Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Hang

Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Hang - Komputer Anda sering nge-Hang/not responding ?. Komputer hang memang merupakan masalah yang bikin kita kesel dan menjengkelkan karena sangat mengganggu pekerjaan kita apalagi jika kita sudah cape-cape ngetik dan tiba-tiba saja komputer jadi hang, waduhh, cape deh. Dan kali ini Blog Caratip Media akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi/memperbaiki komputer yang sering hang.

Untuk memperbaiki komputer hang bisa Anda lakukan dengan berbagai cara karena komputer hang bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti  Sistem Operasi yang rusak atau tidak terinstall sempurna, Hardisk yang rusak dsb. Dan berikut ini cara mengatasi komputer yang sering hang sesuai dengan penyebabnya yang sudah admin buktikan sendiri:

Cara Memperbaiki Komputer yang Hang

1. OS/Sistem Operasi yang Rusak
Langkah yang efektif untuk OS rusak atau bermasalah adalah reinstall OS tapi alangkah baiknya bila kita tahu pasti masalah pada OS kita selesaikan permaslah tersebut, entah itu masalah crash dengan software atau terinfeksi virus.

2. RAM yang bermasalah
RAM bermasalah sering kali ada pada kaki / soket tembaga yang kotor, bersihkan kaki tembaga dengan cara di gosok menggunakan penghapus pensil supaya kotoran yang menempel bisa hilang.

3. HD/Hardisk yang tua atau cacat
Untuk hardisk yang tua atau yang bermasalah sebaiknya partisi ulang atau Format FULL, tapi untuk hardisk cacat (baru) sebaiknya segera di tukarkan sebelum masa garansi habis.

4. Power Supply Drop
Periksa juga Power Supply di komputer Ada. Kerusakan pada power supply banyak diakibatkan pada panasnya suhu pada power supply, untuk, untuk pencegahannya pada posisi penempatan PC yang mempengaruhi sirkulasi udara power supply dan juga debu yang menempel hendaknya kita bersihkan maksimal 2 bulan sekali.

5. Motherboard Rusak
Biasanya ini yang sering menyebabkan komputer ngehang. Untuk motherboard jika sudah banyak komponen yang terbakar lebih baiknya kita ganti motherboard tersebut karena bila kita ganti dengan part yang di jual di pasaran tidak akan bertahan lama dan juga berdampak buruk pada processor.

6. Debu dan kotoran
Biasanya komputer yang tidak pernah dibuka dalamannya maka akan banyak sekali debu dan kotoran diantara komponen PC. Cobalah bersihkan komputer Anda dan dalaman PC Anda minimal satu kali dalam 2 minggu atau 2 kali sebulan agar komputer Anda tetap bersih.

7. Task Manager
Menggunakan task manager sebenarnya tidak sulit, tinggal tekan Ctrl +Shift+ESC atau CTRL+ALT+DEL, kemudian klik Start Task Manager. Setelah terbuka cukup pilih aplikasi yang hang, kemudian klik tombol End Task untuk menutup aplikasi yang hang tersebut.

Dengan memanfaatkan file taskkill.exe bawaan windows kita bisa menutup aplikasi not responding dengan jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan membuat shortcut ke file taskkill.exe dengan langkah-langkah sebagai berikut :

* Klik kanan desktop Anda, Pilih "New" - “Create New Shortcut"
* Copy-paste kode di bawah ini ke field location shortcut
codenya: taskkill.exe /f /fi "status eq not responding"

Setelah melakukan langkah di atas maka akan ada sebuah shortcut dengan nama "taskkill". Dengan men-double click shortcut tersebut, komputer akan secara otomatis mengidentifikasi dan menutup setiap program "Not Responding" yang menyebabkan komputer sering hang dan macet. Tips ini bekerja pada Windows XP Pro, Vista dan Windows 7.

Demikianlah artikel Tips Komputer kali ini tentang Cara mudah mengatasi komputer yang hang atau not responding, semoga bisa bermanfaat buat Anda semua yang sering mengalami masalah seperti ini pada komputer Anda.

Tags:
cara mengatasi komputer hang, cara memperbaiki komputer hang, cara cepat mengatasi komputer ngehang
Cara Mudah Mengatasi Komputer yang Hang Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri