Cara Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Cara Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil - Anda pernah mengalami rasa mual dan muntal saat hamil ?. Biasanya hal ini sering dialami oleh para wanita yang hamil muda. Mual yang dirasakan oleh ibu hamil sudah menjadi hal yang wajar, namun frekuensi rasa mual yang tinggi dan menyebabkan para ibu muntah akan membahayakan kesehatan bayi maupun para ibu itu sendiri. Sebelum membahas mengenai cara mencegah mual saat hamil, cara mengatasi mual dan muntah saat hamil, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa penyebab ibu hamil mengalami mual dan muntah berikut ini.

Cara Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil
(mual saat hamil)


Penyebab Mual dan Muntah Saat Hamil:

1.Meningkatnya produksi hormon estrogen yang memancing peningkatan keasaman lambung
2.Faktor HCG (Human Chorionic Gonodotropin), yang dihasilkan oleh plasenta selama masa kehamilan
3.Reaksi imunologik, yaitu di tolaknya sel-sel plasenta yang menempel pada di dinding rahim oleh tubuh karena diangap sebgai benda asing
4.Perubahan metabolisme glikogen hati akibat kehamilan
5.Psikologis sang ibu, karena ibu yang mengalami stress akibat kehamilan tak diinginkan bisa mengalami mual dan munta karena terjadinya penolakan dari tubuh para ibu

Itulah beberapa penyebab ibu hamil merasakan mual dan muntah. Nah sekarang bagaimana cara mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil ?. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Mual dan Muntah pada saat hamil

1. Mengkonsumsi Karbohidrat dan Vitamin B6
Mengkonsumsi makanan yang mengadung karbohidrat yang tinggi seperti kentang dan roti akan memberikan tenaga yang cukup untuk para ibu hamil dalam melakukan aktifitas. Sedangkan makanan yang mengandung Vitamin B6 yang bersumber dari jamur, ikan, dan daging memiliki sifat anti mual, sehingga dapat mengurangi keluahan tersebut.

2. Mengkonsumsi Susu Ibu Hamil
Saat ini sudah banyak susu ibu hamil yang memiliki kandungan Vitamin B6 serta protein yang dapat memenuhi nutrisi ibu hamil dan mengurangi rasa mual yang kita rasakan.

3. Aroma terapi
Aroma terapi juga dapat menjadi solusi dalam Cara Mengurangi Mual Ibu Hamil, karena aroma terapi yang menyegarkan dapat membuat kita merasa rileks dan tenang.

4. Air Jahe
Air jahe sangat dipercaya dapat mengurangi rasa mual yang diderita oleh ibu hamil pada awal kehamilan, dengan cara cukup mengkonsumsinya sebanyak 250-300 gram.

5. Hindari Stress dan Istirahat yang Cukup
Karena stress dan istirahat yang kurang cukup akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang menyebabkan kita merasa mual.

6. Hindari Makanan yang Menyebabkan Gas Berlebih di Lambung
Jangan memakan makanan yang dapat meningkatkan produksi gas yang berlebih dilambung, seperti : nangka, durian, kol, dan lain-lain.

7. Minum yang Cukup
Minumlah air putih ataupun juice untuk menghidari terjadinya dehidrasi, serta hindari pula minuman yang mengandung kafein ataupun karbonat.

8. Hindari Makanan yang Berminyak, Berlemak, dan Pedas
Karena makanan yang berminyak, berlemak dan pedas akan menambah buruk rasa mual yang kita rasakan. Apabila mersakan mual yang berlebih sebaiknya segera hubungi dokter agar mendapatkan perawatan.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara mengatasi rasa mual dan muntah saat hamil. Semoga tips diatas bermanfaat untuk Anda para wanita yang sedang hamil.

Tags:
cara mengatasi mual saat hamil, cara mengatasi muntah saat hamil, cara mencegah mual ketika hamil
Cara Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri