Contoh menu Buka Puasa dan menu Makan Sahur yang Praktis dan Enak

Contoh menu Buka Puasa dan menu Makan Sahur yang Praktis dan Enak - Anda masih bingung dalam menyiapkan menu makan sahur dan menu buka puasa ?. Dalam menyiapkan menu makan sahur ataupun menu buka puasa Anda harus memperhatikan faktor kesehatan dan rasa enak, karena kedua hal tersebut sangat penting untuk perut keluarga Anda.

Nah kali ini Blog Caratip akan memberikan beberapa contoh menu makan sahur dan contoh menu buka puasa yang praktis dan menyehatkan. Mungkin Anda sering tidak mendapatkan waktu makan sahur yang cukup karena telat bangun mungkin, karena itulah menu sahur dibuat dengan praktis saja.

Contoh menu makan sahur dan contoh menu buka puasa ramadhan yang praktis dan enak

Contoh Menu makan Sahur yang praktis

1.Telor Mata Sapi

Bahan:
Telur 5 butir, garam, minyak goreng

Cara membuat:
Anda ceplok telur ke dalam minyak yang sudah panas kemudian beri garam secukupnya. Kemudian di balik telornya hingga matang kemudian dientaskan. Setelah itu ceplok satu telur lagi dan goreng seperti tadi, jadi nggorengnya satu persatu. Kemudian hidangkan untuk 5 orang.

2.Oseng Kangkung Hijau

Bahan:
1 ikat Sayur Kangkung, gula pasir, garam, minyak goreng, cengis, bawang merah, bawang putih, urang garing.

Cara membuat:
Anda petik kecil-kecil kangkungnya, kemudian buat bumbunya dengan iris 6 cengisi, 4 bawang merah dan 3 bawang putih. Kemudian masukkan bumbu tersebut kedalam minyak yang sudah panas dengan urang garing, Anda oseng-oseng sampai bumbu meresap kemudian masukkan kangkung, Anda diamkan sebenat selama 5 menit. Setelah itu Anda aduk bolak balik sambil di beri gula pasir dan garam secukupnya. Kemudian Anda diamkan selama 5 menit lagi kemudian di entas dan siap dihidangkan.

3.Tempe Kedelai Goreng enak

Bahan:
5 kotak bungkus tempe kedelai, minyak goreng, bawang putih, garam.

Cara membuat:
Iris tempe segiempat kemudian masukkan kedalam bumbu yaitu 3 siung bawang putih dan garam digerus sampai halus kemudian diberi air semangkuk. Setelah tempe dimasukkan kedalam bumbu terus di goreng sampai matang dan siap dihidangkan.


Contoh menu Buka Puasa

1.Kolak Pisang Campuran

membuat kolak pisang

Bahan:
Pisang, Singkong, santan encer, secukupnya, gula pasir, secukupnya (ukuran manis tiap orang berbeda-beda), daun pandan, sobek, simpulkan, sedikit garam

Cara membuat:
Masak santan, gula pasir, daun pandan dan garam. Aduk terus jangan sampai pecah. Setelah mendidih, masukkan irisan pisang dan singkong. Aduk-aduk dan masak hingga matang. Sajikan selagi masih hangat. Anda bisa juga mencampurnya dengan kolang-kaling atau nangka matang yang sudah diiris kecil.

2.Telur Balado

Bahan:
6 butir telor
8 cabe merah ( boleh ditambah)
4 siung bawang putih
1 buah tomat merah yang matang, iris-iris kecil
1/2 sdt gula pasir (pakai gula merah lebih mantap)
garam secukupnya
4 butir bawang merah, iris tipis
minyak goreng
Cara membuat:
1. Goreng telor menggunakan cetakan apam/apem hingga matang, angkat, sisihkan.
2. Cabe merah ditumbuk kasar dengan bawang putih, sisihkan.
3. Tumis bawang merah sampai harum, masukkan cabe dan bawang putih ( yang telah ditumbuk) dan tomat, aduk rata sampai tomat hancur.
4. Masukkan gula dan garam, aduk rata.
5. Masukkan telor, aduk dan masak sampai bumbu meresap.
6. Angkat dan siap disajikan.

Anda bisa menambahkan 2 lembar daun jeruk ke dalam bumbunya, jadi ketika matang, balado telor akan tambah harum

Demikianlah beberapa contoh menu makan sahur dan contoh menu buka puasa yang praktis dan enak, Anda bisa memilih salah satu diantara menu diatas jika Anda tertarik. Semoga saja bermanfaat buat Anda ya. Baca juga Cara melatih anak agar mau berpuasa ramadhan.

Tags:
menu buka puasa yang praktis dan enak, menu sahur yang praktis dan enak, contoh menu makan sahur yang praktis dan enak
Contoh menu Buka Puasa dan menu Makan Sahur yang Praktis dan Enak Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri