempunyai system sirkulasi udara sehingga android anda tidak panas.
4.Bersihkan Android Anda Secara Berkala
Android yang kita gunakan setiap hari ada baiknya untuk dibersihkan dari debu yang menempel, dan juga supaya android menjadi lebih bersih dan tampil cerah seperti android baru.
5.Simpan Android Anda di Tempat yang Aman.
Menyimpan perangkat anda di tempat yang aman akan menghindarkan HP dari resiko pencurian, jatuh terbanting dan mencegah kehilangan HP barangkali saja anda lupa menaruh android.
6.Jangan Kena Air
Perangkat android jika terkena air akan mengalami konsleting pada sistem yang akan menyebabkan kerusakan permanen pada hardware android. Untuk itu hindarkan android supaya jauh dari jangkauan air, namun jika terkena cairan anda dapat menggunakan tips yang telah saya tulis pada artikel maxiandroid yang dapat anda baca di sini.
7.Jauhkan Perangkat dari Jangkauan Anak-Anak
Anak-anak mungkin belum mengerti dengan perangkat android, kemungkinan besar anak-anak akan membanting android tersebut yang dikiranya perangkat itu adalah mainannya. Jadi jauhkan android anda dari jangkauan anak-anak.
8.Hindari Dari Hal Yang Menyebabkan Kerusakan Perangkat
Berbagai situasi dan kondisi dapat menyebabkan kerusakan, oleh karena itu silakan anda jauhkan android anda dari hal tersebut, beberapa hal yang menyebabkan kerusakan android dapat anda temukan dalam artikel di blog maxiandroid ini dan dapat anda baca di sini.


Beberapa komponen dan tambahan lainnya:
1.Beberapa komponen terkadang juga diperlukan perawatan khusus. Beberapa sensor seperti sensor cahaya yang nampak secara fisik dapat anda lakukan pembersihan dengan kain atau media lain yang permukaannya halus sehingga hantaran cahaya dapat optimal diterima oleh sensor cahaya pada android anda, begitu juga tombol yang merupakan komponen penting yang sering kali kita gunakan, ketika anda menggunakan tombol anda sebaiknya jangan terlalu keras dalam melakukan penekanan, juga kurangi intensitas dalam penekanan dapat menambah usia tombol baik keytone maupun keypad nya.
2.Bersihkan pin konektor yang ada di android (misal: konektor baterai) dengan menggunakan tisu atau cotton-bud secara reguler setiap 3 atau 6 bulan sekali. Jangan menggunakan cairan apapun bila anda tidak berpengalaman. Jika anda hendak mengunakan cairan sebaiknya pergunakan cairan khusus untuk elektronik seperti CCL.
3.Hindari keluar-masuk / penggantian SIM CARD yang terlalu sering.
4.Rawat android dari suhu panas dan dingin yang ekstrim, sebab akan mengurangi / menganggu kinerja perangkat android.
5.Saran saya, jika usia android anda 2 tahun atau lebih, pertimbangkanlah untuk membeli / mengganti perangkat anda dengan yang baru. sebab Umumnya "kekuatan" barang elektronik yang maksimal rata-rata hanya dua tahun. Oleh karena itu gantilah perangkat anda (jual dan beli yang baru) sebelum harga android yang lama jatuh karena rusak.
6.Jangan melepas konektor plug in pada android dengan cara yang kasar. Beberapa plug in tertanam pada android sebagai contoh plug in USB, HDMI, head set dan masih banyak lainnya. Lepaslah secara perlahan dan hati-hati dalam mengunakannya dan jangan lupa untuk melakukan pembersihan secara rutin dengan menggunakan cotton bud atau media yang halus dan kering.


2. Dari sisi Software

Optimalisasi android anda ketika mulai lambat atau terasa lag (sumber: teknoup):
1.Messaging databases
Biasanya tampilan sms di android (froyo) berbentuk threads, jadi kita tidak pernah sadar sudah seberapa banyak text yang tersimpan. Pertama pisahkan dulu sms yang sekiranya dianggap penting dan forward ke folder lain atau forward ke phone Gmail account address dan text akan diforward lagi melalui gmail apps jadi bisa dikasih label dan arsip sesuka kita. selanjutnya pada menu utama sms, kita delete semua text yang ada.
2.Email databases
Menyimpan semua email yang masuk di PC kita mungkin tidak berpengaruh sama kinerja PC, tapi jika semua inbox berikut attachement nya disimpan di memory HP kita bisa-bisa HP jadi nge-hang. Sama seperti maintenance sms, pisahkan semua email yang dianggap penting dan diberi label, arsip sekalian. Setelah itu delete semua email yang tersisa termasuk spam yang masuk.
3.Application cache
Beberapa cache bisa disimpan di sdcard tapi secara default cache akan tersimpan di memory HP. Setiap aplikasi yang terhubung ke internet biasanya ada option untuk 'delete the cache' secara otomatis, dan pastikan kita tidak membuang cache aplikasi yang penting. Jika cache tersimpan di sdcard, selama memory sdcard masih cukup maka cache dibiarkan saja. Untuk membersihkan cache, saya merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi 1Tap Cleaner yang dapat anda download gratis di play store.
4.SDcard
Memory HP penuh sdcard juga penuh, sudah dipastikan HP selalu lemot dan nge-hang. Beberapa data yang bisa dicopy ke PC seperti photo, lagu, pdf, word, zip/rar, lebih baik dipindahkan saja ke harddisk PC, apalagi data yang menghabiskan kuota memory mending di cut saja. Terbukti kalau kita me-maintenance dan meng-cleanup secara rutin dapat meningkatkan kinerja HP kita dan data-data yang tidak perlu pun tidak memenuhi memory.


Lakukan backup secara rutin:
Melakukan backup merupakan hal yang mudah namun sering kali kita lupakan, lakukan backup secara rutin


Bersihkan file yang tidak berguna:
Pilihlah aplikasi yang berguna saja, uninstall aplikasi yang anda rasa tidak berguna, selain untuk meringankan beban memory dan menghemat baterai dengan merapikan aplikasi anda dapat mempermudah dalam pencarian ketika anda hendak menggunakan aplikasi tersebut



Demikianlah Tips Handphone tentang bagaimana Cara merawat HP Android agar awet, tahan lama dan tidak cepat rusak. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda para pengguna HP Android. Baca juga bagaimana Cara setting GPRS di HP Android.

Tags:
cara merawat hp android agar awet dan tahan lama, cara agar hp android tidak cepat rusak
Cara Merawat HP Android Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri