Cara Mempercepat Kinerja Blackberry yang Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Blackberry yang Lemot - Bagi Anda pengguna HP Blackberry mungkin pernah mengalami Blackberry/BB Anda kinerja/loadingnya lemot/lamban. Misalnya untuk menulis pesan SMS antara tekan tombol dan tampilan hurufnya tidak sama waktunya, jadi bener-bener lemot dan lelet. Tentunya hal ini cukup merepotkan sekali ya. Kali ini Blog Caratip.com akan berbagi tips bagaimana cara mempercepat kinerja Blackberry yang lemot.

Cara Mempercepat Kinerja Blackberry yang Lemot
 (Blackberry lemot)

HP Blackberry mempunyai fasilitas yang mempermudah komunikasi dengan adanya fitur BBM atau Blackberry Messenger. Mungkin itulah penyebab blackberry diminati di pasar Indonesia. Namun dengan kemudahannnya untuk berkomunikasi ternyata tidak sedikit yang mengeluh bahwa BB yang dipakainya berjalan dengan kinerja yang lemot dan tentunya akan sangat riskan ketika digunakan, baik digunakan untuk komunikasi, digunakan untuk internet dan penggunaan lainnya. Meskipun dengan adanya masalah kinerja yang lambat atau lemot ini, tidak menjadikan Blackberry sepi peminat.

Nah bagi Anda yang merasa HP Blackberry Anda terasa lemot atau lambat, berikut ini beberapa tips untuk mempercepat kinerja Blackberry Anda:

Cara mempercepat kinerja Blackberry agar tidak lemot

1. Menghapus Chat Blackberry Messenger Dan Juga Email

Agar BB Anda tetap dalam kondisi yang baik maka sebagai pemiliknya Anda harus rajin merawat BB Anda dengan cara membersihkan sisa chat yang mungkin sudah terlanjur banyak sehingga akan menjadikan BB Anda memiliki kinerja yang lemot. Selain dengan cara mengapus chat, Anda juga dapat menyimpannya dengan menggunakan pilihan menyimpan percakapan.
Caranya BBM > Options > Save Chat History dan pilih media card.
Email juga harus rajin untuk dibersihkan karena mungkin akun email tersinkronisasi dengan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan jejaring sosial lainnya yang mengirim notifikasi ke email sehingga email akan menumpuk. Jadi Anda harus rajin membersihkan email-eamil tersebut Agar BB tetap dalam kinerja yang baik.

2. Kurangi Aplikasi yang berlebihan

Faktor selanjutnya yang membuat BB Anda mempunyai kinerja yang lemot adalah terlalalu banyaknya jumlah aplikasi yang telah terinsatal pada Blackberry Anda, Agar BB tidak lemot maka kita harus mengetahui berapa aplikasi yang harus Anda instal dengan total memory pada HP BB Anda. Jika ada apliaksi atau file yang jarang digunakan lebih baik kita menghapusnya.

3. Hapus Grup BBM yang tidak penting
Ternyata dengan banyaknya grup pada aplikasi BBM akan memperlambat kinerja BB kita, solusinya kita hapus beberapa grup yang mungkin dianggap oleh Anda tidak begitu penting. Untuk mengobrol berbarengan lebih baik kita menggunakan fitur conference yang dapat dihapus ketika selesai digunakan.

4. Simpan File di Kartu Memori
Jika kita memiliki banyak file-file seperti musik, foto atau wallpaper, video dan file lainnya usahakan berada pada penyimpanan kartu memori. Caranya : Menu Blackberry > Options > Memory > lalu ubah menjadi ON

5. Bersihkan Cache Dan Log

Selanjutnya mungkin ada file-file yang tersisa pada BB kita seperti setelah berselancar internet, menggunakan panggilan dll. Maka agar HP Blackberry kita dalam kinerja yang baik usahakan agar membersihkan cache memory, log dan yang lainnya.

  • Cara Membersihkan Cache Memory : Menu Blackberry > Browser > Options > Cache > Operatiosn > Clear History
  • Cara Membersihkan Log : tekan alt+LG+LG > Menu Blackberry > Clear Log
  • Cara Membersihkan Memory : Menu Blackberry > Options > Scurity Options > Memory Cleaning > pilih Enable > Menu BB > Clean Now

6. Reset Blackberry jika hang
Jika pada suatu saat handphone Blackberry Anda lambat atau lemot sehingga tidak dapat digunakan dengan baik bahkan tidak bisa bergerak/hang, Anda bisa menggunakan Soft Reset, dengan cara : Menu Blackberry > Options > Memory > Ubah status Media Card menjadi ON.
Atau bisa juga dengan Hard reset, dengan cara : melepaskan baterai dan membiarkannnya mati selama 1 menit kemudian pasang kembali baterai blackberry Anda.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat kinerja HP Blackberry Anda agar tidak lemot ataupun lambat. Semoga tips diatas bermanfaat buat Anda para pengguna Blackberry. Baca juga Cara ampuh menghemat baterai Blackberry.

Tags:
cara mempercepat kinerja blackberry agar tidak lemot, cara agar blackberry tidak lelet
Cara Mempercepat Kinerja Blackberry yang Lemot Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri