Caratip.com

Kumpulan Artikel Menarik

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dan Obatnya Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dan Obatnya - Di musim pancaroba seperti ini cukup banyak penyakit yang muncul, diantaranya adalah penyakit radang tenggorokan. Kali ini Caratip Media akan berbagi Tips Kesehatan yaitu bagaimana Cara mengatasi radang tenggorkan, cara mengobati radang tenggorokan, cara menyembuhkan radang tenggorokan dan apa saja obat radang tenggorokan paling ampuh, manjur dan mujarab. Biasanya pada musim transisi dari hujan kemarau atau menjelang musim kemarau sebagian orang terkena radang tenggorokan. Jadi radang tenggorokan bisa muncul akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, selain itu daya tahan tubuh yang sedang menurun.

Saat daya tahan tubuh Anda menurun, disinilah virus dengan mudah menyerang dan menyebabkan terjadinya peradangan pada tenggorakan. Selain itu ada penyebab lain yang bisa mengakibatkan terjadi radang tengorokan seperti gaya hidup yang kurang sehat, tidur terlalu larut malam, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, bahkan kondisi cuaca yang kadang berubah dengan ekstrem juga dapat menjadi pemicu.

Untuk mengatasi radang tenggorokan, Anda bisa menyembuhkanya dengan 2 cara, yaitu cara alami dan dengan menggunakan obat yang bisa dibeli di apotik. Ok, mari kita bahas satu-satu.

 (Radang Tenggorokan)


Cara alami mengatasi radang tenggorokan

Untuk cara alami menyembuhkan radang tenggorokan, Anda bisa gunakan bahan alami yang biasanya mudah didapatkan seperti berikut ini:

1. Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Teh chamomile
Teh chamomile hangat juga dapat mengurangi sakit tenggorokan karena bisa mengatasi peradangan. Seduh dua kantung teh chamomile dengan satu cangkir air mendidih. Jika ingin mendapat rasa manis, Anda bisa menambahkan madu.

3. Kumur dengan campuran kunyit, air, dan garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan pasti selalu tersedia di dapur Anda. Campurkan satu sdt garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

4. Daun Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

5. Madu dan lemon

Minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan satu sdm lemon dan satu sdm madu. Campuran ini dikenal sebagai obat ampuh untuk atasi sakit tenggorokan. Jika tidak ada lemon, satu sdm madu tanpa tambahan air juga bisa mengurangi sakit tenggorokan karena madu adalah antibiotik alami. Tapi sebaiknya madu tidak diberikan pada anak-anak di bawah usia dua tahun.

6. Menghirup uap panas
Obat kuno untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah menghirup uap. Taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

7. Konsumsi Sup
Saat tenggorokan sakit, biasanya kita akan sulit makan dan menelan. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi sup misalnya sup ayam yang hangat dengan rasa sedikit agak asam. Itu tidak hanya meringankan rasa sakit tapi juga memastikan Anda mendapat nutrisi untuk melawan peradangan.

8. Minum jus lemon tanpa gula
Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

9. Makan bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Jadi cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

10. Jus buah belimbing
Buah belimbing ternyata memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

Obat Radang Tenggorokan

Kemudian untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan obat, Anda bisa coba obat penghilang radang tenggorokan yang bisa Anda beli di apotik terdekat di kota Anda. Contoh obat radang tengorokan adalah seperti Amoxicillin, FG Troches Meiji. Biasanya akibat dari radang tenggorokan adalah sakit kepala cenat-cenut dan Anda bisa mengobatinya dengan paracetamol.

Demikianlah tips kesehatan kali ini yaitu bagaimana cara mengatasi radang tenggorokan dan obatnya, semoga bermanfaat untuk Anda semua terutama yang sedang mengalami sakit radang tenggorokan.

Tags:
cara alami mengatasi radang tenggorokan, cara mengobati radang tenggorokan secara alami, cara cepat menyembuhkan radang tenggorokan, obat tradisional radang tengorokan, obat radang tenggorokan di apotik yang ampuh
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dan Obatnya Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri