Cara Mudah Setting Internet Wi Fi di Hotspot Area

Cara Mudah Setting Internet Wi Fi di Hotspot Area - Akses internet bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan koneksi Wi Fi melalui Hotspot Area. Biasanya di cafe-cafe sudah ada fasilitas Hot Spot Area. Sebenarnya apa itu Hotspot Area?. Hotspot Area adalah sebuah area dimana Anda bisa mengakses internet secara gratis dari laptop Anda dengan perantara koneksi nirkabel (tanpa kabel), dalam hal melalui koneksi Wi Fi. 

Wi Fi sendiri singkatan dari Wireless Fidelity yang merupakan salah satu media yang bisa di gunakan untuk koneksi internet secara nirkabel. Dengan adanya Wi i ini maka Anda bisa langsung konek dengan internet tanpa harus repot menyambung kabel tertentu. Dan biasanya media Wi Fi ini otomatis tersedia di Hotspot Area. Jadi yang perlu Anda lakukan tinggal melakukan settingan/pengaturan saja agar laptop Anda bisa terhubung dengan wi fi di Hotspot Area. Dan berikut ini cara mudah melakukan setting koneksi internet dengan Wi Fi di Hotspot Area:

Cara Mudah Setting Internet Wi Fi di Hotspot Area

  1. Pastikan telah terinstall driver dari perangkat wi-fi pada komputer/laptop anda. Wi-fi internal atau eksternal sama saja yang penting berfungsi dan driver telah dipasang.
  2. Jika telah terpasang sempurna driver (lihat di device manager), biasanya akan otomatis terdetect jika ada jaringan hotspot yang berada di daerah jangkauan. Petunjuk koneksi terlihat pada bagian icon sys tray Windows di kiri bawah layar.
  3. Pada Control Panel » Network Connection klik dua kali pada wireless network connection yang ada (bisa juga dari icon sys tray)
  4. Pada menu samping kiri, pilih refresh netwok list, sehingga akan muncul daftar nama pemancar hotspot yang berada di daerah jangkauan
  5. Koneksi wireless dibagi dalam dua kelompok: unsecured dan secured. Pada unsecured laptop kita akan otomatis terdaftar dan kita akan mendapatkan IP address dinamik. Sedangkan pada secured kita harus registrasi terlebih dahulu ke admin jaringan baru mendapatkan IP address.
  6. Pilih salah satu yang unsecured jika ada dari daftar pilihan koneksi wireless yang tersedia. Jika yang pemancar yang unsecured banyak, pilihlah yang kuat sinyalnya seperti yang dilihat pada masing-masing indikasi kualitas sinyal.
  7. Kemudian tekan tombol connect pada bagian kanan bawah, tunggu proses untuk mendapatkan IP address secara otomatis selesai
  8. Jika connect, pada icon tray, akan muncul icon wi-fi yang menyala hijau dilengkapi dengan jenis kekuatan sinyal yang diterima seperti Excelent (54 Mbps), Very Good, Good, Low, dan yang paling jelek kategori poor
  9. Jika jaringan terputus, biasanya akan otomatis tersambung lagi pemancar yang sama atau pemancar lain yang lebih baik kualitas sinyalnya.
  10. Dan jangan lupa, Berhati-hatilah dengan data pada komputermu, jangan ada folder yang di-share bebas sehingga orang lain bisa mengirim program jahat.

Itulah cara mudah melakukan setting koneksi internet dengan Wi Fi di Hotspot Area, semoga bermanfaat buat Anda terutama bagi para pengguna laptop.

Tags:
cara setting internet wifi di hotspot area, cara setting wifi untuk koneksi internet
Cara Mudah Setting Internet Wi Fi di Hotspot Area Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri