Cara Mengatasi HP yang Kena Air Terbukti Ampuh

Cara Mengatasi HP yang Kena Air - Anda pernah mengalami handphone (HP) Anda jatuh ke dalam air, misalnya jatuh kedalam ember yang ada airnya?. Memang hal itu membuat diri Anda was-was, aduh, jangan-jangan HP ni bisa rusak dsb. Sebenarnya Anda tidak perlu panik begitu, karena sebenarnya HP yang kena air itu bisa diatasi asal Anda tahu caranya.

Cara Mengatasi HP yang Kena Air
(HP kena air)

Dan kali ini Blog Caratip.com akan memberikan beberapa tips cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP yang kena air, seperti jatuh ke dalam air, jatuh ke sungai, jatuh ke air laut atau juga kena air hujan dsb. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tips cara mengatasi HP yang kena air berikut ini:

Cara Mengatasi HP Kena Air

1. Saat kena air, lepaskan baterai ponsel anda secepat mungkin. Menahan keinginan menyalakan ponsel Anda untuk mengetahui masih berfungsi atau tidak, hanya akan memperparah keadaan. Keluarkan kartu subscriber identification module (SIM) yang menyimpan sebagian data kontak Anda.

2. Tujuan utama anda adalah mencoba untuk mengeringkan ponsel anda secepat mungkin tanpa merusaknya. Jika ponsel tetap basah terlalu lama akan mulai menimbulkan korosi. Jangan gunakan pengering rambut, karena terlalu panas untuk mengeringkan. Pilihlah pompa angin untuk mengeringkannya, atau taruhlah di dekat kipas angin. Anda dapat mengaturnya untuk mempercepat pengeringan tanpa menimbulkan efek panas pada ponsel.

3. Usap permukaan ponsel dengan handuk halus atau tisu toilet. Pastikan Anda mengeringkannya hingga dudukan baterai. Hindari menekan layar ponsel, karena saat basah dapat menyebabkan kerusakan itu.

4. Gunakan kaleng kedap udara, seperti yang dijual dipasaran untuk membersihkan keyboard komputer, untuk mengeringkan setiap kelembaban yang tersisa di telepon. Semprotkan udara pada ponsel sampai Anda memastikan tidak ada area yang basah.

5. Masukkan ponsel Anda dalam semangkuk beras semalaman. Beras akan menyerap kelembaban yang tersisa di ponsel anda.

6. Gunakan pompa angin untuk membersihkan ponsel dari debu padi. Pasang kembali kartu SIM dan baterai kemudian nyalakan.

7. Jika tidak berhasil, Anda bisa menegeringkan ponsel yang basah tadi di freezer. Pastikan baterai dan kartu SIM sudah dilepas. Bungkus ponsel menggunakan dua hingga tiga lapis tisu toilet. Masukkan ke dalam freezer selama sekitar 15 hingga 20 menit. Aktifkan kembali ponsel Anda. Jika tidak berhasil, artinya Anda tidak mengeringkan ponsel secepat yang diperlukan. Anda harus mengganti ponsel dengan yang baru.

Demikianlah beberapa tips cara mengatasi HP terkena air, baik itu jatuh ke dalam air ataupun kena air hujan. Semoga artikel ini bermanfat buat Anda yang pernah mengalami HPnya jatuh ke dalam air atau HP kena air hujan.

Tags:
cara mengatasi hp kena air, cara memperbaiki hp tenggelam di air, cara memperbaiki hp basah, mengatasi hp kecemplung air laut
Cara Mengatasi HP yang Kena Air Terbukti Ampuh Rating: 5.0 Diposkan Oleh: Info Seru Unik Aneh Misteri